icon
icon
article hero

Tetap Sehat di Bulan Ramadan, Ini 6 Tips Berpuasa di Tengah Pandemi

AvatarName

Tiara  •  Mar 10, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kurang dari satu bulan lagi, umat Muslim di seluruh dunia akan mejalani bulan Ramadan. Sayangnya, pandemi masih ada sehingga kita belum bisa merayakan bulan suci seperti sedia kala. Meski kita sudah mulai beradaptasi dan hidup berdampingan dengan Covid-19, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar berpuasa saat pandemi tetap aman dan nyaman.
Siapkan stok makanan
Mengingat pandemi masih mengintai, hindari kerumunan di supermarket. Karenanya, pastikan sesi belanja bulanan kamu efektif. Pastikan kamu mencatat semua kebutuhan dan beli bahan makanan yang tahan lama. Meal prep juga bisa dilakukan untuk menghemat waktu memasak selama bulan puasa. Seupaya lebih praktis, kamu bisa menyetok lauk beku di rumah.
Masak sendiri
Kebersihan menjadi hal yang sangat penting saat pandemi. Karena itu, utamakan untuk memasak sendiri menu sahur dan buka puasa di rumah. Selain mengandalkan stok lauk beku, bulan Ramadan juga momen yang tepat untuk mulai belajar memasak. Mulailah dari resep sahur sederhana, aneka takjil, hingga bukan tidak mungkin kamu sudah mahir membuat kue nastar menjelang lebaran nanti!
Tidur cukup
Durasi tidur akan berkurang karena kita harus bangun sahur dini hari. Namun, hal itu tidak menjadi alasan untuk lemas seharian. Ada banyak cara untuk menjaga kuantitas dan kualitas tidur. Selain membiasakan diritidur lebih awal, tidur siang juga bisa menjadi tambahan tenaga ketika berpuasa. Selain kuantitas, kualitas tidur pun perlu diperhatikan. Misalnya, jauhkanhandphone dari tempat tidur atau pakai kaus kaki sebelum tidur.
Jaga asupan gizi
Aneka gorengan dan es buah adalah takjil favorit masyarakat Indonesia. Masalahnya, duo nikmat ini seringkali membuat kesehatan terganggu jika dikonsumsi berlebihan. Di tengah pandemi, kesehatan menjadi hal yang tidak bisa ditawar dan asupan gizi adalah kunci yang wajib dipegang. Kamu tetap bisa makan gorengan dan es buah, namun pastikan jumlahnya proporsional dengan makanan bergizi. Bila perlu, konsumsi vitamin dan suplemen tambahan untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa.
Jaga hidrasi
Menjaga asupan cairan mutlak dilakukan saat berpuasa. Bukan dengan minum sebanyak-banyaknya saat sahur dan berbuka, asupan cairan pun bisa kamu dapatkan dari sumber lain. Cara nikmat untuk mendapatkan asupan cairan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan saat sahur dan puasa. Dengan demikian, kamu tetap terhidrasi dan mendapatkan bonus serat baik dari buah yang dimakan.
Olahraga ringan
Berpuasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Olahraga ringan justru baik bagi tubuh untuk tetap bugar selama berpuasa. Selain memilih jenis olahraga yang ringan, pilih waktu olahraga yang sesuai. Misalnya dengan jalan kaki 30 menit sebelum waktu berbuka puasa. Simak juga tips dan rekomendasi selama berpuasa lainnya dalam artikel berikut ini: