icon
icon

15 Ide Liburan Seru di Bogor dan Sekitarnya untuk Berakhir Pekan di 2021

AvatarName

Tiara  •  Dec 31, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Setiap minggunya, ada saja tempat wisata baru di Bogor. Otomatis, pilihan untuk berwisata di Kota Hujan pun semakin banyak. Bukan hanya dikenal karena Kebun Raya atau oleh-oleh talasnya, liburan di Bogor tahun 2021 semakin beragam. Mulai dari wisata alam sampai yang bernuansa artistik dan Instagramable, berikut adalah keseruan yang bisa kamu dapatkan di Bogor tahun ini. P.S. Beberapa informasi ini juga akan berguna untuk kamu! :)
1. Nonton film di alam terbuka
Wisata baru di Bogor ini berada di New Panjang Jiwo Resort. Camping Cinema Panjang Jiwo digelar di area terbuka dan penonton bisa duduk di dalam tenda untuk menikmati film yang diputar. Sambil nonton film, kamu pun bisa memesan makanan dan minuman dari Panjang Jiwo untuk dinikmati di dalam tenda.
2. Trekking di Sentul
Dengan lokasi yang tak jauh dari Jakarta, kamu bisa menjelajah alam mulai dari pesawahan sampai air terjun di Sentul. Asyiknya, kamu bisa memilih sendiri paket sesuai durasi dan tingkat kesulitan. Simak beberapa rute trekking yang tersedia beserta harganya di halaman ini.
3. Bermain di curug
Wisata alam di dekat Jakarta ini semakinbanyak diminati. Selain karena mudah dijangkau, biayanya pun relatif murah. Setidaknya ada limacurug di Sentul yang sering didatangi wisatawan. Jumlah ini pun belum termasuk curug-curug kecil yang berada di sekitarnya.
4. Menikmati pemandangan "gerbang surga"
Kredit: Mandapa Kirana Resort Meski tidak semegah aslinya, spot Instagramable di Sentul ini cukup mengobati kerinduan akan pemandangan Bali. Jika versi aslinya gerbang semakin indah dengan trik fotografi, gerbang di Mandapa Kirana Sentul ini semakin indah dengan kehadiran kolam renang di depannya. Ketika cuaca sedang baik, kamu bisa mendapatkan pemandangan Gerbang Surga dengan latar belakang perbukitan hijau dan birunya air kolam.
5. Off road naik jip
Penasaran rasanya naik jip dan mengarungi medan ekstrim? Kamu bisa mencobanya di Jeep Station Indonesia Resort Bogor. Sesuai namanya, kamu bisa naik mobil jip dan menyusuri jalur berbatu di alam terbuka di sini. Selain tur off road, kamu pun bisa berkemah, menikmati api unggun, hingga bermain paint ball!
6. Menginap di tenda Mongolia
Menggabungkan gaya barat dan timur, tempat glamping di Bogor ini berada di kaki Gunung Salak. Kamu bisa menginap di tenda ala Mongolia dan Indian sambil menghirup udara segar dan asri. Inilah alternatif yang tepat untuk kamu yang ingin berkemah namun ingin tetap nyaman. Deretan tenda putih di sini juga jadi pemandangan unik tersendiri yang Instagramable!
7. One day trip
Selain dekatdari ibukota dan mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi, kota Bogor juga punya banyak hal yang bisa dieksplor. Tidak perlu lama-lama, cukup luangkan satu hari dari pagi sampai senja untuk menjelajahi kota hujan. Percaya tidak percaya, kamu hanya butuh Rp 200.000 untukwisata murah seharian di kota Bogor!
8. Menginap di villa ala Eropa
Kalau kamu ingin merasakan suasana Eropa di Sentul, menginaplah di Edensor Hills. Hotel di Sentul Bogor ini berada di perbukitan Sentul dengan pemandangan Air Terjun Bidadari dan dekat dengan Jungle Land Adventure Theme Park. Selain pemandangan hijau yang indah, eksteriornya adalah daya tarik tersendiri yang membuatnya Instagramable! Salah satu spot favorit untuk berfoto di sini adalah di depan bangunan villa yang temboknya tertutup tanaman rambat berbunga yang cantik.
9. Mencicipi Ubud di Bogor
Kalau kamu ingin staycation dengan suasana yang berbeda, mungkin sudah saatnya kamu mencoba menginap di hotel nuansa Bali di Bogor. Betul, kamu bisa menikmati atmostif Pulau Dewata hanya dengan berkendara sekitar satu jam dari Jakarta. Jaraknya dekat dan suasananya unik, hotel nuansa Bali di Bogor patut kamu masukkan ke dalam wishlist untuk staycation nanti!
10. Camping di alam terbuka
Selain curug, camping grounddi Bogor adalah salah satu lokasi liburan langganan wisatawan. Berkemah di alam terbuka memang menjadi alternatif yang menarik. Bukan hanya menghirup udara segar, berkemah juga mengasahkemandirian dan membuat kita lebih mengenal alam. Tinggal pilihcamping ground di Bogor mana yang paling cocok dengan kamu.
11. Mengeksplor Gunung Pancar
Wisata Gunung Pancar merupakan salah satu pililhan favorit untuk berakhir pekan. Lokasinya mudah dijangkau, udaranya sejuk, dan pemandangannya indah. Itulah beberapa alasan yang membuat wisata Gunung Pancar begitu digemari. Cukup luangkan waktu seharian atau dua hari untuk menikmati Gunung Pancar seutuhnya.
12. Piknik di Kebun Raya Bogor
TidSelain Kebun Raya Bogor, ada beberapa tempat piknik di Bogor dan sekitarnya yang bisa kamu pilih. Dengan persiapan yang tepat, piknik di sana pun tidak kalah seru dengan piknik di taman rekreasi. Pertama, siapkan makanan yang praktis, ringan, dan mudah dikonsumsi. Supaya makin afdol, siapkan juga alas piknik dan masukkan makanan ke dalam keranjang.
13. Bersantai di villa dengan kolam renang pribadi
Kredit: The Villa 100 Tidak perlu jauh-jauh ke Bali, di Bogor pun banyak villa dengan private pool yang tidak kalah cantik. Kapasitas villanya pun besar-besar, sehingga kamu bisa memboyong seluruh anggota keluarga untuk liburan di sini. Supaya lebih berkesan, pilih saja villa yang berlokasi di kawasan Puncak yang dingin.
14. Cafe hopping di Sentul
Saatnya menambah stok foto dengan mengunjungi beberapa cafe Instagramable di Sentul. Hanya dengan berkendara sekitar satu jam dari Jakarta, kamu akan tiba di lokasi cafe unik dan artistik di Sentul. Ada yang bernuansa alam, minimalis, sampaiyang mirip dengan Hogwarts!
15. Wisata kuliner
Kuliner khas Bogor adalah buruan para wisatawan yang berkunjung ke kota hujan saat akhir pekan. Selain dianugerahi alam yang indah, Bogor memang dikenal dengan makanan khasnya yang unik dan lezat. Beberapa diantaranya juga cocok dijadikan oleh-oleh. Kalau kamu sudah sering bersantap di restoran dan kafe di Bogor, mengapa tidak mencoba jajanan kaki limanya sekalian? Simak juga alternatif wisata di Bogor lain yang tidak kalah menarik dalam artikel berikut ini: