icon
icon
article hero

Mendung Tapi Ingin Gowes? Jangan Lupa 7 Tips Bersepeda di Musim Hujan Ini

AvatarName

Tiara  •  Feb 24, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Belakangan ini, cuaca memang kurang bersahabat. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan sepeda untuk beraktivitas. Sebaliknya, bersepeda bisa menjadi alternatif kendaraan bermotor di musim hujan. Misalnya saja untuk pengguna sepeda lipat, kamu bisa langsung beralih ke transportasi publik ketika hujan turun. Resiko kerusakan sepeda melintasi genangan air pun lebih rendah dibandingkan kendaraan bermotor.
Jika kamu mantap untuk bersepeda di musim hujan, jangan lupa terapkan juga beberapa tips berikut ini agar tetap aman selama perjalanan.
Periksa kondisi sepeda
Tips bersepeda di musim hujan yang satu ini perlu diterapkan setiap saat. Biasakan untuk mengecek kondisi sepeda secara berkala dan menyeluruh, terutama jika sepeda digunakan setiap hari. Periksa semua fungsi dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sepeda dengan kondisi prima tentu lebih aman dan nyaman untuk digunakan di segala musim.
Jas hujan dan rain cover
Dua hal ini tentu tidak boleh ketinggalan saat sudah memasuki musim hujan. Selain melindungi kamu dari air hujan, kedua alat ini pun melindungi kamu dari cipratan air dan lumpur di jalanan. Supaya lebih aman, biasakan untuk menggunakan jas hujan dan rain cover terpisah untuk barang bawaan. Dengan demikian, pergerakan kamu akan lebih bebas dan lebih fokus saat bersepeda.
Pasang fender
Jika selama ini kamu melakukan modifikasi sepedauntuk alasan estetika, saatnya meng-upgrade sepeda kamu untuk lebih tangguh menghadapi cuaca. Salah satu bagian yang penting untuk dipasang saat musim hujan adalahfender. Fender meminimalisir cipratan air di ban depan dan belakang. Dengan demikian, pakaian kamu tetap bersih dan lebih nyaman saat berkendara. Jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu di bengkel sepeda terdekat untuk mendapatkan fender yang paling cocok untuk sepedamu.
Sesuaikan tekanan ban
Jalanan yang basah oleh air hujan dan genangan cenderung lebih licin. Karenanya, pentung untuk menyesuaikan tekanan ban sepeda, terutama untuk kamu pengguna roadbike. Pastikan ban sepeda kamu tidak gundul ketika digunakan di musim hujan. Supaya lebih aman, kurangi sedikit tekanan udara pada ban.
Pasang lampu sepeda
Cuaca mendung dan hujan yang turun kerap mengurangi atau mengganggu jarak pandang pengguna jalanan. Karenanya, lampu sepeda menjadi elemen penting yang harus kamu miliki saat bersepeda di musim hujan. Lampu sepeda membantu kamu lebih terlihat oleh pengendara lain sehingga bisa menjaga jarak aman.
Gunakan pakaian berwarna terang
Saatnya mengeluarkan jaket sepeda kamu yang paling terang warnanya. Cuaca yang mendung ditambah hujan gerimis bisa membuat jarak pandang berkurang. Selain mengandalkan lampu sepeda, kamu pun bisa menggunakan pakaian berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lainnya.
Jaga kecepatan
Resiko dari kondisi aspal yang basah dan genangan air bisa diminimalisir dengan setelan sepedayang tepat. Namun jangan lupa, aspek keamanan dan keselamatan juga menjadi tanggung jawab pesepeda. Satu hal yang harus diingat adalah selalu jaga kecepatan. Meskipun kamu terburu-buru karena sudah terlambat, tetaplah jaga kecepatan saat bersepeda. Musim hujan bukan hanya membuat kondisi jalanan berbeda, namun juga mengubah konsentrasi para pengendara. Jadi, "biar lambat, asal selamat" adalah satu slogan yang harus kamu ingat. Simak juga rekomendasi dan tips terkait bersepeda lainnya dalam artikel berikut ini: