icon
icon
article hero

Tengah Dibahas, Bintan dan Batam Bakal Dibuka untuk Wisatawan Mancanegara Bulan April

AvatarName

Tiara  •  Mar 17, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Travel bubble Indonesia dengan negara-negara lain terus diusahakan. Tidak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah pun turut mengupayakan untuk membuka kembali perbatasannya dengan aman di tengah pandemi. Kabar baik datang dari Kepulauan Riau, kawasan wisata Batam dan Bintan rencananya akan kembali dibuka untuk wisatawan asing mulai 21 April 2021 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad kepada awak media beberapa waktu lalu.
Kawasan Bintan dan Batam merupakan salah satu titik terdekat Indonesia dengan Singapura dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Rencana pembukaan ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali industri pariwisata di Kepulauan Riau. Dikutip dari sumber ini, Pemprov Kepulauan Riau sendiri mengaku telah mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat. Selain itu, pembicaraan antar kedua negara juga sudah dilakukan. Lagoi di Bintan dan Nongsa Point Marina Batam merupakan salah satu pintu gerbang utama bagi wisatawan mancanegara, khususnya yang berasal dari Singapura. Kedua kawasan ini telah dibekali dengan protokol kesehatan serta sarana dan prasarana pendukung untuk menjalankan aktivitas dengan kenormalan baru.
Selain persiapan tempat, para pelaku wisata di kawasan ini pun tengah berbenah diri. Salah satunya dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara bertahap yang akan dimulai pekan depan. Selainpelaku di sektor wisata, sejumlah masyarakat yang memenuhi syarat pun akan turut divaksinasi. Sebagai langkah pendukung lainnya, kawasan ini telah menyiapkan perangkat tes PCR yang bisa digunakan. Selain tes PCR, pihak terkait juga berencana mengintegrasikan sistem tes Genose yang digunakan di stasiun kereta api di kawasan wisata Kepulauan Riau. Selain terbukti efektif mendeteksi COvid-19, harga tes Genose juga lebih terjangkau dan mudah digunakan. Sementara itu, hal serupa pun turut diutarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam kunjungannya ke Bintan beberapa waktu lalu, Menparekraf Sandiaga Uni menyatakan kawasan tersebut sudah siap menerapkan koridor perjalanan untuk keperluan wisata dengan Singapura.
Bintan sendiri merupakan salah satu destinasi wisata pantai populer di Indonesia, terutama bagi warga Singapura dan Johor. Ada beberapa resort tepi pantai yang menjadi tempat favorit wisatawan, seperti Cassia Bintan, Angsana Bintan, dan Banyan Tree Bintan. Tidak hanya pantai, Bintan pun dianugerahi bentang alam berupa tebing di tepi laut yang indah. Selain itu, ada pula Gurun Pasir Busung, sebuah objek wisata alam yang menghadirkan pemandangan tambang pasir berwarna putih yang kontras dengan perairan biru di sekitarnya. Bintan dan Batam kini terbuka untuk wisatawan domestik. Jika kamu berkesempatan untuk pergi ke sana, jangan ragu untuk mengeksplor dan mencoba berbagai aktivitas seru di Bintan! Simak juga informasi terkaitpariwisata dan perkembangan penanggulanag Covid-19 di tanah air dalam artikel berikut ini: