icon
icon
article hero

Trekking di Sentul Kini Punya Rute Ramah Anak, Ini Detail dan Harganya

AvatarName

Sastri  •  Mar 18, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Pandemi Covid-19 sedikit banyak “memaksa” wisatawan Nusantara untuk mengenal lebih jauh negeri sendiri. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memanfaatkan momen ini lewat kampanye “Di Indonesia Aja”, menanam ulang kecintaan pada negeri sendiri sambil membantu pelaku wisata yang terdampak pandemi. Di sisi lain, pandemi juga membuka tabir potensi wisata yang sebelumnya tidak dilirik. Kawasan Sentul adalah salah satu buktinya. Sentul - bagian dari Kabupaten Bogor ini - sebelumnya hanya dilewati turis yang ingin plesiran ke kawasan Puncak. Namun kini Sentul bahkan lebih digemari dibanding Puncak atau Kota Bogor itu sendiri - tentunya karena beberapa alasan. Pertama, Sentul menyuguhkan pemandangan ala Ubud yang bisa diakses dalam waktu tempuh yang minim. Persawahan, air terjun, serta goa alami menanti wisatawan yang suka bertualang luar ruangan. Apalagi semenjak pandemi, aktivitas outdoor dengan sirkulasi udara yang baik lebih digemari dibanding wisata dalam ruang dengan sirkulasi terbatas.
Trekking di Sentul
Trekking adalah salah satu aktivitas favorit yang tengah naik daun di kawasan Sentul. Warga lokal yang mayoritas terdampak pandemi menjadi pemandu wisatanya, membawa turis melewati trek tanjakan dan turunan dengan panorama alam yang silih berganti.  Tak heran agenda trekking di Sentul selalu dicari oleh banyak wisatawan. Oleh karena jalur dantingkat kesulitannya,trekking di Sentul sebelumnya hanya diperuntukkan orang dewasa. Namun kini, kamu bisa trekking bersama si buah hati lewat rute ramah anak. Salah satu pelopor rute ramah anak ini adalah Whatravel, yang memiliki beberapa opsi dengan estimasi jarak tempuh yang berbeda pada tiap rutenya. “Banyak permintaan dari para orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya untuk berjalan-jalan bersama di alam, dan berdasar hal tersebut maka kami merancang beberapa rute ramah anak,”, tutur M Arif Rahman, Co-founder Whatravel dan @whatraveltrekkingclub. Ada beberapa opsi rute ramah anak: 1. Jungleview (Explore Gunung Pancar) Rute ini memiliki panorama hutan pinus, kebun, sawah, serta sungai. Jarak tempuhnya sekitar 2-3 km dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam. Harga: Minimal 2 orang @Rp 300.000/ orang Minimal 3-4 orang @Rp 225.000/ orang Minimal 5-6 orang @Rp 190.000/ orang 2. Mountainview (Explore Leuwi Asih) Rute ini memiliki panorama bukit, gunung, persawahan, sungai, dan air terjun. Jarak tempuhnya sekitar 2-3 km dengan waktu tempuh 1-2 jam. Harga: Minimal 2 orang @Rp 300.000/ orang Minimal 3-4 orang @Rp 225.000/ orang Minimal 5-6 orang @Rp 190.000/ orang 3. Riverview (Explore Leuwi Hejo) Rute ini memiliki panorama sungai, air terjun, perkebunan, dan persawahan. Jarak tempuhnya sekitar 3 km dengan waktu tempuh 3-4jam. Rute ini direkomendasikan untuk anak berusia 6-12 tahun. Harga: Minimal 2 orang @Rp 300.000/ orang Minimal 3-4 orang @Rp 225.000/ orang Minimal 5-6 orang @Rp 190.000/ orang Harga tersebut sudah termasuk:
    • Tiket parkir mobil
    • Tiket masuk semua tempat wisata
    • Trekking buddy/ pemandu wisata
    • Trekking pole (sesuai ketersediaan)
    • Whatravel Special Starter Kit
    • Air mineral dan camilan
    • Jas hujan
        Harga belum termasuk transportasi dari kota masing-masing, makanan/ minuman di luar yang diberikan oleh Whatravel, obat-obatan pribadi, serta tips untuk pemandu wisata. Trekking bareng anak rupanya banyak manfaatnya. Anak jadi lebih bisa mengenal alam sekitar, berinteraksi dengan pemandu lokal, dan bertemu teman-teman baru sambil tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dengan trekking, diharapkan anak-anak dapat lebih mengenal alam dan menghargai kebersamaan keluarga”, ujar Arif. Pihak Whatravel juga memberlakukan protokol kesehatan yang ketat termasuk untuk trekking rute ramah anak. Jumlah peserta dalam tiap grup dibatasi maksimal 6 (enam) orang. Para peserta juga diingatkan untuk saling menjaga jarak, memakai masker, dan menjauhi kerumunan apabila bertemu di perjalanan.  Para peserta juga mendapatkan New Normal Kit berisi masker, hand sanitizer, dan tisu basah.   Whatravel Indonesia Alamat: Jl RS Fatmawati No 15, Golden Plaza Blok B/24, Cilandak, Jakarta Selatan 12420 Website | Facebook | Instagram