icon
icon
article hero

5 Tempat Beli Takjil di Jakarta Paling Terkenal, Ada yang Sudah Buka Lagi!

AvatarName

Tiara  •  Apr 15, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Salah satu hal yang paling ditunggu saat bulan Ramadan tiba adalah berkunjung ke tempat beli takjil. Di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, para pedagang takjil musiman memanjakan masyarakat dengan berbagai makanan lezat untuk berbuka puasa. Kemeriahan ini sempat terhenti tahun lalu, saat pandemi Covid-19 mulai merebak di Indonesia. Namun tahun ini, beberapa lokasi mulai kembali ramai oleh para penjual dan pemburu takjil. Untungnya, para penjual ini menyadari pentingnya menjaga protokol kesehatan di tempat beli takjil. Kalau kamu ingin jajan atau turut menggerakkan perekonomian rakyat, kamu bisa datang ke pasar takjil atau tempat beli takjil Jakarta berikut ini.
Pasar Benhil
Siapa sih yang tidak kenal pasar takjil Bendungan Hilir? Tempat ini adalah surganya takjil buka puasa di Jakarta. Meski tidak seramai dulu, geliat pasar takjil di Bendungan Hilir mulai kembali terlihat sejak hari pertama Ramadan 2021. Para penjual takjil ini memang bukanlah yang biasa berjualan di pasar Benhil, melainkan warga setempat. Walaupun demikian, kamu tetap bisa membeli aneka takjil di kawasan ini, mulai dari kolak hingga aneka gorengan yang nikmat.
Jalan Kramat Raya
Berbeda dengan takjil pada umumnya yang didominasi rasa manis, tempat beli takjil di Jakarta satu ini konsisten menyajikan aneka lauk khas nasi kapau. Tambusu, gulai,telur dadar, udang balado, semuanya enak! Jalan Kramat Raya memang surganya nasi kapau di Jakarta Pusat. Biasanya, para pengunjung membeli lauk nasi kapau ini sebagai menu makan malam atau bekal sahur.
Pasar Takjil Rawamangun
Untuk kamu yang berdomisili di Jakarta Timur dan Jakarta Pusat, tempat beli takjil di Jakarta ini mungkin sudah tidak asing lagi. Pasar Rawamangun memang menjadi salah satu lokasi favorit untuk membeli  makanan berbuka puasa. Bukan hanya aneka takjil seperti kolak dan es buah, kamu pun bisa membeli aneka lauk untuk makan malam dan sahut. Pilihannya beragam, mulai dari masakan Padang, aneka tumisan, sampai aneka lauk goreng.
Masjid Sunda Kelapa
Masjid Sunda Kelapa di Menteng, Jakarta Pusat adalah salah satu spot kegiatan Ramadan favorit di ibukota. Sebelum pandemi, masjid ini menjadi tempat shalat tarawih yang tidak pernah sepi. Selain itu, di depan masjid pun terdapat banyak penjual makanan dan takjil. Biasanya, para jamaah datang sejak sore hari. Kamu bisa membeli takjil, berbuka di masjid, dan melanjutkan ibadah shalat Maghrib, Isya, serta tarawih di Masjid Sunda Kelapa.
Jalan Soka
Kredit: Brenda Chandra di Flickr Bagi warga Jakarta Utara, Jalan Soka merupakan salah satu hot spot untuk membeli takjil. Biasanya, para pedagang takjil ini dikordinir oleh pengurus warga setempat sehingga rapi dan teratur. Selain membeli aneka takjil, kamu pun bisamembeli aneka lauk matang untuk makan malam dan sahur.
Bergabunglah Bersama Hello Ramadan!
Diselenggarakan mulai tanggal 7 April sampai 13 Mei 2021, bergabunglah bersama Hello Ramadan, sebuah acara virtual HHWT yang bertujuan untuk membawa kemeriahan dan perayaan Ramadaan serta Hari Raya ke manapun kamu berada! Bergabunglah dengan deretan acara menarik, tantangan harian, bazar virtual, dan berbagai hadiah sepanjang bulan Ramadaan! Simak juga rekomendasi seputar puasa lainnya dalam artikel berikut ini: