icon
icon
article hero

Prediksi 4 Hal yang Bisa Kembali Normal Saat Ramadhan 2021

AvatarName

Tiara  •  Mar 15, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Ramadhan 2021 sudah di depan mata. Meski masih dibayang-bayangi pandemi, penyesuaian dan perbaikan telah dilakukan di berbagai lini untuk hidup berdampingan bersama Covid-19. Vaksin Covid-19 merupakan titik cerah yang meningkatkan optimisme masyarakat Indonesia akan kehidupan new normal. Sejak dimulai pada Januari 2021, vaksinasi terus dilakukan secara bertahap. Tidak hanya itu, vaksinasi di bulan Ramadhan pun akan mendapatkan penyesuaian agar tidak mengganggu ibadah puasa. Dengan segala upaya ini, bukan tidak mungkin jika Ramadhan 2021 bisa kita jalani dengan seperti dulu. Melihat kondisi sekarang, berikut ini adalah beberapa hal yang kembali normal saat Ramadhan nanti.
Tarawih di masjid
Kebijakan (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) PPKM skala mikro yang telah dimulai sejak awal Februari lalu memindahkan kewenangan ke tangan pemerintah daerah. Artinya, pembatasan aktivitas masyarakat pun beragam tergantung resiko dan kasus Covid-19 di masing-masing daerah. Beberapa wilayah dengan kasus Covid-19 yang terkendali sudah mulai hidup new normaldengan memprioritaskan protokol kesehatan. Misalnya saja Pemkot Batam yang rencananya akan mengizinkan pelaksanaan tarawih berjamaah di masjid dan musala untuk Ramadhan 2021. Hal ini dilakukan karena Kota Batam telah membuka masjid untuk pelaksanaan shalat berjamaah. Begitu pula halnya dengan Kota Makassar yang tengah mempersiapkan Masjid 99 Kubah untuk tarawih di bulan Ramadhan 2021.
Buka puasa bersama
Aturan PPKM Jawa-Bali terbaru masih membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah. Namun, ada sejumlah perubahan yang memungkinkan masyarakat untuk makan di restoran. Sejauh ini, secara umum aturan kegiatan restoran membatasi kapasitas makan dan minum di tempat sebanyak 50 persen dari kapasitas normal. Namun, jam operasional restoran sudah ditambah atau bahkan kembali normal di sejumlah wilayah. Jika kondisi semakin membaik, bukan tidak mungkin kita bisa kembali berbuka puasa bersama di restoran seperti dulu. Satu hal yang pasti, pengunjung restoran wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.
Belanja offline
Pusat Grosir Tanah Abang sempat ditutup selama tiga bulan tahun lalu dan terbilang masih lesu hingga saat ini. Vaksinasi pedagang Pusat Grosir Tanah Abang yang dimulai sejak 17 Februari 2021 lalu membawa angin segar untuk aktivitas jual beli di sana. Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi akan dilanjutkan di pasar-pasar lain di wilayah Jabodetabek secara bertahap. Selain itu, aturan PPKM terbaru pun menyebutkan jam operasional mall ditambah hingga pukul 21.00. Beberapa pihak pun menilai belanja offline bisa kembali normal pada Ramadhan 2021 karena masivnya vaksinasi untuk masyarakat Indonesia.
Mudik
Aturan perjalanan jarak jauh telah mengalami beberapa perubahan sejak dibuka kembali tahun lalu. Jika tahun lalu masyarakat dianjurkan untuk tidak mudik, belum ada anjuran serupa untuk tahun ini. Syarat perjalanan jarak jauhsaat ini menyertakan surat keterangan negatif tes rapid antigen ataupun tes PCR. Hal ini dimaksudkan agar setiap orang yang melakukan mobilisasi antar daerah adalah mereka yang tidak membawa virus corona. Kamu tetap bisa bepergian saat ini, termasuk mudik ke kampung halaman, jika memenuhi semua persyaratan perjalanan. Satu hal yang perlu diingat adalah tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Simak juga informasi terkait perjalanan domestik dan penanggulangan Covid-19 di Indonesia dalam artikel berikut ini: