icon
icon
article hero

8 Pulau Paling Indah di Malaysia untuk Bucketlist Liburan 2021

AvatarName

Tiara  •  Jan 25, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Artikel ini adalah terjemahan. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulis oleh Cheng Sim di halaman ini. Ketika menyebut liburan ke Malaysia, Kuala Lumpur dan Penang mungkin menjadi dua nama yang pertama kali terlintas. Padahal, ada begitu banyak pulau cantik di Malaysia yang layak dijadikan destinasi wisata. Meski kini kita belum bisa terbang ke luar negeri, tidak ada salahnya untuk tetap mencari inspirasi liburan. Berikut ini adalah beberapa pulau di Malaysia yang bisa memenuhi dosis vitamin sea yang telah lama kamu rindukan.
Pulau Perhentian, Terengganu
Gugusannya terdiri dari Pulau Perhentian Besar dan Pulau Perhentian Kecil. Pasirnya yang putih dan suasananya yang damai membuat pulau ini menjadi langganan untuk wisatawan berlibur. Terumbu karang di sekitarnya pun menjadi rumah bagi satwa laut yang lucu dan bisa dilihat sambil berenang. Waktu terbaik untuk berkunjung: Bulan Maret hingga November Cara menuju ke sana: Naik speed boat (40 menit) atau kapan (90 menit) dari Kuala Besut ke Pulau Perhentian.
Pulau Rawa, Johor
Pemandangannya indah dengan sinar matahari yang hangat, Pulau Rawa adalah tempat yang tepat untuk kamu yang suka snorkeling, windsurfing, dan kayaking. Kamu juga bisa trekking mengikuti Island Walk Trail di sekitar pulau untuk melihatmatahari terbenam. Salah satu daya tarik utama di pulau ini adalah perosotan besar yang langsung berakhir di lautnya yang biru.Waktu terbaik untuk berkunjung: Bulan Maret hingga September Cara menuju ke sana: Naik ferry atau kapal dari Mersing ke Pulau Rawa.
Pulau Tenggol, Terengganu
Berlokasi di pesisir Terengganu, pulau ini cocok untuk kamu yang menjauh dari keramaian selama liburan. Meski ukurannya kecil, pulau ini dikenal sebagai salah satu spot scuba diving dan snorkeling terbaik di sekitarnya. Selain aneka ikan dan penyu, kamu pun bisa bertemu dengan paus raksasa jika beruntung. Ada tiga resort yang bisa kamu singgahi di Pulau Tenggol. Waktu terbaik untuk berkunjung: Bulan Maret hingga Oktober Cara menuju ke sana: Naik kapal selama 30 menit dari Aking Dungun Jetty ke Pulau Tenggol
Pulau Mabul, Sabah
Mulailah petualangann kamu di pesisir timur Malaysia dengan mengunjungi Sabah. Pulau Mabul dikenal sebagai salah satu spot menyelam terbaik di Sabah. Di sini, kamu bisa menginap di villa terapung dan menikmati pemandangan lautan langsung dari depan kamar. Waktu terbaik untuk berkunjung: Bulan Maret hingga Oktober Cara menuju ke sana: Naik pesawat dari Kuala Lumpur ke Tawau, lalu atur janji penjemputan menuju Semporna. Dari sana, naik speedboat selama 45 menit menuju Pulau Mabul.
Bohey Dulang, Sabah
BoheyDulang merupakan bagian dari sebuah bekas kawah vulkanik. Fenomena alam ini menyusakan pemandangan indah berupa pulau-pulau kecil dan perairan berwarna biru. Keindahannya bisa kamu nikmati dari puncak datarannya yang berada di ketinggian 353 meter di atas permukaan laut. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan menyelam agar kamu bisa menikmati keindahannya dari bawah laut!Waktu terbaik untuk berkunjung: Bulan Februari hingga April Cara menuju ke sana: Dari Bandara Tawau, naik mobil selama satu jam menuju Semporna, lalu naik kapal selama 30 menit untuk tiba di pulau ini.
Pulau Lankayan, Sabah
Tidak tanggung-tanggun, pulau ini punya 14 titik penyelaman dengan kekayaan alam bawah laut yang mempesona. Selain melihat terumbu karang dan aneka ikan, kamu pun bisa bertemu dengan paus (jika kamu beruntung!) pada sekitar bulan Maret dan Mei. Lankayan Island Dive resort merupakan satu-satunya resort di pulau ini dan kamu pun bisa puas bermain air dengan berenang, naik kayak, ataupun sekadar bersantai di pantai. Waktu terbaik untuk berkunjung: Bulan Maret hingga Oktober Cara menuju ke sana: Terbanglah ke Bandara Sandakan dan naik taksi ke Sandakan Jetty, lalu naik kapal selama 90 menit menuju Pulau Lankayan.
Pulau Dayang, Johor
Pulau ini berada di pesisir timur Johor dan merupakan pulau terbesar kedua di Johor Marine Park. Selainpopuler sebagai tempatsnorkeling dan diving, pulau ini juga merupakan rumah bagi ikan marlin hitam yang tersohor! Kamu bisa melihat lebih dekat Pulau Dayang dengan menyimak pengalaman kontributor HHWT di halaman ini. Waktu terbaik untuk berkunjung: Bulan April hingga September Cara menuju ke sana: Naik kapal selama dua jam dari Mersing Jetty
Pulau Jerejak, Penang
Meski tidak sepopuler pulau lainnya, pulau yang berada di pesisir timur Penang ini terkenal akan suasananya yang warna warni dan Instagramable. Selain dermaganya yang berwarna-warni, mampir juga ke beberapa spot di pulau ini yang didekorasi dengan payung berwarna cerah. Selain itu, kamu pun bisa menikmati pulau ini dengan bersepeda dan trekking. Waktu terbaik untuk berkunjung: Sepanjang tahun Cara menuju ke sana: Naik ferry selama sepuluh menit dari Penang Island Jetty Simak juga destinasi pantai dan pulau di Indonesia yang tidak kalah cantik dalam artikel berikut ini: