icon
icon
article hero

Villa Solong Banyuwangi, Sekeping Pesona di Timur Jawa

AvatarName

Tiara  •  Jun 30, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Nama Villa Solong Banyuwangi tengah hangat diperbincangkan. Keindahan villa ini kembali mengemuka ketika pada akhir pekan lalu menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi oleh Presiden RI dalam kunjungan kerjanya. Banyuwangi memang menjadi salah satu destinasi wisata yang dinilai siap untuk menghadapi era normal baru pariwisata. Karenanya, tidak ada salahnya jika kamu mulai merencanakan liburan ke Banyuwangi. Villa Solong Banyuwangi memang sedang hits dan diperbincangkan dimana-mana, tapi jangan buru-buru memesannya. Simak dulu beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang Villa Solong yang telah dirangkum oleh tim HHWT berikut ini!
Lokasi dan cara menuju Villa Solong Banyuwangi
 Pantai Solong, Villa Solong, dan Pantai Villa Solong, nama-nama inilah yang kerap disebut-sebut. Namun jangan khawatir, ketiganya merujuk kepada tempat yang sama. Lokasinya berada di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, sekitar 7 kilometer ke arah Ketapang jika dari arah pusat kota Banyuwangi. Posisi pintu masuknya berada di sebelah kanan jalan dan tidak terlalu mencolok. Jadi, pasang mata baik-baik supaya tidak terlewat ya. Villa ini berada sekitar 600 meter dari pintu masuk dan melewati jalan yang cukup sempit. Kalau dari Stasiun Banyuwangi, jaraknya sekitar 9 kilometer. Sementara kalau dari Bandara Banyuwangi, jaraknya sekitar 23 kilometer. Kamu pun bisa menggunakan layanan mobil antar jemput dari pihak villa supaya lebih mudah. Biayanya sekitar Rp 150.000 untuk 4 orang. 
Suasana di Villa Solong Banyuwangi
Suasana resort langsung terasa ketika kamu menginjakkan kaki di area Villa Solong Banyuwangi. Pemandangan sekelilingnya cantik dengan hamparan rumput hijau dan pohon-pohon kelapa yang menjulang.  Beberapa meter dari bangunan villa, terhampar pantai dan lautan yang menghadap ke Selat Bali. Pihak villa pun menyiapkan beberapa hammock di pohon kelapa untuk tempat tamu bersantai menikmati angin yang bertiup sepoi-sepoi. HHWT Tip: Konon, pemandangan di pantai ini paling cantik saat matahari terbit karena sang surya seolah muncul dari balik Pulau Dewata. Jadi, jangan lupa untuk bangun pagi ketika menginap di sini!
Kamar di Villa Solong Banyuwangi
Villa di sini dirancang menyerupai rumah tradisional Osing, suku asli Banyuwangi. Menurut website resminya, ada 5 jenis villa yang bisa dipilih di sini. Tipe paling rendah adalah Superior Room yang berada di bangunan bertingkat seperti hotel. Pihak Villa Solong sendiri sangat merekomendasikan Deluxe Cottage Room yang memberikan privasi dan kebebasan lebih bagi para tamu. Ukuran setiap kamar pun cukup besar jika dibandingkan dengan kamar hotel pada umumnya.  Setiap kamar dan villa di sini bernuansa alami dengan interior kayu yang hangat. Untuk tipe Superior Roomnya saja sudah memiliki balkon sendiri. Begitu pula dengan tipe Cottage Deluxe hingga Family Cottage Ocean yang juga memiliki area duduk dan ruang keluarga tersendiri di dalamnya. Meski hanya berisi satu tempat tidur di setiap unitnya, kamu bisa memesan extra bed  hingga 3 unit untuk setiap kamar. Biaya yang dikenakan masing-masing adalah sebesar Rp 300.000 dan sudah termasuk sarapan.
Fasilitas di Villa Solong Banyuwangi
Selayaknya sebuah resort, Villa Solong Banyuwangi menyediakan berbagai fasilitas yang menjamin kenyamanan para tamunya selama menginap di sini. Restorannya menyajikan makanan Indonesia dan beroperasi sejak pagi jam 6.30 hingga jam 21.00 malam. Di sebelah restoran, ada sebuah kolam renang yang cukup besar untuk sekedar mendinginkan tubuh atau bersantai menikmati hangatnya sinar matahari. Setiap kamarnya juga sudah dilengkapi dengan koneksi WiFi, pendingin ruangan, bahkan dapur dan kulkas untuk beberapa tipe villa. Villa Solong juga menyediakan fasilitas untuk perjalanan bisnis seperti ruang pertemuan. Untuk kamu yang ingin bersenang-senang tanpa repot, Villa Solong melayani penyewaan mobil harian untuk berkeliling, Bahkan, tersedia pula penyewaan kapal lengkap dengan peralatan snorkeling untuk tamu yang ingin menjelajahi keindahan bawah laut Banyuwangi. Jangan ragu untuk meminta rekomendasi kepada staf villa kalau kamu ingin beraktivitas di luar area villa. Misalnya ke KawahIjen, Taman Nasional Baluran, ataupun Bangsring Underwater. Mereka akan dengan senang hati menyediakan informasi yang kamu butuhkan. Villa Solong Banyuwangi Harga: Mulai dari Rp 750.000 di websitenya atau Rp 795.000 di Traveloka Alamat: Jalan Solong Sukowidi, Kalipuro, Banyuwangi Nomor telepon: +62 333 446 6340 Website | Instagram Banyuwangi memang menyimpan sejuta keindahan yang menarik untuk dikunjungi. Selain berwisata alam di Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran, kamu pun bisa bersantai di Villa Solong Banyuwangi. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya. Simak juga informasi lain seputar wisata domestik lainnya dalam artikel berikut ini: