icon
icon
article hero

Arab Saudi Kembali Membuka Ibadah Umroh Mulai 10 Agustus, Ini Syaratnya

AvatarName

Tiara  •  Jul 27, 2021

icon

Apakah bisa umroh 2021?

Kabar gembira, Kerajaan Arab Saudi mengumumkan bahwa layanan umroh untuk jamaah dari seluruh dunia akan kembali dibuka mulai 1 Muharram 1443 atau 10 Agustus 2021. Hal ini mengikuti suksesnya penyelenggaraan haji 2021. Para jamaah paket umroh 2021 asal Indonesia kini punya harapan untuk menunaikan ibadah umroh. Sementara itu, umroh untuk warga Arab Saudi telah dimulai kembali sejak 25 Juli 2021.

Umroh dibuka kembali

umroh 2021
Kredit: @haramain_info Informasi ini disampaikan oleh beberapa media Arab Saudi sejak akhir pekan lalu. Berita ini pun disambut gembira oleh umat Muslim dari seluruh dunia. Pihak otoriras Arab Saudi menyatakan umroh dibuka setelah musim haji selesai. "Masjid suci siap menerima jamaah untuk umroh," ungkap Kepala Deputi Urusan Masjid Suci, Saad bin Muhammad al-Muhaimid seperti dikutip oleh sumber ini. Kendati demikian, akan ada beberapa perubahan dalam pelaksanaan paket umroh 2021. Salah satunya adalah lokasi shalat yang telah ditentukan. Selain itu, para jamaah juga wajib mengikuti garis batas yang ada di lantai ketika melakukan tawaf.

Syarat umroh 2021

masjidil haram umroh 2021
  • Semua negara diizinkan masuk dengan penerbangan langsung, kecuali sembilan negara yakni India, Pakistan, Indonesia, Mesir, Turki, Argentina, Brazil, Afrika Selatan, dan Lebanon. 
  • Kesembilan negara ini wajib melakukan karantina di negara lain sebelum tiba di Arab Saudi.
  •  Jamaah yang melaksanakan paket umroh 2021 wajib telah menerima dosis penuh vaksin Covid-19 Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau J&J. 
  • Jamaah yang telah mendapatkan dosis penuh vaksin China wajib melakukan vaksin tambahan dengan Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau J&J.
  • Hanya jamaah berusia di atas 18 tahun yang diizinkan melaksanakan umroh.
  • Wajib menggunakan agensi umroh yang terakreditasi oleh Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi.

Haji dan umroh 2021

umroh 2021
Paket umroh 2021 di Indonesia telah mengalami penundaan keberangkat sejak Februari 2020. Umroh 2020 kembali dibuka pada Oktober 2020, namun terbatas hanya bagi warga Arab Saudi dan warga asing yang bermukim di sana. Jumlahnya pun dibatasi hanya 6.000 jamaah per hari. Sementara itu, ibadah haji 2021 merupakan pelaksanaan haji kedua di tengah pandemi. Tahun ini, hanya 60.000 jamaah yang diizinkan berhaji. Jumlah ini jauh lebihbanyak dibandingkan tahun lalu yang hanya menerima 10.000 jamaah. Pelaksanaan haji 2021 pun dianggap sukses karena tidak ada kasus Covid-19 baru yang terjadi di antara jamaah selama prosesnya. Simak juga informasi terkait umroh lainnya dalam artikel berikut ini:

Begini Sepinya Kota Mekkah dan Madinah Saat Umroh di Era New Normal

Umroh Hemat Bukan Mimpi, Namun Punya Tantangan Tersendiri

Begini Pengalaman Umroh Kloter Pertama Indonesia di Era New Normal

 Idul Adha dan Ibadah Haji: Foto Mekah yang Indah dari Masa ke Masa