icon
icon
article hero

5 Rekomendasi Tempat Wisata Di Kawasan Timur Jakarta, Mulai Dari Seribu Rupiah!

AvatarName

Shafa Rana Nusaibah  •  May 06, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Berencana untuk berlibur di sekitar Jakarta Timur? Sebagai kawasan padat penduduk dengan tingkat kesibukan yang cukup tinggi, Jakarta Timur menawarkan destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya di DKI Jakarta. Jika kamu ingin mampir ke Jakarta Timur, cobalah untuk mampir ke tempat wisata berikut ini!
1. Taman Mini Indonesia Indah
Salah satu tempat wisata yang terkenal di Jakarta Timur adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Taman wisata seluas 150 hektar ini merupakan ikon wisata Jakarta Timur yang memiliki banyak sekali aktivitas wisata yang sarat akan nilai-nilai budaya. Disini kamu bisa melihat sajian budaya yang berasal dari 26 provinsi di Indonesia. Mulai dari rumah adat, baju tradisional, hingga tarian daerah yang bisa kamu lihat di TMII. Berlokasi di Jl. Taman Mini Indonesia Indah RT.7/RW.2, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. TMII Buka setiap hari sejak pukul 07.00 - 16.00 dengan harga tiket Rp 20.000 - Rp 57.000 per orangnya.
2. Taman Anggrek Indonesia Permai
Bagi kamu pecinta tanaman, cobalah untuk datang ke tempat berikut ini. Berlokasi di Jl. Taman Mini Indonesia Indah No.I, RT.4/RW.2, Pinang Ranti, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Taman Anggrek Indonesia Permai menyimpan ratusan koleksi anggrek dari seluruh penjuru dunia.  Mulai dari anggrek kala hingga anggrekbulan bisa kamu temui disini. Selain melihat koleksi anggrek, kamu juga bisa belajar bagaimana cara merawat anggrek dengan baik langsung dari profesional. Taman ini buka dari pukul 08.00 - 15.00 dengan harga tiket yang cukup murah yaitu hanya seribu rupiah per orang!
3. Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptil
Masih berada di kawasan TMII, ada satu tempat wisata yang tidak boleh kamu lewati yaitu Museum Fauna Indonesia. Museum dengan bentuk bangunan menyerupai komodo ini menyimpan berbagai koleksi replika fauna khas Indonesia seperti cendrawasih, harimau sumatera, dan lain sebagainya. Museum ini memiliki jam operasional yang sama dengan TMII yaitu dari pukul 07.00 - 16.00 dengan harga tiket Rp 10.000, museum ini buka dari hari Selasa hingga Minggu.
4. Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu
Objek wisata lainnya di kawasan TMII yang tidak boleh kamu lewati yaitu Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu. Ditempat ini kamu bisa melihat koleksi awetan 600 jenis serangga mulai dari kupu-kupu hingga spesies kumbang yang langka! Selain melihat koleksi spesies serangga, kamu juga bisa mempelajari banyak hal tentang kupu-kupu dan serangga mulai dari peranannya dalam ekosistem hingga peta persebaran kupu-kupu di Indonesia. Museum ini buka setiap hari dari pukul 09.00 - 17.00 dengan harga tiket masuk yang relatif murah yaitu hanya Rp 10.000 perorangnya. Harga tiket ini juga sudah termasuk tiket masukke Museum Air Tawar dan Serangga.
5. Monumen Pancasila 
Siapa sangka, ternyata kawasan Jakarta Timur juga memiliki situs bersejarah yaitu Monumen Pancasila yang terletak di Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.  Monumen ini merupakan monumen yang bersejarah yang menjadi saksi bisu pemberontakan G30S PKI di Jakarta. Monumen ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 - 16.00 dengan harga tiket sebesar empat ribu rupiah saja. Monumen ini berdiri diatas lahan seluas 9 hektar. Di sekitar monumen ini, kamu bisa menemukan banyak museum yang menceritakan tentang tragedi G30S PKI seperti Museum Pengkhianatan PKI, Museum Paseban, dan masih banyak lagi. Simak juga informasi destinasi liburan dan rekomendasi Lebaran lainnya dalam artikel berikut ini: