icon
icon
article hero

Cocok Untuk Wisata Sejarah, Ini Rekomendasi Tempat Liburan di Jakarta Barat

AvatarName

Shafa Rana Nusaibah  •  May 06, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Jika kamu sedang berada di daerah Jakarta Barat, dan ingin liburan sejenak melepas penat karena aktivitas sehari-hari tak perlu khawatir karena terdapat berbagai destinasi menarik  yang dapat Anda kunjungi. Kota ini menawarkan banyak wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan. Jakarta Barat memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena sempat menjadi pusat pemerintahan VOC pada masa penjajahan Belanda. Sehingga tidak mengherankan jika kamu akan menemukan banyak situs bersejarah di sini.  Untuk kamu yang tertarik dengan fotografi, Jakarta Barat juga memiliki banyak spot foto menarik loh! Berikut daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi jika kamu sedang berada di Jakarta Barat. 
1. Museum Fatahillah 
Bangunan dengan arsitektur neoklasik ini dibangun pada tahun 1707-1710  saat masa penjajahan Belanda. Terletak di Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, tempat ini pada awalnya dibangun sebagai gedung Balai Kota Batavia.  Setelah diresmikan sebagai museum pada tahun 1974, Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta  memiliki cukup banyak koleksi menarik seperti kerajinan gerabah, keramik dan batu prasasti. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai replika peninggalan sejarah Jakarta.  Museum ini juga memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap seperti Taman Fatahillah, ruang pertemuan, perpustakaan, Mushola, kantin,dantoko souvenir. Museum ini buka dari pukul 09.00 - 15.00 dengan harga tiket sebesar Rp 2000 - Rp 5000 per orang.
2. Kota Tua
Masih satu kawasan dengan Museum Fatahillah, Kota Tua merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jakarta Barat. Disini kamu akan menjumpai bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang masih otentik.  Berbagai titik di kawasan ini terdapat persewaan sepeda onthel untuk melengkapi liburan kamu dalam berkeliling dan merasakan suasana masa lampau. Karena keindahan arsitekturnya, Kota Tua merupakan salah satu tempat yang dijadikan surga oleh penggemar fotografi.
3. Museum MACAN
Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara seluas 4.000 meter persegi ini memiliki kurang lebih 800 koleksi seni kontemporer dan modern yang dikumpulkan oleh kolektor Haryanto Adikoesoemo selama 25 Tahun. Museum ini merupakan museum institusi pertama yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum. Sempat ditutup saat pandemi, kini kamu sudah bisa mengunjungi dan menikmati koleksi-koleksi menarik di museum MACAN. Terletak di AKR Tower, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, museum ini buka sejak pukul 10.00 - 16.00 setiap harinya dengan harga tiket mulai dari Rp 70.000 per orang. 
4. Kawasan Pecinan Pancoran
Bagi kamu yang ingin merasakan suasana etnis tionghoa yang kental di kawasan Jakarta Barat, cobalah untuk mampir ke daerah pecinan di Pancoran. Jika kamu mampir kesini,kamu akan melihat berbagai toko yang menjual berbagai jenis dagangan seperti kue kering, ramuan herbal khas Cina, perabotan rumah, manisan, serta buah-buahan lainnya. Bahkan kamu juga bisa menemukan beberapa toko yang menjual berbagai jenis produk yang diimpor langsung dari Cina. Saat kamu mampir kesini, kamu bisa mengunjungi Vihara Dharma Bakti.Jangan lupa juga mencoba berbagai jenis hidangan khas China seperti rujak juhi, kedai kopi tek kie, sekba, dan masih banyak lagi.
5. Jakarta Aquarium & Safari
Tempat wisata berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Jakarta Aquarium & Safari, di tempat ini kamu dapat mengenal berbagai macam fauna yang hidup di laut.  Disini kamu juga bisa melihat berbagai wisata edukatif dan beberapa pertunjukan seru seperti mermaid world, pentas teater, dan masih banyak lagi.  Cobalah untuk mampir ke Neo Soho Mall - Lantai LG101 - LGM101, Jl. Letjen S. Parman No.Kav. 28. Jakarta Aquarium buka setiap hari dari pukul 10.00 - 20.00 dengan harga tiket mulai dari Rp 184000 per orang.