icon
icon
article hero

Wajib Mampir: 7 Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur

AvatarName

Tiara  •  Sep 29, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Candi Borobudur telah dibuka kembali dan disambut antusias oleh wisatawan. Terbukti dari kuota pengunjung yang selalu penuh setiap harinya. Usai mengunjungi candi (atau kalau kamu tidak kebagian kuota kunjungan), kamu bisa mampir ke tempat wisata dekat Borobudur. Mulai dari menikmati suasana alam sampai belajar tentang sejarah nenek moyang, tempat wisata dekat Borobudur ini siap memperkaya pengalaman liburan kamu di Magelang.
Svargabumi
Tempat wisata dekat Borobudur ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer ke arah selatan Candi Borobudur. Lokasinya pun mudah ditemukan, tepatnya di area persawahan dekat Dusun Ngaran dan Dusun Gopalan. Tak kurang dari 20 spot berfoto ada di tempat ini dan salah satu yang menarik adalah sebuah ayunan yang menghadap ke hamparan sawah. Sekilas, pemandangan ini mengingatkan kita akan ayunan di Ubud, Bali. Kamu bisa melihat lebih dekat Svargabumi di halaman ini.
Museum Kapal Samudraraksa
Museum ini adalah tempat wisata dekat Borobudur yang masih berada di kompleks yang sama. Di museum ini, kamu bisa melihat Kapal Samudra Raksa yang telah direkonstruksi dalam ukuran aslinya. Kapal ini berasal daei dinasti Syailendra dan tersurat di sejumlah relief Candi Borobudur. Di sini pun kamu bisa mengenal sejarah kemaritiman Nusantara lewat wahana interaktif.
Gereja Ayam Bukit Rhema
Sejatinya, tempat wisatadekat Borobudur ini adalah tempat ibadah bagi siapa saja. Di dalamnya juga ada mushola untuk umat Muslim yang ingin beribadah saat berkunjung ke sini. Lokasinya berada di Bukit Menoreh dan dikelilingi rimbunnya pepohonan hijau dan udara yang sejuk. Tempat ini semakin populer sejak muncul dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Kamu pun bisa naik kerooftop bangunan ini untuk melihat pemandangan Candi Borobudur dari kejauhan.
Rafting Sungai Elo
Siapa bilang tempat wisata dekat Borobudur tidak ada yang memacu adrenalin? Sungai Elo adalah lokasi rafting favorit di Magelang. Ada banyak operator wisata yang menawarkan paket rafting di Sungai Elo, lengkap dengan semua alat dan pemandunya. Rata-rata jalur rafting yang ditempuh adalah sekitar 10-11 kilometer dan bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 2 jam.
Balkondes Candirejo
Kamu bisa menjadi warga lokal sehari ketika berkunjung ke Balai Konservasi Desa (Balkondes) Candirejo. Desa wisata dekat Borobudur ini menawarkan sejumlah aktivitas menarik. Kamu bisa bersepeda keliling desa atau naik delman sambil menikmati alam Magelang. Jika datang dan menginap di waktu yang tepat, kamu pun bisa menyaksikan sejumlah ritual tradisional masyarakat desa seperti upacara nyadran, jathilan, dan menoreh. Ada pula sejumlah kerajinan tangan lokal yang bisa kamu beli langsung dari produsen di desa ini.
Candi Mendut 
Kalau belum puas melihat candi, kamu jugabisa mampir ke Candi Mendut yang berada tidak jauh dari Candi Borobudur. Tempat wisata dekat Borobudur ini berjarak sekitar 4 kilometer dan merupakan salah satu candi Buddha yang juga dibangun pada dinasti Syailendra. Hingga saat ini Candi Mendut pun masih digunakan sebagai tempat upacara keagamaan.
Candi Pawon
Serupa tapi tak sama, Candi Pawon juga menjadi tempat wisata dekat Borobudur yang sering dikunjungi. Ketiga candi ini berada dalam satu garis lurus, sehingga diyakini memiliki kaitan yang erat satu sama lain. Sudah kangen ke Borobudur? Ada berbagai cara agar kunjungan kamu ke sana lebih berkesan. Simak beberapa panduannya dalam artikel berikut ini: