icon
icon
article hero

Lebaran Idul Adha 2021, Simak Tradisi Unik dari Indonesia dan Berbagai Belahan Dunia

AvatarName

Sastri  •  Jul 15, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.  Ini adalah tahun kedua Lebaran Haji, alias Idul Adha, berlangsung di tengah pandemi COVID-19. Meski begitu, ibadah qurban dan shalat Idul Adha di rumah tetap bisa dilakukan. Selain itu, kamu juga tetap bisa memasak aneka olahan daging kambing! Indonesia punya beberapa tradisi unik saat Idul Adha di beberapa wilayah. Selain itu, beberapa negara di dunia (bahkan negara dengan mayoritas agama non-Muslim) punya tradisi unik saat Idul Adha lho! P.S. Beberapa info ini juga akan berguna untukmu jelang Idul Adha! Kita mulai dari Nusantara. Berikut beberapa tradisi unik Idul Adha yang bisa kamu temukan di Indonesia:

Tradisi Idul Adha di Indonesia dan Dunia

Pasuruan, Jawa Timur

manten sapi pasuruan
Kredit: @yoiki.pasuruan di Instagram Di Pasuruan, Jawa Timur, terdapat tradisi Manten Sapi yang dilakukan untuk menghormati sapi yang akan disembelih untuk kurban. Tradisi ini dinamakan manten karena sapi-sapi tersebut didandani layaknya pengantin. Tak hanya itu, warga setempat akan memberikankalung yang terdiri dari bunga tujuh rupa! Tidak sampai situ, semua sapi yang sudah "cantik" akan diarak warga menuju masjid untuk diserahkan kepada panitia kurban.

Yogyakarta

grebeg gunungan
Kredit: @tsabbitnurfadli di Instagram DI Yogyakarta memiliki satu tradisi yang digelar pada banyak momen hari besar agama Islam, yaitu grebegan. Pada Hari Raya Idul Fitri misalnya, terdapat Grebeg Syawal yang biasa digelar di area Keraton. Kemudian pada Idul Adha, ada Grebeg Gunungan yang identik dengan tiga buah "gunungan". Tiga gunungan (pareden) ini berisi aneka makanan dan hasil bumi. Ketiga gunungan ini akan diarak oleh warag lokal, dari area Keraton menuju Masjid Kauman untuk upacara pembacaan doa. Kemudian, ketiga gunungan akan diberikan kepada warga.

Banyuwangi, Jawa Timur

mepe kasur
Kredit: @yukbanyuwangi di Instagram Kabupaten Banyuwangi memiliki beberapa suku, salah satunya adalah Using atau Osing. Masyarakat adat Osing memiliki banyak tradisi unik, salah satunya Mepe Kasur alias menjemur kasur. Menjelang Idul Adha, mereka biasa menjemur kasur di pinggir jalan sambil sesekali ditepuk-tepuk menggunakan sapu lidi agar terbebas dari debu. Hal ini dipercaya dapat menjauhan mereka dari hal-hal buruk.

China

idul adha di china
Kredit: Serendipity Tailormade di FacebookSetidaknya ada 21 juta umat Muslim di China. Karenanya, tidak heran jika tradisi Idul Adha di China cukup meriah.Saat hari Idul Adha, umatMuslim China berbondong-bondong mendatangi masjid untuk shalat. Pemandangan ini bisa dilihat di berbagai masjid, termasuk Masjid Nunjie yang merupakan masjid tertua di China. Setelahnya, mereka pergi mengunjungi kerabat dan keluarga.
idul adha di china
Kredit: Almolham di Facebook Ajaran Islam pertama kali menyentuh daratan China pada tahun 674. Kini, kamu pun bisa melihat bukti peradabannya dalam keindahan arsitektur masjid yang tersebar di negara ini.

Pakistan

Tradisi Idul Adha di Pakistan yang paling ditunggu: libur nasional selama empat hari berturut-turut!
idul adha di pakistan
Kredit: Bharat Live News di Facebook Uniknya, para wanita Muslim Pakistan mempersiapkan diri dengan menggambar henna di tangannya. Ketika berangkat ke masjid untuk shalat Ied, mereka akan mengenakan kerudung berwarna-warni. Sementara itu, kaum pria akan mengenakan salwar kameez, pakaian tradisional Pakistan.

Jepang

idul adha di jepang
Kredit: Swedish Muslims Dawah di Facebook Meski umat Muslim merupakan minoritas di Jepang, tradisi Idul Adha masih dilakukan! Shalat Ied biasanya dilakukan di Tokyo Camii yang merupakan masjid terbesar di Jepang. Terkadang saking penuhnya. masjid ini sampai kewalahan menampung para jamaah. Selain di Tokyo Camii, shalat Ied biasanya dilakukan di tempat lain seperti Kprean International School di Osaka.

Kazakhstan

idul adha di kazakhstan
Kredit: Mary Jane D. Sevilla di FacebookTradisi Idul Adha di Kazakhstan dilakukan dalam semangaat berbagi, selayaknya makna kurban itu sendiri. Saat IdulAdha, umat Muslim Kazakhstan berbagi hadiah dan makanan bagi mereka yang kurang beruntung. Dalam semangat yang sama, banyak keluarga yang melakukanopen house untuk berbagi kebahagiaan dan menjamu para tamu dengan makanan khas Kazakhstan.