icon
icon
article hero

Jumlah Kasus Positif Semakin Tinggi, Terapkan 8 Tips Ini agar Terhindar dari Covid 19

AvatarName

Tiara  •  Sep 14, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Di tengah wabah virus corona ini, sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan dan menjadikannya prioritas teratas demi kesejahteraan bersama. Di Indonesia sendiri, kasus positif Covid 19 telah menembus angka 200 ribu pasien. Berbagai daerah di Indonesia pun menerapkan PSBB untuk mencegah penyebaran yang lebih luas.
Untuk itu, kami telah mengumpulkan beberapa tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi risiko terserang penyakit. Catatan: Saran di bawah ini bukanlah cara agar tidak terjangkit virus, melainkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Konsultasikan ke dokter atau tim medis profesional apabila kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran terkait masalah kesehatanmu.
Cukup istirahat
Kita kerap meremehkan kebutuhan istirahat sehari-hari. Ingat, tidak mengantuk atau lelah bukan berarti tubuh kamu tidak butuh istirahat. Meskipun demikian, banyaknya jam tidur tidak lantas membuatmu terbebas dari penyakit. Kualitas tidurlah yang dapat memberikan pengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Kurang tidur telah terbukti dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh seseorang, jadi hati-hati bagi yang sering tidur larut malam atau begadang.
Mengatur stres
 Kondisi ketidakpastian yang terjadi saat ini dapat memicu stres. Padahal, kecemasan dan ketakutan yang berlebihan dapat menaikkan respon peradangan di dalam tubuh dan membuatmu lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Untuk menghindari stres, pastikan kamu berhenti sejenak dan berlatih beberapa teknik relaksasi seperti meditasi atau berpikir positif. 
Rutin berolahraga
Olahraga teratur tidak hanya membantu menjaga berat badan tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Aktivitas ini melancarkan peredaran darah yang mendorong sel-sel sistem kekebalan tubuh. Kamu dapat memulai dengan jogging di sekitar komplek perumahan, jalan santai, yoga, atau sekadar melakukan squat atau push-up sederhana. Intinya selama tubuhmu tetap aktif, sistem kekebalan tubuhmu akan bekerja lebih aktif juga.
Konsumsi makanan sehat
Pola makan sehat berkontribusi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dua hal tersebut saling membutuhkan dalam hal menjaga tubuhmu tetap sehat dan ternutrisi. Jadi, mulailah konsumsi lebih banyak buah dan sayuran.
Penuhi asupan vitamin D
Selain vitamin C, vitamin D telah dikenal untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaganya tetap seimbang selama musim flu. Vitamin D memang tidak akan melindungi tubuh yang sudah terkena virus corona, tetapi memiliki asupan vitamin D yang cukup sangat penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan risiko jatuh sakit. Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin D seperti ikan berlemak (tuna, makarel, salmon), kuning telur dan jamur.
Menjaga sirkulasi udara di tempat tinggal
 Resiko penyebaran virus lewat udara (airborne) dapat dikurangi dengan menjaga sirkulasi udara. Pastikan tempat tinggal, tempat kerja, dan lokasi yang kamu datangi (jika memang harus datang) memiliki sirkulasi yang baik. Lebih baik lagi jika kamu tetap di ruang terbuka selama berinteraksi dengan orang lain. 
Berjemur di bawah sinar matahari
Menerapkan social distancing memang dianjurkan, tetapi bukan berarti kamu harus terkurung di dalam ruangan 24/7. Berjemur sinar matahari dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Berada di bawah sinar matahari mendorong sel-sel yang melawan penyakit di tubuh bekerja lebih efisien dan membantu tubuh untuk memproduksi Vitamin D.
Menjaga kebersihan kapan pun, di manapun
Bepergian atau tidak, menjaga kebersihan harus selalu dilakukan di mana pun kamu berada. Dari mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun hingga membawa hand sanitizer berbasis alkohol dan menggunakan masker setiap saat, langkah-langkah sederhana ini sangat penting dalam menjaga sanitasi dan menciptakan lapisan pertahanan terhadap virus Corona. Dengan menerapkan hal-hal di atas secara teratur, kamu tidak hanya turut menjaga kesehatan dan kesejahteraan hidup diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitarmu.