icon
icon
article hero

Hal Terbaru yang Harus Kamu Tahu tentang Bali: Vaksin Drive-Thru, Green Zones, sampai Travel Corridor

AvatarName

Sastri  •  Mar 02, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Bagi warga Indonesia, hadirnya vaksin gratis yang diperuntukkan seluruh kalangan masyarakat bagaikan angin segar. Beberapa minggu sebelum “hari ulang tahun” Covid-19 di Indonesia, beberapa jenis vaksin telah didistribusikan secara masif. Pemerintah membaginya menjadi 4 tahapan dengan timeline masing-masing. Jenis vaksin yang paling banyak didistribusikan yaitu Sinovac. Petugas medis menjadi lini pertama pemberian vaksin ini. Kemudian hingga kini, beberapa lini seperti jurnalis, lansia, dan para pemuka agama memiliki akses untuk pemberian vaksin. Presiden Jokowi sendiri menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac pada 27 Januari lalu. Kemudian, hanya dalam waktu dua minggu, pemberian vaksin tak terasa eksklusif lagi. Orang-orang di sekitar kita telah mendapatkan suntikan pertama vaksin Covid-19. Kita tinggal duduk manis menunggu giliran selanjutnya. Pemberian vaksin Covid-19 memang diprioritaskan di kota-kota besar. Namun selain itu, tempat-tempat wisata juga menjadi prioritas. Situs TTG Asia menuliskan bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menekankan pentingnya Bali sebagai tulang punggung pariwisata di Indonesia. Selain Bali, Sandiaga juga menyebutkan lima destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.
Hal itu disambut baik oleh Gubernur Bali, Wayan Koster serta Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau biasa dipanggil Cok Ace.
Green Zones
Wayan Kostermerencanakan adanya “green zones” alias zona hijau di dalam pulau yang akan dibuka untuk semua wisatawan. “Pemerintah Bali bersama dengan Kementerian Kesehatan tengah memformulasigreen zones. Ini adalah zona di mana turis domestik dan internasional diperbolehkan masuk,” tuturnya seperti dikutip dari Coconuts Bali.
Sandiaga Uno merujuk green zones tersebut pada kawasan Nusa Dua, Ubud, Kuta, dan Nusa Penida. Beberapa kawasan ini dinilai memiliki angka kasus Covid-19 yang rendah.
Travel Corridor
Selain green zones, Wayan Koster juga merencanakan adanya program “Free Covid Corridor” dengan beberapa negara. Sejauh ini, China menjadi negara yang diprioritaskan dalam travel corridor dengan Bali. Cok Ace menyebutkan rencana ini dibuat usai pemerintah melihat vaksinasi massal di China. Berdasarkan laporan dari Bloomberg, pemerintah China telah memberikan lebih dari 1 juta vaksin pada 19 Desember 2020 lalu. Pemerintah Provinsi Bali meminta pemerintah pusat untuk memprioritaskan vaksin bagi para pelaku wisata di Bali, sehingga pebisnis China bisa datang ke Bali dengan aman.
Vaksin Drive-thru 
Sementara itu, tepat pada akhir Februari lalu, drive-thru vaksin Covid-19 pertama di Asia Tenggara telah dibuka di Bali. Pemrakarsanya adalah perusahaan teknologi Grab dan Good Doctor. Vaksin drive-thru ini tersedia di Grab’s Vaccination Center, yang berlokasi di Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Pusat vaksin ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata danEkonomi Kreatif, Kementerian Kesehatan, dan Pemerintah Provinsi Bali. Pusat vaksin ini menargetkan vaksinasi pada 5.000 pekerja sektor industri pariwisata, transportasi umum, serta para driver Grab di Pulau Dewata. Dalam beberapa waktu mendatang, besar kemungkinan Grab juga akan membuka pusat vaksin drive-thru di kota-kota lainnya. Bali sudah menunggu… Meski jatuh bangun akibat pandemi Covid-19, industri pariwisata di Bali tak kenal menyerah. Para pelaku wisata terus mempromosikan Bali sebagai destinasi prioritas. Apalagi baru-baru ini, Bali menempati peringkat pertama dalam kategori Destinasi Populer Dunia versi TripAdvisor. Mayoritas pelaku wisata di Bali, mulai dari hotel hingga restoran, telah memberlakukan protokol CHSE (Cleanliness, Hygiene, Security, and Environment) serta mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. [caption id="attachment_5726" align="aligncenter" width="1000"]
Bali by bike![/caption] Pemberian vaksin sudah di depan mata, it is happening. Tak lama lagi, mungkin, kita bisa travelling ke Bali tanpa perlu was-was. Bali dan segala kekayaannya akan tetap menunggu kita! :) P.S. Beberapa informasi ini akan berguna untuk kamu yang berencana travelling ke Bali! 15 Kuliner Halal di Bali yang Wajib Dicoba Tahun 2021 9 Tempat Wisata Wajib untuk Liburan Natal dan Tahun Baru di Bali 6 Tempat Dingin di Bali untuk Kamu yang Sedang Tidak Ingin ke Pantai 8 Pilihan Villa Murah di Bali untukBulan Madu Romantis 6 Resort Mewah di Tepi Sungai Ayung Bali untuk Liburan yang Tenang