icon
icon
article hero

7 Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Meninggalkan Rumah Dalam Keadaan Kosong

AvatarName

Tiara  •  Feb 23, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Biasanya, rumah kosong karena ditinggal mudik, jalan-jalan, ataupun evakuasi banjir dan karantina mandiri saat pandemi. Apapun alasannya, keamanan rumah harus selalu terjaga. Jika kamu berencana atau terpaksa meninggalkan rumah dalam keadaaan kosong, lakukan dulu beberapa hal berikut ini.
Kunci semua pintu dan jendela
Ini sudah pasti harus dilakukan. Bila perlu, ganti gembok yang biasa kamu gunakan dengan gembok baja. Selain itu, pastikan juga celah-celah di pintu dan jendela tertutup rapat agar tidak ada binatang liar atau serangga yang masuk saat rumah kosong.
Cabut gas dan peralatan listrik
Jangan pernah meninggalkan rumah kosong dengan gas yang masih terhubung dengan kompor. Cabut gas dan jauhkan dari tempat panas. Jika kamu pergi untuk waktu lama, kosongkan dan bersihkan lemari es, lalu cabut dan rapikan kabelnya. Lakukan hal yang sama untuk semua alat elektronik yang ada di rumah.
Lapor kepada pihak berwenang
Jangan lupa untuk melapor kepada ketua RT dan petugas keamanan setempat bahwa rumah kamu akan kosong selama beberapa waktu. Jelaskan kapan kamu akan kembali dan beri nomor kontak yang bisa dihubungi untuk kondisi darurat. Bila perlu, berikan kunci duplikat kepada pihak berwenang agar bisa digunakan dalam keadaan darurat.
Amankan barang berharga
Pergi sebentar ataupun lama, pastikan kamumenyimpan semua barang berharga di tempat yang aman. Ada baiknya jika kamu memiliki sebuah brankas untuk menyimpan barang berharga di rumah. Namun jika perjalanan kamu direncanakan sejak jauh hari, kamu bisa menggunakan jasasafe deposit box di bank untuk menyimpannya selama kamu pergi. Begitu pula dengan kendaraan bermotor. Jika kamu ragu untuk meninggalkannya di rumah, titipkan kendaraan di tempat aman atau di rumah kenalan yang kamu percaya.
Bersihkan rumah sebelum pergi
Satu hal yang kadang dilupakan adalah memastikan rumah dalam keadaan bersih ketika ditinggalkan. Dengan demikian, kamu tidak perlu bersih-bersih terlalu banyak ketika pulang. Selain itu, rumah yang bersih juga mencegah datangnya binatang dan serangga yang bisa merusak atau mengotori rumah.
Pasang CCTV
Mungkin inilah momen yang tepat untuk melengkapi rumah dengan sistem pengawasan kamera CCTV. Dengan demikian, kamu bisa mengontrol keamanan rumah kapan saja dan dari mana saja. Anggaplah ini sebagai sebuah investasi keamanan jangka panjang untuk tempat tinggal kamu.
Beri tanda seolah ada orang di rumah
Jika kamu meninggalkan rumah dalam waktu singkat, kamu pun bisa membuat tanda seolah ada orang di rumah. Hal ini dimaksudkan agar rumah kamu tidak menjadi incaran pencuri. Salah satu caranya adalah dengan memasang lampu otomatis yang akan menyala ketika hari gelap. Cara lain adalah dengan meletakkan beberapa pasang alas kaki di depan rumah yang mengisyaratkan bahwa ada orangdi dalam rumah. Simak juga tips berguna lainnya dalam artikel berikut ini: