icon
icon
article hero

Penuh Sukacita, Ini 6 Tradisi Idul Adha di Berbagai Negara

AvatarName

Tiara  •  Jun 15, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.  Tahun ini, tradisi Idul Adha di berbagai negara kembali dirayakan di tengah pandemi. Meskipun demikian, tidak mengurangi suka cita umat Muslim di dunia untuk menyambut hari raya ini. Meski tahun ini perayaannya lagi-lagi tidak semeriah biasa, namun tradisi Idul Adha di berbagai negara berikut ini bisa dilakukan di negara yang telah berhasil meredam pandemi. Baca juga: 6 Resep Olahan Daging Kambing Sederhana Tanpa Santan untuk Meramaikan Idul Adha

China

Kredit: Serendipity Tailormade di Facebook Setidaknya ada 21 juta umat Muslim di China. Karenanya, tidak heran jika tradisi Idul Adha di China cukup meriah.Saat hari Idul Adha, umat Muslim China berbondong-bondong mendatangi masjid untuk shalat. Pemandangan ini bisa dilihat di berbagai masjid, termasuk Masjid Nunjie yang merupakan masjid tertua di China. Setelahnya, mereka pergi mengunjungi kerabat dan keluarga.
Kredit: Almolham di Facebook Ajaran Islam pertama kali menyentuh daratan China pada tahun 674. Kini, kamu pun bisa melihat bukti peradabannya dalam keindahan arsitektur masjid yang tersebar di negara ini.

Pakistan

Tradisi Idul Adha di Pakistan yang paling ditunggu: libur nasional selama empat hari berturut-turut!
Kredit: Bharat Live News di FacebookUniknya, para wanita Muslim Pakistan mempersiapkan diri dengan menggambarhenna di tangannya. Ketika berangkat ke masjid untuk shalat Ied, mereka akan mengenakan kerudung berwarna-warni. Sementara itu, kaum pria akan mengenakan salwar kameez, pakaian tradisional Pakistan.

Jepang

Kredit: Swedish Muslims Dawah di Facebook Meski umat Muslim merupakan minoritas di Jepang, tradisi Idul Adha masih dilakukan! Shalat Ied biasanya dilakukan di Tokyo Camii yang merupakan masjid terbesar di Jepang. Terkadang saking penuhnya. masjid ini sampai kewalahan menampung para jamaah. Selain di Tokyo Camii, shalat Ied biasanya dilakukan di tempat lain seperti Kprean International School di Osaka.

Kazakhstan

Kredit: Mary Jane D. Sevilla di Facebook Tradisi Idul Adha di Kazakhstan dilakukan dalam semangaat berbagi, selayaknya makna kurban itu sendiri. Saat Idul Adha, umat Muslim Kazakhstan berbagi hadiah dan makanan bagi mereka yang kurang beruntung. Dalam semangat yang sama, banyak keluarga yang melakukan open house untuk berbagi kebahagiaan dan menjamu para tamu dengan makanan khas Kazakhstan. Baca juga: 5 Resep Nasi Arab Sederhana untuk Teman Makan Olahan Daging Kurban

Kosovo

Kredit: Islam & Peace di Facebook Tradisi Idul Adha yang selalu dilakukan oleh umat Muslim Kosovo adalah mengenakan pakaian terbaiknya untuk shalat Ied. Anak-anak mengenakan pakaian dan topi tradisional yang meriah, mengikuti orang tuanya yang menuju ke masjid.

Mesir

Saat tidak ada pandemi,tradisi Idul Adha yang dilakukan di Mesir setiap tahun adalah pelepasan balon berwarna-warni usai shalat Ied. Bahkan, para jamaah shalat di bawah gulungan balon yang siap dilepaskan.
Kredit: Roger Anis Photography di Facebook Setelah shalat, gulungan balon ini dilepaskan dan para jamaah pun mengambilnya dengan suka cita! Simak juga rekomendasi artikel menarik lainnya di bawah ini: