icon
icon
article hero

15 Hal Unik yang Bisa Kamu Lakukan di Jogja Tahun 2021

AvatarName

Tiara  •  Dec 30, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Tahun 2021 bisa menjadi waktu yang lebih baik untuk liburan ke Jogja. Selain kamu bisa mempersiapkannya dengan lebih matang, ada banyak tempat wisata di Jogja baru nan unik yang bisa kamu coba di sana tahun 2021 ini. Sambil menyusun itinerary, masukkan saja aktivitas dan tempat wisata di Jogja ini supaya liburan kamu semakin menyenangkan. P.S. Beberapa informasi ini juga akan berguna untuk kamu! :)
1. Caving Gua Jomblang
Tempat wisata alam di Jogja ini dikenal memiliki 'cahaya surga' karena sinar matahari yang masuk dari bukaan gua yang ada di atas. Bukaan ini juga sekaligus menjadi pintu masuk gua. Betul, kamu harus memasukinya secara vertikal dengan tali harness. Namun jangan khawatir, aspek keamanan menjadi faktor utama di tempat ini.
2. Naik Paralayang di Watu Gupit
i Bukit Paralayang Watugupit, kamu bisa mencoba sensasi terbang bebas dengan pemandangan bukit dan pantai selatan. Kamu pun tidak perlu punya pengalaman khusus karena kamu akan ditemani oleh pilot tandem selama terbang. Cukup siapkan nyali untuk mencoba wisata alam ekstrim ini.
3. Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo
 Untuk kamu yang ingin mencoba pengalaman berselancar, kamu bisa datang ke gumuk pasir Yogyakarta untuk mencoba sandboarding. Di sini, kamu bisa meluncur dari gundukan pasir setinggi 7 meter dengan sebilah papan. Sensasi wisata alamdi Jogja ini kurang lebih mirip dengan berselancar di ombak, hanya saja kamu tidak perlu berbasah-basahan.
4. Piknik dengan campervan
Piknik di Jogja dengan sewa campervan adalah pengalaman yang patut dicoba. Tidak perlu khawatir kerepotan, sewa campervan Jogja ini sudah melengkapi mobilnya dengan semua yang kamu butuhkan. Mulai dari kasur, tenda, hingga alat masak dan perlengkapan api unggun. Kamu hanya perlu menghubungi tempat sewa campervan Jogja dan mereka akan melayani semua kebutuhan piknik kamu.
5. Uji nyali makan pedas di oseng mercon Bu Narti
Kuliner malam di Jogja berbahan dasar daging dan lemak sapi ini wajib dicoba oleh pecinta makanan pedas. Setiap harinya, Bu Narti menghabiskan hingga 10 kilogram cabai untuk memasak oseng mercon. Rasanya yang pedas dan sedap gurih inilah yang membuatnya bertahan sejak tahun 1960. Berani makan pedas di sini? #HHWT Tip: Kamu pun bisa membeli oseng mercon kemasan kaleng sebagai oleh-oleh.
6. Piknik sambil foto-foto di De Mangol
 Baru dibuka Desember 2019 lalu, semua unsur di tempat wisata ini memenuhi syarat untuk menjadi tempat wisata Instagramable di Jogja yang juga nyaman untuk semua umur. Kombinasi makanan lezat, panorama indah, dan udara yang sejuk otomatis menjadi magnet utama tempat ini. Simak ulasan De Mangol selengkapnya di halaman ini.
7. Menikmati suasana resort ala Bali di Gunung Kidul
Queen of The South Jogja menyajikan pemandangan pantai pesisir selatan Pulau Jawa dari ketinggian. Dari kejauhan, sudah terlihat spot paling menarik di resort ini, yakni infinity pool yang menghadap langsung ke laut lepas. Kolam ini juga menjadi spot favorit untuk berfoto dan menjadi salah satu 'tersangka' yang membuat banyak orang mengira resort ini berada di Bali!
8. Menginap di hotel gipsi
Selalu ada suasana berbeda yang bisa kamu temukan ketika menginap di Jogja. Mulai dari hotel bergaya tradisional, resort alam, sampai homestay yang terasa seperti rumah sendiri. Jika kamu punya rencana menginap di Jogja untuk liburan nanti, coba deh menginap dengan suasana gipsi di La Luna Resort Jogja.
9. Berendam di onsen
YATS Colony Jogja adalah hotel langganan selebritis. Selain karena suasananya yang sejuk, tentu saja karena penampilannya yang artistik. Berbagai mural karya seniman pun terlihat menghiasi beberapa area hotel dan jadi tempat favorit untuk berfoto para tamu. Beberapa spot paling instagramable di sini adalah kolam renang dan onsen alias kolam air panas ala Jepang-nya!
10. Keliling dunia dengan biaya Rp 20.000
Untuk kamu yang punya rencana ke Eropa atau Amerika tahun ini tapi terkendala pandemi, cukup datang ke Merapi Park Jogja . Di Merapi Park Jogja, kamu bisa melihat belasan landmark dari seluruh dunia. Mulai dari menara Eiffle, kincir Belanda, hingga patung Liberty Amerika, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000. 
11. Bersantai di villa private pool
Bagaimana kalau kali ini kamu memboyong keluarga untuk menginap di villa murah di Jogja dengan private pool? Selain tidak perlu berinteraksi dengan orang asing, kamu sekeluarga juga bisa menikmati quality time sambil berenang. Untuk mulai perencanaanya, pilih saja salah satu dari beberapa villa murah di Jogja dengan kolam renang yang bisa kamu pertimbangkan.
12.  Glamping di tengah alam
Glamping Jogja kini tengah naik daun. Berbagai lokasi glamping yang asri dan fotogenik pun semakin sering bersliweran di media sosial. Glamping Jogja memang bisa menjadi pilihan menginap yang seru dan berbeda saat liburan. Supaya kamu lebih mudah memilih tempatnya, baca dulu halaman ini.
13. Wisata selfie 
Kini semakin banyak tempat Instagramable di Jogja yang menyediakan spot foto unik. Bukan hanya mengandalkan pemandangan alamnya, pengelola tempat wisata pun tidak segan membangun tempat berfoto khusus untuk para wisatawan. Sebelum berangkat, simak dulu contekan tempat Instagramable di Jogja yang bisa menjadi pilihan.
14. Menjelajahi pantai tersembunyi
Pesisir selatan Jogja, tepatnya di kawasan Gunung Kidul adalah 'markas' beberapa pantai bagus di Jogja. Bukan hanya Pantai Baron dan Indrayanti, ternyata banyak pantai tersembunyi di Jogja yang belum banyak diketahui orang di wilayah ini. Kamu bisa jadi orang pertama yang berkunjung ke sini di antara teman-temanmu! 
15. Membeli buah tangan unik
Mencari oleh-oleh khas Jogja memang bukan hal yang sulit. Cukup datang ke salah satu pusat oleh-oleh khas Jogja dan kamu bisa menemukan hampir semua yang kamu cari. Namun, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan varian yang lebih beragam jika datang langsung ke daerah penghasil oleh-oleh tersebut seperti yang ada di halaman ini. Sebelum kamu berangkat, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan membaca sejumlah informasi dalam artikel berikut ini: