icon
icon
article hero

6 Tips untuk Liburan Keluarga yang Menyenangkan di Gardens By The Bay di Era Normal Baru

AvatarName

Tiara  •  Sep 06, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulis oleh Atiqah Mokhtar di halaman ini. Gardens by The Bay adalah salah satu tempat wisata paling menarik di Singapura. Sejak Flower Dome dan Cloud Forest dibuka kembali bulan lalu, sudah banyak yang mengunjungi taman konservasi yang telah mengantongi berbagai penghargaan ini. Tempat ini memang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa sehingga cocok untuk liburan keluarga. Meski sekarang kondisi belum memungkinkan, tidak ada salahnya tetap merencanakan perjalanan untuk liburan nanti. Sebagai persiapan, kami telah merangkum beberapa tips serta protokol kesehatan yang akan membuat liburan keluarga kamu di Gardens by The Bay Singapura nanti lebih nyaman! Catatan: Saat ini Flower Dome, Cloud Forest, Far East Organization Children’s Garden dan Outdoor Garden sudah dibuka untuk umum. Untuk informasi mengenai pembukaan kembali obyek wisata lain di Garden by The Bay, kunjungi halaman website resminya.
1. Beli tiket dari jauh-jauh hari
Untuk memastikan jarak aman, seluruh pengunjung harus membeli tiket dengan jam kunjungan yang telah ditentukan. Kamu bisa membelinya secara online di website Visit Singapore, aplikasi mobile Gardens by The Bay, atau website Gardens by The Bay. Loket penjualan tiket di Garden by The Baytutup, jadi pastikan kamu membeli tiketnya secaraonline. 😉 Pastikan juga kamu datang sesuai jam kunjungan karena kamu mungkin tidak diizinkan masuk jika jam kunjungan lainnya sudah penuh.
2. Patuhi peraturan baru agar kunjungan lancar dan aman
Gardens by The Bay memastikan keamanan para pengunjung agar kamu bisa liburan dengan tenang bersama keluarga. Protokol baru pun telah diterapkan untuk memastikan keamanannya. Selain itu, Gardens by The Bay juga telah dianugerahi SG Clean Quality Mark oleh pemerintah Singapura.
Kredit: Gardens by the Bay di Facebook Ketika tiba di konservatoriumnya, kamu harus check in di SafeEntry dengan cara memindai QR Code yang ada di pintu masuk atau mengaktifkannya lewat aplikasi mobile Gardens by The Bay. Jangan lupa siapkan tiket masuk yang sudah kamu beli. Sebelum masuk, suhu tubuh kamu juga akan diperiksa.  #HHWT Tip: Perlu dicatat bahwa pengunjung tidak diizinkan masuk kembali setelah meninggalkan konservatorium!
Kredit: Gardens by the Bay di Facebook Jumlah pengunjung dalam satu rombongan tidak boleh lebih dari 5 orang dan wajib menjaga jarak minimal satu meter satu sama lain. Pengunjung juga wajib selalu mengenakan masker kecuali saat makan, minum, atau melakukan aktivitas seperti jogging atau bersepeda di area outdoor. Untuk menjaga jarak aman, Gardens by The Bay telah memasang tanda di lantai, menerapkansistem satu arah, dan menyediakanhand sanitizer di berbagai titik di dalam area konservatorium.
3. Isi perut dengan makanan halal yang tersedia
Setelah seharian jalan-jalan di Gardens by the Bay, tentu kamu harus mengisi kembali tenaga. Untungnya, ada beberapa restoran halal di sini yang buka (dan cocok juga untuk si kecil):
  • Texas Chicken di Supertree Food Hall (buka jam 11.00-19.00)
  • Makan by The Bay di Satay by The Bay (buka jam 10.30-22.00, tutup di hari Senin)
  • McDonald’s di dekat Golden Garden (bukan jam 11.00-20.00)
Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak aman selama makan di restoran ini ya!
4. Gunakan fasilitas khusus keluarga supaya lebih nyaman
Jika kamu membawa bayi dan butuh mengganti popok atau menyusui, ada beberapa ruang menyusui yang tersedia di lokasi berikut:
  • Golden Garden (dekat Information Counter)
  • The Canopy (dekat pintu masuk Flower Dome)
  • Supertree Food Hall
  • Far East Organization Children's Garden
  • The Meadow
Perlu dicatat bahwa ruang menyusui yang ada di dalam Cloud Forest dan Floral Fantasy masih ditutup.
Di sini pun tersedia penyewaan stroller, jadi kamu tidak perlu khawatir si kecil akan lelah berjalan. Kamu bisa menyewanya (maksimal berat anak 15 kg) dengan biaya SGD 2 (sekitar Rp 21.000) per hari di Arrival Gift Shop dan harus dikembalikan sebelum jam 19.00.
Selain itu, kamu pun bisa menitipkan barang bawaan di lokerelektronik yang tersedia di Gardens by The Bay. Loker ini berada di beberapa lokasi, yakni di Golden Garden, The Canopy, Floral Fantasy, dan paviliun Bayfront. Biaya sewanya antara SGD 2-6 (sekitar Rp 21.000-Rp 63.000) per 21 jam, tergantung ukuran loker.  #HHWT Tip: Loker hanya menerima pecahan uang SGD 2 untuk pembayarannya.
5. Tempat yang wajib dikunjungi
Flower Dome
Saatnya menikmati suasana musim semi di Flower Dome! Di rumah kaca seluas 1,2 hektar (sekitar 75 kali ukuran kolam renang Olimpiade!) ini kamu bisa melihat bunga dan tanaman dari seluruh penjuru dunia. Kamu akan menemukan berbagai tanaman menarik di Flower Dome, mulai dari pohon Baobab Afrika, aneka kaktus, hingga bunga Kaki Kangguru dari Australia.
Kredit: Gardens by the Bay di Facebook Bunga yang dipamerkan di Flower Dome selalu berubah. Namun kini, kamu bisa melihat The Pocket Garden Surprise! Pameran ini terdiri dari beberapa taman kecil yang berada di berbagai sudut Flower Dome dan dibuka satu per satu setiap 2 minggu. Saat ini, ada 4 taman kecil yang tengah dipamerkan, yakni Edible Garden, Terrace Garden, A Tale of Orchids, dan Out of Africa (lihat informasi lebih lanjut tentang taman tersebut di halaman ini!). Lebih baik lagi, Edible Garden yang dibuka pertama kali bulan lalu didedikasikan bagipara tenaga kesehatan dan penegak hukum di Singapura. 😊 Cloud Forest
Rumah kaca ini punya bukit rimbun setinggi 35 meter dan air terjun yang tidak boleh terlewatkan! Vegetasinya terdiri dari tanaman tropis dari dataran tinggi dan kamu bisa mempelajarinya di 9 zona yang berbeda dalam pendakian menuju puncaknya. Far East Organization’s Children's Garden
Si kecil pasti akan senang bermain di area interaktif outdoor ini! The Children’s GArden berada di sebelah Cloud Forest dan memiliki arena bermain serta arena rintangan yang seru. Taman ini terbagi menjadi beberapa area yang disesuaikan dengan beberapa kelompok umur (misalnya area untuk balita dan anak usia 6 sampai 12 tahun).
Tempat lain yang juga menjadi favorit di Children’s Garden adalah wahana airnya! Jangan lupa bawa baju renang untuk si kecil dan ajak mereka bermain di air mancur, pancuran, dan ember air. Beberapa area bahkan dilengkapi sensor gerakan untuk membuat air bereaksi, dijamin bakal seru untuk anak! Fasilitas ruang bilas dan kamar ganti pun tersedia. Tiket masuknya juga gratis, jadi tidak ada alasan untuk tidak mampir ke sini! #HHWT Tip:Area Fish Fountain (wahana air untuk balita) masih ditutup. Selain itu, Children’s Garden juga tutup setiap hari Senin. Jika Senin merupakan hari libur nasional, tempat ini tutupdi hari Selasa. Supertree Grove
Kredit: Gardens by the Bay di Facebook Supertree Groves mungkin merupakan salah satu pemandangan paling ikonik di Gardens by The Bay. Supertree adalah sebuah struktur berbentuk pohon setinggi 16 lantai. Berkunjung ke Gardens by The Bay pun belum lengkap tanpa berfoto di sini. Kamu bisa melihat pemandangan kota yang spektakuler berpadu dengan rimbunnya pemandangan hijau Gardens by The Bay! #HHWT Tip: Supertree Grove berada satu area dengan Supertree Observatory dan OCBC Skyway, namun kedua tempat ini masih belum dibuka kembali.  Floral Fantasy
Kredit: Gardens by the Bay di Facebook Floral Fantasy berada di Bayfront Plaza dan tidak boleh kamu lewatkan! Dengan kecanggihan teknologi, kamu bisa melihat bunga-bunga di sini hidup seperti di alam mimpi. Ada 4 area yang masing-masing menawarkan pemandangan yang berbeda. Mulai dari bunga yang bergerak dan batang yang meliuk hingga air terjun bunga, kamu akan dibuat seolah berada di hutan rimba. 😍 Sebuah pengalaman yang unik untuk kamu dan si kecil. Untuk menutup perjalanan, cobalah wahana simulasi 4D Flight of the Dragonfly yang akan membawamu ke perjalanan seekor capung yang menjelajahi Gardens by The Bay! Sebuah penutup yang manis untuk liburan keluarga. #HHWT Tip: Mengacu kepada panduan dan saran pemerintah Singapuratentang pembukaan kembali aktivitas bisnis secara bertahap, Floral Fantasy masih belum dibuka kembali.
6. Bawa perlengkapan yang akan membuat perjalanan lebih lancar
Untuk keluarga dengan anak kecil, ada beberapa hal yang harus dibawa agar perjalanan lebih lancar dan nyaman. Yang pertama adalah stroller karena area Conservatories dan Gardens by The Bay sangat luas. Stroller sangat berguna ketika si kecil mulai lelah atau tidak ingin berjalan kaki. Selain membawanya sendiri, kamu pun bisa menyewanya di Arrival Gift Shop (seperti yang disebutkan di atas). Kalau kamu berkunjung ke Conservatories, suhu di dalamnya berkisar antara 23 sampai 25 derajat Celcius dan cukup sejuk. Tidak ada salahnya untuk membawa selimut tipis untuk si kecil agar ia tetap hangat, terutama ketika berada di stroller.
Jangan lupa untuk membawa dan memakan tabir surya dan mengenakan topi ketika menjelajahi area outdoor ketika cuaca cerah dan cukup panas. Kipas angin portable juga ide yang bagus untuk menjaga si kecil agar tidak kepanasan. 😉 Kalau kamu punya rencana bermain air di Water Play Zone di Far East Organization’s Children’s Garden, jangan lupa untuk membawa baju renang dan handuk.
Gardens by The Bay adalah lokasi liburan keluarga yang menawarkan berbagai keseruan untuk kamu dan orang tersayang. Nikmati indahnya Singapura lagi dengan mengajak seluruh keluarga untuk liburan di sini!Garden by the Bays Singapura pun telah mempersiapkan seluruh protokol kesehatan dan peraturan supaya kamu tetap bisa menikmati suasananya dengan aman dan nyaman saat liburan ke sini nanti. Lihat juga video di bawah ini untuk membantu kamu merencanakan liburan di Gardens by The Bay! Harga tiket  masuk: Lihat daftar harga lengkap dan beli tiketnya di sini Jam operasional: Flower Dome, Cloud Forest and Far East Organization’s Children's Garden setiap hari jam 9.00-20.00; Outdoor Gardens setiap hari jam 5.00-2.00 Alamat: 18 Marina Gardens Drive, Singapura 018953 Nomor telepon: +65 6420 6848 Website | Facebook | Instagram  Untuk kamu yang #KangenSingapura, biarkan imajinasimu tetap berkelana dan #VisitSingapore kemudian. Saatnya Impian Menjadi Nyata.