icon
icon
article hero

6 Pulau yang Wajib Dikunjungi Ketika Island Hopping di Labuan Bajo

AvatarName

Tiara  •  Aug 31, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Salah satu cara menikmati Labuan Bajo adalah dengan berlayar atau live on board. Tour Labuan Bajo dengan cara ini akan mengajak kamu bermalam di atas kapal selama beberapa hari dengan rute yang telah ditentukan. Pilihan live on board tour Labuan Bajo pun beragam, ada yang dimulai dari dan berakhir Labuan Bajo, ada pula yang dimulai di Labuan bajo dan berakhir di Pulau Lombok, atau sebaliknya. Rute manapun yang kamu pilih, pastikan kamu singgah ke pulau yang wajib dikunjungi berikut ini!
Pulau Komodo
Tour Labuan bajo biasanya dimulai dengan bertolak ke Pulau Komodo dari dermaga Labuan Bajo. Pulau terbesar di antara ketiga pulau yang menjadi wilayah Taman Nasional Komodo ini adalah rumah bagi para komodo yang hidup di alam lepas. Selain melihat komodo di habitat aslinya, di pulau ini pun terdapat pantai pink. Pasir di pantai ini berwarna kemerahan akibat bercampur dengan serpihan karang yang berwarna kemerahan. Pantai berpasir pink ini pun hanya ada di 7 lokasi di seluruh dunia!
Pulau Rinca
 Selain Pulau Komodo, tour Labuan Bajo tidak lengkap tanpa singgah ke Pulau Rinca. Di pulau ini terdapat Loh Buaya yang juga merupakan habitat asli komodo. Kamu bisa menyaksikan bagaimana para kadal raksasa ini hidup berdampingan dengan masyarakat setempat. Karenanya, tidak heran jika beberapa komodo pun bisa ditemukan berkeliaran di sekitar rumah warga, terutama di area dapur ketika mereka sedang memasak. 
Pulau Padar
Gugus pulau terkecil yang menjadi bagian dari Taman Nasional Komodo ini pun tidak boleh dilewatkan saat tour Labuan Bajo. Pulau Padar dikenal dengan panoramanya yang spektakuler. Untuk melihat pemandangan 2 garis teluk yang saling bertemu ini, kamu harus mendaki ke atas bukit. Waktu terbaik untuk mendaki ke puncak Pulau Padar adalah di pagi hari. Selain untuk melihat matahari terbit yang keemasan, pendakian pagi pun tidak terlalu panas sehingga lebih nyaman untuk dilakukan.
Taka Makassar
Mungkin belum banyak yang tau, namun Taka Makassar patut kamu masukkan ke dalam daftar tour Labuan Bajo. Pulau pasir putih ini timbul hanya ketika air laut sedang surut. Jadi, pemandangan seperti ini belum tentu bisa dinikmati oleh semua orang yang berkunjung ke Labuan Bajo. Air di sekitarnya pun luar biasa jernih kehijauan dan memamerkan keindahan alam bawah lautnya. Jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan langka ini ketika kamu singgah di sana.
Pulau Moyo
 Kalau kamu mengambil tour Labuan Bajo dengan rute menuju Pulau Lombok, jangan lupa untuk mampir ke Pulau Moyo yang ada di wilayah gugus Sumbawa. Pulau kecil ini adalah rumah dari sejumlah air terjun eksotis dengan pemandangan yang jarang ditemukan di tempat lain, salah satunya adalah air terjun Mata Jitu. Meski berada di tengah pulau, air terjun ini bisa kamu capai dengan mudah karena sudah ada jasa ojek warga lokal yang akan mengantarkan kamu ke sana. 
Pulau Kanawa
Pulau di Sumbawa lain yang juga patut dikunjungi ketika tour Labuan Bajo adalah Pulau Kanawa. Di pulau ini, kamu bukan hanya bisa menikmati pemandangan laut dan pantai, namun juga bisa mendaki Bukit Kanawa yang eksotis dengan savana berwarna keemasan. Kalau kamu punya waktu, kamu pun bisa mencoba berkemah di sekitar Bukit Kanawa! Tour Labuan Bajo bisa dinikmati dengan berbagai cara, dan island hopping adalah salah satu yang paling berkesan. Jangan lupa, siapkan rencana perjalanan dan semua kebutuhan sebelum kamu memutuskan untuk live on board di Labuan Bajo. Simak juga rekomendasi wisata seputar Laboan Bajo lainnya dalam artikel berikut ini: