icon
icon
article hero

7 Tempat Wisata Anak Gratis di Jakarta

AvatarName

Sastri  •  Jun 15, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Jakarta punya banyak tempat wisata ramah anak. Namun selain itu, terdapat juga beberapa ruang publik yang cocok untuk didatangi bersama si buah hati. Asyiknya lagi, kamu tak perlu merogoh kocek untuk menikmati suasana di beberapa tempat ini! Berikut HHWT rangkum 7 tempat wisata anak gratis di Jakarta. Selain itu, beberapa informasi ini juga akan bermanfaat untuk kamu!
1. Monumen Nasional
Siapa yang tak kenal kawasan Monumen Nasional (Monas)? Area yang luas memungkinkan kamu untuk melakukan beragam aktivitas mulai dari piknik, bersepeda, bahkan mengunjungi museum dan naik ke bagian atas Monas usai pandemi nanti. HHWTTips: Tugu Monas ditutup selama pandemi, namun kamu masih bisa menikmati area luarnya!
2. Setu Babakan
Setu Babakan adalah salah satu tempat terbaik untuk mengenal budaya Betawi. Kamu bisa blusukan ke dalam rumah-rumah tradisional, mengenal dialek Betawi, mencoba baju khas Betawi, sampai mencicipi aneka makanan khas Betawi.
3. Lapangan Banteng
Tak jauh dari Monumen Nasional, ada Lapangan Banteng yang kini telah dipugar. Di sini kamu bisa berjalan kaki, duduk sambil menikmati suasana dan air mancur, sampaipiknik di taman hijau penuh pepohonan.
4. Kota Tua Jakarta
Kawasan yang berlokasi di Jakarta Barat ini dipenuhi oleh deretan museum mulai dari Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, serta Museum Bank Mandiri. Selain itu, kamu juga bisa mengajak si kecil naik sepeda dan menikmati sore sambil nongkrong di deretan kafenya.
5. Kalibesar Kota Tua
Masih di kawasan Kota Tua Jakarta, ada kawasan Kalibesar yang baru-baru ini direvitalisasi. Kawasan ini kini lebih cantik dan terawatt dengan adanya dermaga terapung. Lokasinya persis di samping Halte Transjakarta Kali Besar Barat.
6. Galeri Nasional
Galeri Nasional menyuguhkan aneka karya seni dari seniman Indonesia. Di sini, kamu bisa mengajak si kecil lebih dekat dengan karya seni kontemporer. Galeri Nasional juga kerap menjadi lokasi pameran karya para seniman ternama Indonesia seperti Raden Saleh.
7. Taman Suropati
Disebut-sebut sebagai taman paling hijau di Jakarta, Taman Suropati menyuguhkan area hijau penuh pepohonan rindang. Kamu bisa menikmati sore sambil piknik, serta membiarkan anak berlarian di rerumputan.