icon
icon
article hero

5 Tempat Wisata di Borobudur (Selain Candi) yang Masih Bisa Kamu Kunjungi

AvatarName

Tiara •  Nov 15, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Wisata Borobudur masih menjadi favorit wisatawan, baik yang berasal dari kawasan setempat maupun daerah lainnya. Namun, kini Candi Borobudur menerapkan sistem pembatasan jumlah pengunjung sehingga kamu mungkin harus menunggu beberapa saat sebelum bisa masuk ke dalam area candi. Jangan khawatir, kamu tetap bisa bersenang-senang sambil menunggu jadwal masuk candi. Caranya, dengan memasukkan beberapa tempat wisata di dekat Candi Borobudur ini ke dalam itinerary.
Svargabumi
Tempat wisata dekat Borobudur ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer ke arah selatan Candi Borobudur. Lokasinya pun mudah ditemukan, tepatnya di area persawahan dekat Dusun Ngaran dan Dusun Gopalan. Tak kurang dari 20 spot berfoto ada di tempat ini dan salah satu yang menarik adalah sebuah ayunan yang menghadap ke hamparan sawah. Sekilas, pemandangan ini mengingatkan kita akan ayunan di Ubud, Bali. Kamu bisa melihat lebih dekat Svargabumi di halaman ini.
Museum Kapal Samudra Raksa 
Di museum ini, kamu bisa melihat Kapal Samudra Raksa yang telah direkonstruksi dalam ukuran aslinya. Kapal ini berasal dari dinasti Syailendra dan tersurat di sejumlah relief Candi Borobudur. Di sini pun kamu bisa mengenal sejarah kemaritiman Nusantara lewat wahana interaktif. Karena lokasinya berada di dalam kompleks candi, tempat wisata ini bisa kamu kunjungi sambil menunggu giliran untuk masuk ke area Candi Borobudur.
Piknik di Dagi Abhinaya 
Sebelum mulai berwisata di Candi Borobudur, tidak ada salahnya untuk menikmati suasana pagi sambil piknik. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengambil paket piknik sarapan di Dagi Abhinaya dari Manohara Hotel. Kamu akan menyantap sarapan khas Manohara Resto di tengah suasana terbuka dan pemandangan Candi Borobudur. Sebagai gambaran bagaimana serunya piknik sarapan di Dagi Abhinaya, kamu bisa melihat video di atas. Hubungi nomor telepon +62293 718 1194 atau Instagram Dagi Abhinaya untuk informasi lebih lanjut.
Wisata Gethek Bambu
Wisata dekat Candi Borobudur ini memang menawarkan pengalaman yang berbeda. Di sini, kamu akan diajak menyusuri Sungai Progo dengan gethek bambu. Wisata Gethek Bambu ini akan mengajak kamu menyusuri Sungai Progo yang tenang dan menikmati pemandangan hijau di kanan kirinya. Salah satu momen terbaik yang bisa kamu nikmati di sini adalah panorama matahari terbenam yang keemasan memantul di permukaan air. Selain pemandangannya lebih cantik, wisata ini juga lebih nyaman dilakukan pada pagi atau siang hari karena sinar matahari tidak terlalu panas.
Borobudur Sunrise
Menikmati kemegahan Candi Borobudur mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana kalau menikmati pemandangan matahari terbit di Candi Borobudur? Selain menikmati panorama Candi Borobudur yang megah, kamu pun bisa menyaksikan sang matahari mengintip dari ufuk timur dan menyinari alam Magelang yang asri dengan sinarnya yang keemasan. Tidak perlu bingung, pengalaman sunrise Borobudur ini bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Bagaimana, sudah siap kembali berkunjung ke Candi Borobudur? Ke mana pun kamu pergi, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ya. Simak juga rekomendasi wisata di sekitar Yogyakarta, Magelang, dan Jawa Tengah dalam artikel berikut ini: