icon
icon
article hero

6 Thrift Shop di Jakarta, Seru Buat Belanja Puas dan Murah

AvatarName

Tiara  •  Aug 05, 2021

icon

Apa itu thrift shop?

Thrift shop adalah istilah bagi tempat yang menjual barang bekas, khususnya pakaian. Praktik thrifting sendiri bukanlah hal yang baru. Thrift shop Jakarta dikenal sebagai salah satu alternatif tempat belanja murah barang impor dengan kualitas yang masih terbilang layak. Seiring dengan berjalannya waktu, thrift shop bukan lagi soal barang murah, namun juga terkait dengan isu lingkungan. Thrifting dianggap sebagai salah satu cara untuk memperpanjang usia pakai barang dan mengurangi limbah fashion. Kini, thrift shop Jakarta bukan hanya identik dengan barang bekas murah. Sejumlah komunitas pun ramai-ramai memperjualbelikan barang fashion mewah. Jika kamu ingin mencoba thrifting, coba saja mampir ke beberapa thrift shop Jakarta ini.

Pasar Senen

Kredit: @widhakarina Thrift shop Jakarta Pusat ini merupakan salah satu yang paling legendaris. Lokasinya sudah berkali-kali pindah, bahkan bangunannya pun sempat terbakar. Namun, thrift shop ini tetap ramai dikunjungi. Di Pasar Senen, kamu bisa menemukan semua jenis pakaian bekas. Mayoritas barang di sini berasal dari luar negeri. Jadi, ukurannya mungkin akan sedikit berbeda dengan pakaian yang biasa kamu beli. Jika beruntung, kamu bahkan bisa menemukan pakaian bermerek mahal!

Pasar Santa

Kredit: @laidbackbluesrecordstore Jika kamu ingin thrifting yang lebih terkurasi dengan tema tertentu, cobalah mampir ke Pasar Santa, Jakarta Selatan. Pakaian bernuansa vintage, jersey olahraga, sampai kaus band bisa kamu temukan di sini. Menariknya, ada berbagai jenis thrift shop di Pasar Santa. Selain pakaian, ada pula piringan hitam, sepatu, sampai dekorasi rumah bergaya jadul. 

Pasar Baru

Kredit: @pasarbaruofficial Mirip dengan Pasar Senen, thrift shop Jakarta yang ada di Pasar Baru, Jakarta Pusat ini juga menyediakan aneka pakaian bekas. Bedanya, barang yang ada di sini sudah terkurasi dan disusun rapi. Jadi, jangan heran jika harganya sedikit lebih tinggi. Salah satu pakaian yang paling dicari di thrift shop seperti ini adalah jaket musim dingin. Biasanya, jaket atau mantel ini dicari oleh orang yang akan liburan ke luar negeri di musim dingin.

Jalan Surabaya

Kredit: Jakarta Tourism Pasar antik Jalan Surabaya adalah salah satu thrift shop Jakarta paling populer. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1970 dan tetap menjadi tujuan utama para penggemar barang vintage. Di sini, kamu bisa menemukan aneka barang antik, mulai dari lukisan, piringan hitam, alat elektronik, arloji, sampai aneka dekorasi rumah.

Stasiun Kebayoran Lama

Kredit: @onthel_kebagusan Jika kamu mencari thrift shop dengan nuansa yang lebih merakyat, silakan mampir ke Stasiun Kebayoran Lama, tepatnya di bawah jalan layangnya. Di sini, kamu bisa menemukan pasar kaget yang menjual aneka barang bekas. Bukan hanya sepatu dan pakaian, banyak juga barang elektronik, jam, kamera, sampai barang antik! 

Vintage Vibes

Kredit: @jawsmic Bergeser sedikit ke kawasan Alam Sutera, ada thrift shop Vintage Vibes yang bisa kamu kunjungi. Di sini, kamu bisa membeli pakaian, furnitur, alat olahraga, sampai perlengkapan bayi! Semua yang dijual di toko ini telah melalui proses kurasi dan dipastikan masih layak pakai. Selain membeli, kamu pun bisa menjual barang kamu di toko ini. Tempatnya juga Instagramable banget! Simak juga rekomendasi belanja di Jakarta lainnya dalam artikel berikut ini:

Paling Lengkap! Ini Rekomendasi Cafe Instagramable Seantero Jakarta

Bosan Beli yang Itu-itu Saja? Coba Belanja di 7 Supermarket Ini!

5 Mall Baru di Jakarta, Makin Banyak Pilihan untuk Hang Out!

Ramah Lingkungan, Belanja Bebas Limbah di 4 Bulk Store Jakarta Ini