icon
icon
article hero

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Pusat Untuk Mengisi Libur Lebaran

AvatarName

Shafa Rana Nusaibah  •  May 06, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Setiap area di Jakarta memiliki keunikan tersendiri. Jakarta Pusat terkenal dengan pusat perkantoran dan pemerintahan serta pemukiman yang sudah ada sejak era Belanda. Kamu bisa menjelajah setiap lokasi dan tempat di Jakarta Pusat dengan mudah.
Meskipun begitu, Jakarta Pusat juga memiliki banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Mulai dari museum kekinian hingga ruang terbuka hijau!  Jika kamu ingin berlibur di bilangan Ibukota khususnya Jakarta Pusat, cobalah untuk mampir ke tempat - tempat yang direkomendasikan oleh tim HHWT berikut ini!
1. MOJA Museum
Moja Museum sempat menjadi salah satu hot spot di Jakarta pada masa sebelum pandemi. Museum ini dipenuhi instalasi warna-warni yang Instagramable. Museum ini berlokasi di GBK Pintu Biru (Zona 8). Untuk menuju ke sana, kamu cukup datang ke kawasan GBK, lalu berjalan kaki menuju area bundaran GBK. Di Zona 8, kamu akan melihat pintu berwarna biru bertuliskan "Moja Art & Space". Moja Museum membagi jam operasionalnya menjadi tiga sesi dengan kapasitas pengunjung terbatas. Sesi pertama dimulai pukul 11.00-13.30, sesi kedua pukul 14.00-16.30, dan sesi terakhir pukul 17.00-19.30.  Harga tiketnya terbagi menjadi dua, yakni Rp 110.000 untuk weekday, sementara untuk weekendtiketnya dibanderol Rp 125.000. Satu tiketini berlaku untuk masuk dalam satu sesi berdurasi 2,5 jam.
2. Museum Nasional
Nama lainnya adalah Museum Gajah karena ada patung ganesha di bagian depan. Museum ini adalah sebuah museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi. Disini kamu bisa menemukan banyak sekali koleksi terkait sejarah Indonesia dan beberapa artefak dunia.  Berlokasi di pusat kota tepatnya Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Museum ini akan sangat mudah untuk kamu temukan. Museum ini buka sejak pukul 08.00 - 16.00 dengan harga tiket Rp 5000 per orang. 
3. Monumen Nasional (MONAS)
Berkunjung ke Kota Jakarta rasanya tidak lengkap kalau belum melihat MONAS secara langsung. Ikon kota Jakarta ini terletak di Gambir, Jakarta Pusat.  Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Monas, jangan lupa untuk memasuki ruangan dalam Monas. Didalamnya terdapat diorama sejarah Indonesia dan kamu juga bisa naik hingga ke bagian puncak monumen Nasional.  Di sana, akan terlihat suasana Kota Jakarta dari ketinggian puncak Monas. Akses untuk menuju ke Tugu Monumen Nasional juga sangat mudah. Bahkan, ada banyak sekali transportasi umum yang melintasi kawasan Monumen Nasional ikon Jakarta tersebut.
4. Taman Ismail Marzuki
Tempat wisata yang menyajikan hiburan rakyat dan pertunjukkan yang patut dikunjungi adalah Taman Ismail Marzuki. Sesuai dengan namanya, taman ini mulai dibangun dan berkembang menjadi sebuah wadah pertunjukan seni,pendidikan, dan kebudayaan lainnya. Berlokasi di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Taman Ismail Marzuki memiliki bentuk yang berbeda dengan taman lainnya. Alih-alih dihiasi dengan tanaman hijau, taman ini banyak didominasi oleh bangunan bangunan seni yang di depannya ada taman ditata rapi dan nyaman. Ketika kamu berkunjung ke Taman Ismail Marzuki, kamu akan melihat spot dan bangunan khusus yang berfungsi sebagai tempat pertunjukkan. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi spot edukasi planetarium dan perpustakaan yang sudah disediakan pihak pengelola
5. Taman Menteng
Taman Menteng DKI Jakarta Pusat ini memiliki bentuk segi empat dengan luas sekitar 2 hektar. Wisata Taman Menteng sangat cocok dikunjungi bagi yang ingin berolahraga atau sekedar berjalan jalan. Baru baru ini, pemerintah pusat bersama Presiden Joko Widodo melengkapi fasilitas Taman Menteng dengan tambahan akses internet berupa WIFI gratis. Akses tersebut diberikan secara gratis bagi setiap pengunjung Taman Menteng. Simak juga rekomendasi seputar libur Lebaran berikut ini: