icon
icon
article hero

8 Tips yang Wajib Diingat untuk Para Solo Traveller Muslim Pemula

AvatarName

Tiara  •  Sep 28, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Solo traveling kini lazim dilakukan oleh siapa saja. Bukan hanya lebih hemat, cara ini juga dinilai mampu memberikan pengalaman traveling yang memuaskan. Dengan persiapan yang baik, tidak ada destinasi yang tidak mungkin dijelajahi dengan solo traveling. Selain membulatkan tekad, jangan lupa untuk  menyimak tips solo traveling ini sebelum berangkat.
Persiapkan itinerary
Tips solo traveling pertama yang wajib dilakukan adalah menyiapkan itinerary selengkap mungkin. Pergi sendirian memang lebih praktis, namun tidak mengurangi persiapannya. Tulis daftar destinasi dan tempat apa saja yang akan kamu kunjungi di sana. Jangan tergoda untuk berpikir "lihat saja nanti di sana" karena persiapan yang matang akan membuat perjalanan kamu lebih aman dan nyaman. Terlebih mengingat kamu pergi sendirian.
Riset tentang destinasi
Setelah menyusun itinerary, lakukan riset mendalam untuk setiap destinasi. Bukan hanya faktor seperti alamat, jam buka, dan harga tiketnya. Namun, cari juga beberapa ulasan (terutama ulasan buruk) dari tempat tersebut. Melihat sisi buruk sebuah destinasi adalah tips solo traveling untuk membantu kamu memahami resiko dan mengatur ekspektasi tentang destinasi tersebut.
Sebisa mungkin lakukan pemesanan online
Kalau ada beberapa destinasi yang mengharuskan pemesanan tiket, sebisa mungkin pastikan kamu memesannya secara online. Dengan demikian, kamu datang ke sana sudah memegang tiket dan tidak perlu lagi mengantri.Tips solotraveling ini berlaku untuk reservasi hotel, tempat wisata, hingga pemesanan alat pendukung seperti mobile WiFi ataupun sewa kendaraan di tempat tujuan.
Packing efisien
Tips solo traveling yang sering dilupakan adalah membawa barang secukupnya. Pergi sendirian memang membuat kita ingin mempersiapkan diri sebaik mungkin. Namun, membawa banyak barang akan membuat perjalanan lebih melelahnya. Perhitungkan dengan baik kebutuhan pakaian selama solo traveling dan hanya bawa barang yang bernar-benar kamu butuhkan. Jangan lupa pertimbangkan juga faktor cuaca agar perjalanan kamu tetap aman.
Pilih penginapan yang aman
Solo traveling memang identik dengan penginapan murah. Namun sesungguhnya, faktor keamanan adalah segalanya. Memilih penginapan yang aman adalah tips solo traveling yang tidak boleh dilupakan, terutama untuk pemula. Pilihlah penginapan yang reputasi dan pelayanannya baik. Selain itu, perhatikan juga lokasinya. Lebih baik menginap di hotel yang berada di pusat keramaian agar kebutuhan kamu mudah terpenuhi.
Catat nomor darurat
Jangan pernah berangkat tanpa tips solo traveling yang satu ini. Siapkan beberapa nomor telepon yang bisa kamu hubungi ketika keadaaan kurang baik. Beberapa nomor yang perlu disiapkan adalah nomor kerabat terdekat, nomor telepon kantor polisi dan rumah sakit terdekat, serta nomor telepon kedutaan besar Indonesia jika kamu solo traveling ke luar negeri.
Bawa uang tunai secukupnya
Tidak semua tempat di tujuanmu menerima pembayaran non tunai, jadi membawa uang tunai adalah tipssolotraveling yang wajib dilakukan. Jumlahnya pun tidak harus berlebihan. Cukup kalkulasikan kira-kira berapa uang yang kamu butuhkan dalam satu hari, lalu kalikan dengan durasi perjalanan. Uang tunai ini bisa kamu gunakan untuk membeli makan, ongkos, ataupun membeli tiket wisata yang tidak bisa dibeli secara online.
Jangan malu bertanya
Tips solo traveling terakhir dan paling penting adalah buka hati dan pikiran untuk mengenal destinasi melalui orang lain. Jangan malu untuk bertanya kepada warga lokal atau sesama pelancong. Siapa tahu, mereka punya tips dan trik yang bisa membuat perjalanan kamu lebih mudah. Solo traveling bisa menjadi perjalanan yang mengubah hidup kamu. Dengan persiapan dan tips bermanfaat ini, kamu bisa mempersiapkan solo traveling perdana kamu dengan lebih baik. Simak juga beberapa inspirasi traveling domestik lainnya dalam artikel berikut ini: