icon

Tanakita, Tempat Kemah Bintang 5 Ramah Anak Dekat Jakarta

avatar-name

Sri Anindiati Nursastri •  Oct 14, 2020

Informasi di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.

Glamour camping (glamping) menjadi konsep akomodasi yang mulai dikenal oleh traveler Indonesia. Glamping mulai dilirik karena menyuguhkan konsep akomodasi yang dekat dengan alam, namun tetap mengutamakan kenyamanan.

Sesuai namanya, glamping merupakan tenda atau kemah yang dilengkapi fasilitas nyaman bak hotel. Mulai dari kasur, area teras, sampai kamar mandi yang kerap dilengkapi dengan air panas.

Tak heran, glamping menjadi salah satu opsi akomodasi terbaik untuk keluarga. Terlebih lagi, di dekat Jakarta ada beberapa tempat glamping yang cocok untuk tempat liburan bersama keluarga. Enam glamping mewah di Indonesia misalnya, atau lima tempat glamping di Bandung.Namun, salah satu pionir glamping di Indonesia adalah Tanakita yang berlokasi di Sukabumi.

Berlokasi di kaki Gunung Gede Pangrango, Tanakita merupakan area berkemah dengan fasilitas lengkap. Tempat yang nyaman, alam yang indah dan sejuk, serta ragam aktivitas ramah anak menjadikan Tanakita destinasi favorit keluarga.

dok. Tanakita

Tanakita berlokasi di ketinggian 1.100 mdpl, berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di wilayah Sukabumi. Ada tiga lokasi tenda di tempat ini, pertama adalah lokasi yang dekat dengan main area untuk api unggun dan makan.

Kedua, tenda di lokasi bermain yang terletak di tengah-tengah area. Ketiga, lokasi tenda yang agak jauh dan lebih sepi dari dua area sebelumnya.

Selain menginap, di sini anak-anak bisa ikut beberapa aktivitas seru. Mulai dari flying fox, river tubing, paintball, dan permainan outbound lainnya. Menjelang malam, petugas Tanakita juga kerap menyalakan api unggun untuk kita bersantai. Anak-anak juga bisa menonton film di bioskop terbuka sambil mengunyah jagung bakar :)

dok. Tanakita

Pagi harinya, kamu bisa mengajak buah hati untuk mengunjungi Situ Gunung. Kamu bisa naik perahu mengelilingi danau cantik ini. Setelah itu, ajaklah si kecil sedikit trekking menuju sungai yang airnya masih sangat jernih! Kemudian, jika masih punya banyak waktu, kamu dan keluarga bisa menyambangi Geopark Ciletuh yang punya banyak destinasi wisata alam.

Untuk menginap di sini, setiap orang dikenakan biaya Rp 550.000 sudah termasuk tenda dan makan. Anak di bawah 3 tahun tidak perlu membayar. Satu tenda maksimal diisi oleh lima orang.

Cara menuju Tanakita

Kamu bisa mengunjungi Tanakita naik kendaraan pribadi, kendaraan umum, sampai kereta api. Apabila naik kendaraan pribadi, setelah keluar pintu Tol Ciawi (Jagorawi), pilih jalur Sukabumi di sebelah kiri. Lalu, masuklah ke Jalan Ruas Bogor – Sukabumi.

Teruskan perjalanan melewati beberapa pasar hingga area Cisaat. Kemudian, belok kiri di pertigaan Polsek Cisaat dan Anda akan masuk ke Jl Kududampit.

dok. Tanakita

Teruskan perjalanan sampai tiba di pintu gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kemudian, belok kiri menuju arah Danau Situgunung. Pintu masuk Tanakita sekitar 100 meter dari situ, tepat di sebelah kiri.

Jika naik kendaraan umum dari Jakarta, kamu perlu mendatangi Terminal Baranangsiang. Pilih angkutan Elf Bus tujuan Sukabumi. Tiba di Stasiun Sukabumi, lanjutkan naik angkutan umum warna merah sampai tiba di pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Pintu masuk Tanakita sekitar 100 meter dari situ, tepat di sebelah kiri.

Kamu juga bisa menyambangi Tanakita nai kereta api. Dari Jakarta, bertolaklah ke Stasiun Paledang di Bogor, kemudian naik kereta Pangrango rute Paledang – Sukabumi. Turunlah di Stasiun Cisaat. Dari situ, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum atau angkutan online menuju Tanakita.

Tanakita

Alamat: Jl Kududampit Km 09 Gede Pangrango, Kududampit, Sukabumi, Jawa Barat 43153