icon
icon

8 Tips Travelling Murah ke Maldives, Dijamin Puas!

AvatarName

Sastri  •  May 31, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Siapa yang tak kenal Maldives, sebuah negara kepulauan di Asia Selatan yang menjadi tujuan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Bertetangga dengan Sri Lanka dan India, Maldives menyuguhkan eksotisme alam terutama wisata laut yang tak ada duanya.  Maldives memiliki lebih dari 1.190 pulau yang dibagi berdasarkan wilayah administratif atau atoll, dengan sekitar 200 pulau yang berpenghuni. Male adalah pulau utama sekaligus lokasi ibu kota Maldives, tempat masyarakat Maldives menyapa dengan keramahan mereka begitu kamu tiba di sana! Namun sebelum pesawat mendarat, kamu akan disuguhkan panorama kepulauan dengan gradasi warna air laut yang memukau dan sangat jernih. Resor-resor mewah menjamur di beberapa atoll atau cincin karang menjadi lokasi favorit untuk bulan madu bersama pasangan. Meski begitu, travelling ke Maldives tak melulu harus mahal. Kamu bisa mengunjungi negara eksotis ini dengan lebih ramah kantong alias backpacking. Simak 8 tips berikut ini!  Kredit: Visit Maldives P.S. Maldives kini sudah kembali dibuka untuk wisatawan. Warga Negara Indonesia (WNI) tidak memerlukan visa untuk berkunjung ke Maldives dengan masa kunjungan maksimal 30 hari. Kamu bisa mengakses informasi seputar COVID-19 di Maldives melalui link ini Kalau kamu berkunjung ke Maldives untuk kali pertama, simak informasi penting dantipsnya pada linkini. Maldives sudah siap menyambutmu dengan protokol kesehatan yang menyeluruh sehingga kamu bisa berwisata dengan aman dan nyaman :)  
1. Cari tiket pesawat promo
  Kamu bisa berangkat dari Singapura karena saat ini Silk Air terbang ke Bandara Internasional Velana dua kali seminggu (setiap Selasa & Sabtu) mulai 1 Desember 2020. Begitu lebih banyak penerbangan internasional beroperasi kembali, kamu bisa mulai mencari tiket promo dari beberapa maskapai internasional. Mulai dari AirAsia, Srilankan Airlines, dan Bangkok Airways. Kredit: Visit Maldives  
2. Pergi dengan rombongan
  Kredit: Visit Maldives Maldives tidak hanya cocok didatangi untuk berbulan madu. Kamu juga bisa menjadikan Maldives sebagai destinasi seru yang bisa didatangi bersama teman atau keluarga - karena semakin banyak orang, “patungan” akan semakin murah! Sewa perahu bersama dan lihat pemandangan menakjubkan saat kamu melakukan island hopping atau tur snorkeling! Meskipun harga kapal ferry dapat dikenakan per orang, tapi tersedia juga tur grup untuk tamasya!  
3. Menginap di homestay atau guest house
  Maldives tidak selalu identik dengan resor mewah dengan harga selangit. Terdapat berbagai wisma di pulau-pulau lokal yang ramah dengan harga yang bervariasi. Pilih akomodasi yang paling cocok untuk kamu dan temanmu. Kamu juga bisa mendapatkan penginapan dengan harga murah (sekitar Rp 500 ribu per malam!) di pulau-pulau besar. Kredit: Visit Maldives Maafushi Island misalnya, merupakan pulau favorit parabackpackers dengan sederet pilihan penginapan dengan harga terjangkau. Jangan salah, meski tergolong hemat budget, fasilitas dan perlengkapan di hotel-hotel ini juga cukup lengkap. Harga kamar juga sudah termasuk sarapan gratis!  
4. Berangkat pada low season
  Di Maldives, high season berlangsung pada November hingga Maret. Pada bulan-bulan ini, cuaca di Maldives sangat cerah dan air lautnya pun sungguh jernih. Pada bulan April, cuaca di Maldives masih panas namun tidak secerah November - Maret. Sedangkan pada bulan Mei hingga Oktober merupakan musim hujan. Agustus juga merupakan high season karena bertepatan dengan momen liburan masyarakat Eropa. Hindari high season agar harga tiket pesawat dan penginapan menjadi lebih murah!   
5. Nikmati tur dan tamasya pribadi
  Guesthouse yang tersebar di Maldives biasanya memliki pusat selam dan pusat olahraga air. Kamu bisa mengikuti tur khusus termasuk aktivitas seperti sunset tour, tamasya lumba-lumba, memancing, dan piknik pribadi ke dekat gumuk pasir dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, pusat selam juga menyediakan kursus menyelam dasar dan sesi menyelam lengkap dengan pemandu untuk menikmati keindahan panorama kehidupan bawah laut.  
6. Makan di restoran atau warung makan lokal
  Maldives memang memiliki sederet restoran mewah dengan tampilan luar biasa - dari restoran di atas laut sampai restoran bawah laut! Perjalanan kuliner yang ditawarkan Maldives sangatlah layak untuk dinikmati. Di Pulau Maafushi misalnya, terdapat beberapa restoran nyaman (dan instagramable!)dengan kisaran harga beragam. Ada pula toko roti jika kamu ingin sarapan ringan ditemani secangkir teh atau kopi. Kredit: Visit Maldives  
7. Kapal ferry lokal sebagai alat transportasi
  Kredit: Visit Maldives Sebagai negara kepulauan, kapal ferry menjadi alat transportasi utama di Maldives. Untuk island hopping sambil menikmati panorama laut Maldives, kamu bisa menggunakan jasa kapal ferry lokal dengan harga yang terjangkau!  
8. Ambil paket One Day Tour dari resor
  Meski kamu tidak menginap di hotel atau resort mewah, kamu masih bisa memanfaatkan fasilitas mereka dengan ikut One Day Tour. Hampir semua hotel dan resort mewah menyediakan paket ini dengan harga mulai dari Rp 1 juta. Ini termasuk wisata pulau di resor, day rooms, akses ke fasilitas olahraga air dan makan siang atau makan malam khusus dengan orang yang kamu cintai. Kredit: Visit Maldives Artikel ini dipersembahkan oleh Visit Maldives.