icon
icon
article hero

7 Resep Jajanan Korea Halal untuk Dibuat Di Rumah

AvatarName

Tiara  •  Jun 10, 2020

icon

Artikel ini aslinya ditulis oleh Ili Mariah. Kamu bisa membaca artikel berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini. [Diperbarui tanggal 4 mei 2021] Ada begitu banyak hal yang menarik tentang Korea. Salah satunya adalah makanan, lebih spesifik lagi, jajanannya. 😃 Kamu pun akan dengan mudah menemukan berbagai jajanan ketika di Korea, terutama di daerah Myeongdong dan Gwangjang. Ada tteokbokkihotteok, gyeranbbang, sampai oden, pokoknya surga untuk para pecinta kuliner. Meskipun kita belum bisa ke Korea dalam waktu dekat, kamu masih bisa menikmati jajanan khas Korea dengan resep topokki dan jajanan khas Korea lainnya berikut ini!
Hotteok
Untuk penyuka makanan manis, tidak ada yang lebih nikmati dari sepotong hotteok hangat. Jajanan berupa dadar manis ala Korea ini biasanya dinikmati saat musim dingin. Renyah di luar, lembut dan manis di dalam, makanan yang cocok untuk menemani kamu saat cuaca hujan! Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya tidak lebih dari 10 macam. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya di rumah. Supaya lebih gampang, tonton cara membuatnya dalam video di atas! P.S. Coba juga 10 resep makanan Korea sederhana untuk dibuat di rumah!
Kimbap
Cemilan ini adalah makanan yang wajib dicoba. Kimbap atau gimbap  terbuat dari nasi, lembaran rumput laut, minyak wijen, telur, wortel, dan mentimun. Selain mudah dibuat, proses pembuatannya pun seru (apalagi saat menyusun dan menggulungnya!) dan cocok untuk dilakukan bersama keluarga di rumah.  😊 Cara membuatnya cukup sederhana. Campur nasi dengan minyak wijen dan garam. Siapkan isian berupa mentimun, wortel, dan telur yang telah diiris tipis. Kumpulkan semua bahan dan susun isi kimbap sesuai selera. Masih bingung bagaimana cara menggulungnya? Tonton saja tutorial di atas! #HHWT Tip: Kalau kamu tidak punya penggulung dari bambu, kamu juga bisa pakai plastik wrap yang telah dialasi lap bersih supaya lebih mudah saat menggulungnya.
Pajeon
Pajeon berarti dadar daun bawang dalam bahasa Korea. Makanan ini adalah andalan ketika kamu ingin ngemil tapi tidak ingin buang banyak waktu untuk membuat makanan. Kamu pun bisa memanfaatkan sayuran yang ada supaya tidak mubazir. Video Maangchi di atas adalah tutorial yang tepat untuk kamu. Selain jelas dan sederhana, ia pun membagikan beberapa tips berguna untuk membuat pajeon yang enak. 😁 Kalau kamu suka resep sederhana yang bisa dibuat di rumah, maka artikel ini cocok untuk kamu:
Gyeran-bbang
Gyeran artinya telur, sementara bbang artinya roti . Betul sekali, jajanan populer Korea ini memang memadukan roti dan telur. Meskipun terdengar sederhana, sepotong gyeranbbang hangat akan membuat kamu jatuh cinta dengan cita rasa gurih dan manisnya. Ada banyak resep makanan korea di kanal Youtube Seonkyung Longest, termasuk gyeranbbang yang wajib kamu coba buat di rumah. Resep-resepnya tidak akan membuatmu kecewa dan justru bikin ketagihan. 😉
Tteokbokki
Jangan bilang kamu pecinta makanan Korea sejati kalau kamu belum mencoba tteokbokki. Kamu pasti sudah sering melihatnya di drama dan film Korea. Makanan yang satu ini memang jajanan favorit masyarakat lokal. Inilah saatnya kamu membuat tteokbokki sendiri untuk dinikmati sambil menonton drama Korea favorit! Ada yang nonton Hospital Playlist? 😃 Cara membuat tteokbokki yang enak dan sederhana bisa kamu lihat di video di atas, tapi kamu pun bebas menambahkan bahan lainnya seperti telur, kol, bahkan perkedel ikan. Kamu pun bisa menaburkan wijen dan daun bawang di atasnya untuk sentuhan akhir.
Roti Gilgeori 
Bicara soal jajanan Korea memang tidak ada habisnya, termasuk roti gilgeori! Roti bakar ini berisi telur dan sayuran, serta menjadi menu sarapan praktis favorit di Korea. Tapi tentu saja roti bakar ini bisa dimakan kapan saja dan di mana saja!  Roti gilgeori memang bukan roti bakar biasa. Hal ini dibutikan oleh resep yang dibuat oleh Seonkyung di video di atas! Sudah saatnya membuat roti bakar yang berbeda dari biasanya! 😉 P.S. Mau belajar membuat roti sendiri? Cek dulu halaman ini
Donat Chapssal 
Sedang ingin makanan pencuci mulut yang manis dan enak? Saatnya kamu mencoba donat chapssal, yaitu donat ala Korea yang terbuat dari beras ketan. Donat ini biasanya berisi pasta kacang merah dengan tekstur yang renyah di luar serta lembut dan kenyal di dalamnya. Meski biasanya donat ini berisi kacang merah, kamu pun bisa lebih kreatif dengan menggantinya dengan isian lain, misalnya Nutella. Varian ini juga sering dijual di Korea. Dengan resep topokki dan jajanan Korea ini, kamu bisa memasak dan mencobanya sendiri di rumah. Meski kita belum bisa ke Korea dalam waktu dekat, kamu tetap bisa membawa cita rasa uniknya dan menikmatinya bersama orang terdekat. 😋 Simak juga artikel lain tentang makanan favorit tim HHWT yang mungkin kamu juga suka berikut ini: