icon
icon
article hero

Bikin Merinding! Melihat Isi Makam Ratu Mesir di Virtual Tour Piramida Giza

AvatarName

Tiara  •  Sep 16, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Piramida Giza yang ada di Mesir mungkin bukan pemandangan baru bagi banyak orang. Terlebih jika kamu tumbuh besar dengan menonton film Brendan Fraser, The Mummy. Namun, pernahkah kamu membayangkan bagaimana isi makam yang ada di piramida Giza yang sesungguhnya? Nah, sekarang kamu sudah bisa melihat langsung isi perut makam dan beberapa tempat bersejarah lain yang berhubungan dengan piramida ini. Egyptian Tourism Board telah membuka virtual tour untuk melihat makam Ratu Meresankh III yang berusia 5.000 tahun. Makam ini ditemukan pada tahun 1927 oleh George Andrew Reisner, seorang peneliti dari Harvard University. Ratu Meresankh III sendiri merupakan putri dari Raja Kawab dan Ratu Hetepheres II dan merupakan cicit dari Raja Cheops yang membangun piramida Giza. Para peneliti pun tercengang ketika pertama kali melihat keindahan makam ini.
Di salah satu sisi temboknya, lukisan berusia 5.000 tahun menceritakan proses pemakaman sang ratu. Sang pemahat mengukir momen kesedihan saat itu. Beberapa pemburu menangkap burung dan para pelayan berbaris membawa persembahan. Semua itu dilakukan untuk mempersiapkan kehidupan sang ratu di alam baka.
 Di sisi lain tembok, terdapat lukisan Ratu Meresankh III yang mengenakan jubah putih. Ia dilukis berdampingan dengan sang Ibu, Ratu Hetepheres II dan anak-anaknya. Ada sebuah lukisan matahari terbenam di barat yang juga menjadi lambang gerbang kematian bagi masyarakat Mesir kuno. 
Beralih ke ruangan selanjutnya, ada 10 patung wanita yang berjajar di salah satu sisi tembok. Meski tidak bernama, patung-patung ini diyakini sebagai kerabat wanita Ratu Meresankh III. Patung wanita pun juga ada di ruangan lain dan menggambarkan posisi sang ratu dalam relasi kekerabatan wanita di kerajaannya. Patung wanita sendiri bukan merupakan dekorasi yang lazim ditemukan dalam makam di Giza. Apalagi mengingat tatanan masyarakat Mesir yang didominasi oleh pria.
Semakin masuk ke dalam, kamu akan menemukan anak tangga sempit. Tangga ini akan membawamu ke ruangan bawah tanah yang merupakan tempat ditemukannya peti mati Ratu Meresankh III. Ruangan ini berada 5 meter di bawah permukaan tanah dan diisi dengan berbagai harta dan persembahan yang tertera dalam lukisan di lantai atas. Sebelum ditemukan, makam ini telah tertimbun pasir selama ribuan tahun. Peti mati Ratu Meresankh III terbuat dari batu granit hitam yang merupakan pemberian dari ibunya. Jasadnya dimasukkan ke dalam sebuah peti kayu sebelum disimpan di peti granit tersebut. Virtual tour ini adalah salah satu tur situs bersejarah Mesir yang dipromosikan selama pandemi. Model 3D yang melengkapinya pun membantu pengunjung untuk mengetahui sejarah dan bentuk aslinya. Bukan hanya lebih leluasa, kamu pun bisa menikmati tur ini secara gratis. Selain virtual tour makam piramida Giza, kamu pun bisa mencoba virtual tour Mesir lainnya. Salah satu yang menarik adalah virtual tour Masjid Madrasah Sultan Barquq. Kalau ada waktu, masukkan juga virtual tour Gereja Ortodoks Koptik Aleksandria dan Sinagog Ben Ezra ke dalam daftar.