icon
icon
article hero

Serunya Wisata Jalan Kaki Keliling Jakarta dengan Jakarta Good Guide

AvatarName

Nova Pohan  •  Jun 22, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Apa yang terlintas pertama kali ketika kamu jalan kaki keliling Jakarta? Cuaca yang panas? Asap knalpot? Trotoar yang tidak nyaman? Atau jangan-jangan kamu malah berpikir, untuk apa jalan kaki di Jakarta jika sudah ada ojek online? ;) Nah, sebagai warga yang lahir di Jakarta, saya sering bingung jika ada orang bertanya, "Enaknya jalan ke mana kalau di Jakarta?" Biasanya saya menjawab, kalau tidak ke Ancol, Dufan, TMII, atau Kota Tua Jakarta. Opsi lain yaitu jalan-jalan di mall atau pusat perbelanjaan! Berbekal dari kebingungan tersebut, saat saya menelusuri laman media sosial, saya menemukan Jakarta Good Guide. Jakarta Good Guide (JGG) menyediakan walking tour (yes, jalan kaki!) di beberapa tempat di Jakarta seperti Chinatown, Kota Tua, Blok M, Senayan, Sunda Kelapa, bahkan makam-makam di Jakarta!
Kredit: Nova Pohan Jakarta Good Guide juga mengusung konsep pay-as-you wish alias bayar seikhlasnya sebagai bentuk apresiasi untuk para pemanduyang akan menceritakan cerita-cerita sudut-sudut kota Jakarta. P.S. Beberapa informasi ini akan berguna untuk kamu! Akhir pekan minggulalu, saya akhirnya memutuskan untuk ikut tour JGG dengan rute "Jakarta Skyscraper Extended". Kenapa saya mengambil rute ini? Saya merasa penasaran dan ingin tahu ada cerita apa di balik gedung-gedung pencakar langit ibu kota. Selama tour kemarin, guide kelompok kami yang bernama Maria sangat bersemangat menceritakan kisah-kisah perjuangan di balik megahnya bangunan pencakar langit. Smua ceritanya memiliki kesimpulan bahwa "proses kerja keras tidak akan mengkhianati hasil". Di tengah bercerita, supaya tidak bosan dan melawan rasa lelah, guide kami mengadakan "pop quiz" berhadiah. Jadi semangat lagi deh jalan kakinya! Apakahwalking tour ini melelahkan? Sebetulnya karena kurang lebih 1 tahun Work from Home dan tidak travelling ke mana-mana, sudah pasti jadi tantangan tersendiri untuk saya jalan kaki sekitar 3 km. Rute satu ini berawal dari Dukuh Atas dan berakhir di Sampoerna Strategic Square. Namun ternyata tidak terlalu melelahkan, mungkin karena selalu diselingi dengan cerita menarik. Kita juga bisa bertemu orang baru sepanjang tur, dan memiliki perspektif baru tentang Kota Jakarta.
Kredit: Nova Pohan Jadi tak perlu bingung menentukan agenda akhir pekan. Tidak ada salahnya kamu ikutan tur jalan kaki ini. Selain mendapat cerita menarik, tubuh kita juga semakin sehat dengan berjalan kaki. Kamu bisa mengecek rute dan jadwal walking tour di laman Instagram @jktgoodguideatausitus resmi mereka. Selama pandemi COVID-19, Jakarta Good Guide membatasi jumlah wisatawan yang ikut serta dalam walking tour. Oleh karena itu, ada baiknya kamu langsung booking ketika melihat rute yang menarik. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, membawa minum sendiri, mengenakan alas kaki yang nyaman, dan bersenang-senang! :)

Yuk, bergabung dengan Tribes by HHWT!

Pandemi Covid-19 membuat kita tidak bisa bepergian, karena itulah kami meluncurkan Tribes. Tribes adalah sebuah platform di mana kamu berbagi foto, video, dan artikel tentang travel, kuliner, dan topik lainnya. Dengan bergabung dan mengirimkan konten, kamu berkesempatan mendapatkan hadiah voucher setiap bulannya, datang ke undangan media, berkolaborasi dengan brand, hingga jalan-jalan ke luar negeri. Caranya gampang banget, langsung saja upload tulisan, foto, atau video kamu ke halaman berikut ini: Travel: http://bit.ly/HHWTribesIDFoodStory Kuliner: http://bit.ly/HHWTTribesIDTravelStory