icon
icon
article hero

Banyak Bentuk Toilet yang Unik di Jepang! Kayak Gini Contohnya

AvatarName

Tiara  •  Aug 04, 2021

icon

Banyak bentuk toilet yang unik di Jepang!

Keunikan negara Jepang bukan hanya di budayanya, tapi juga di bidang teknologi. Salah satunya adalah soal toiletnya. Ingat ngga ada toilet transparan yang viral di Jepang tahun lalu? Ternyata, toilet ini merupakan bagian dari Tokyo Toilet Project. Baru-baru ini, diluncurkan pula proyek toilet terbarunya yang berbentuk jamur.

Apa itu Tokyo Toilet Project?

Kredit: @eta.kazama di Instagram Menurut situs resminya, toilet unik ini ditargetkan bakal hadir di 17 lokasi berbeda di Shibuya. Toilet ini diharapkan bakal memberikan kenyamanan di toilet umum yang bisa diakses semua orang. Tidak tanggung-tanggung, sebanya 16 arsitek kelas dunia terlibat dalam proyek ini. Hal ini dilakukan untuk mematahkan opini bahwa toilet umum identik dengan kesan kotor, jorok, dan menyeramkan. Toilet unik di Jepang terbaru berbentuk jamur ini dirancang oleh arsitek pemenang Pritzker Prize, Toyo Ito dan merupakan toilet kesebelas. Lokasinya berada tepat di depan tangga menuju kuil Yoyogi Hachimangu.
Kredit: @eta.kazama di Instagram  Toyo Ito sendiri mengakui bahwa ia menghindari menggunakan toilet umum. Karena itulah, ia menciptakan desain yang kalem dan menenangkan sehingga dapat diterima dengan baik. "Saya harap toilet umum Yoyogi-Hachiman ini bisa memberikan rasa aman kepada para perempuan, bahkan ketika digunakan di malam hari. Meski desainnya canggih, toilet ini bisa digunakan seperti biasa," ungkap Ito. Toilet unik berbentuk jamur ini bukanlah satu-satunya toilet dengan desain keren. Ada beberapa toilet lain di Shibuya yang tidak kalah menarik seperti yang berikut ini: 
Kredit: @sachiko_7 di Instagram
Dirancang oleh Kashiwa Sato dengan tema aman dan bersih. Lokasinya berada di Pintu Barat Stasiun Ebisu.
Kredit: @kiyoka_tokyo di InstagramDirancang oleh Kengo Kuma dengan tema Walk in The Woods. Lokasinya berada di Taman Nabeshima Shoto.
Kredit: @toto.europe di Instagram
Dirancang oleh Tadao Ando dengan tema Amayadori alias berteduh saat hutan. Lokasinya berada di Taman Jingu-Dori. Sementara itu, sejumlah bentuk toilet unik di Jepang lainnya masih sedang dalam proses pembangunan tahun ini. Aneh sih, tapi rasanya tidak salah jika toilet-toilet ini menjadi salah satu destinasi yang bisa dikunjungi saat liburan ke Jepang nanti. Baca juga rekomendasi seputar Jepang lainnya dalam artikel berikut ini:

Enak Banget, Warga Jepang Punya Paspor Vaksin Agar Bebas Karantina

5 Cafe Bertema Unik di Jepang, Negara Venue Olimpiade 2021

Ada Masjid Baru di Jepang, Dibangun Oleh Komunitas Islam Indonesia!

Staycation di 5 Hotel ala Jepang di Jakarta, Lepas Rindu Liburan ke Negeri Sakura