icon
icon
article hero

5 Hal yang Harus Disiapkan Jika Ingin Merayakan Tahun Baru di Bali

AvatarName

Sastri  •  Dec 10, 2020

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Meski pandemi Covid-19 belum usai, pariwisata domestik sudah mulai bangkit. Tak sedikit traveller yang mulai bepergian ke luar kota, bahkan memesan tiket pesawat untuk berpindah pulau. Apapun pilihanmu, protokol kesehatan tetap nomor satu :) Ada atau tidak pandemi, sepertinya Bali tetap menjadi opsi destinasi favorit untuk merayakan Tahun Baru. Banyak tempat untuk merayakan Tahun Baru di Pulau Dewata, dari keramaian kota dan kafe pinggir pantai sampai ke tempat menyepi untuk refleksi diri tahun ini.
Jika kamu berencana traveling ke Bali untuk liburan akhir tahun, ada beberapa hal yang harus disiapkan dari sekarang. Jangan lupa cek 10 destinasi wajib di Bali, serta menyambangi 9 resto halal dan ramah Muslim di Bali. Berencana ke Bali tahun depan? Cek 8 hotel di Bali yang akan buka pada 2021! Berikut 5 hal yang harus disiapkan jika ingin merayakan Tahun Baru di Pulau Dewata:
1. Tiket transportasi
Meski jumlah turis yang menghabiskan akhir tahun di Bali mungkin tak sebanyak pra-pandemi, tak ada salahnya kamu membeli tiket transportasi dari jauh-jauh hari. Terutama bila kamu menggunakan transportasi udara.
Jika kamu punya hari libur cukup panjang, tak ada salahnya mencoba road trip ke Bali. Dengan begitu, kamu bisa mampir ke beberapa kotadi sepanjang perjalanan sambil beristirahat.Road trip juga disebut sebagai opsi yang cukup aman karena kamu tidak menggunakan transportasi umum. Kelebihan lainnya, kamu bisa leluasa bepergian begitu tiba di Pulau Dewata!
2. Akomodasi dan sewa kendaraan
Selain tiket transportasi, hal lainnya yang harus disiapkan adalah akomodasi dan sewa kendaraan. Seperti yang kita tahu, Pulau Dewata tak punya banyak opsi transportasi umum. Oleh karena itu ada baiknya kamu menyewa kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, sejak jauh-jauh hari.
Untuk akomodasi, banyak hotel dan vila di Bali yang menyuguhkan promo. Jika liburan bersama keluarga, kamu bisa cek 7 hotel murah di Bali ini. Jika datang bersama pasangan, jangan lupa cek 7 resor mewah di Bali untuk liburan impian! Untuk sewa kendaraan, kamu bisa mencari informasinya di internet dan mengontak langsung operator sewa.
3. Tempat wisata
Jika ingin mengunjungi tempat wisata, cek terlebih dahulu status operasionalnya. Beberapa tempat wisata di Bali tutup sementara akibat pandemi. Ada pula yang berganti jam operasional, atau memberlakukan maksimal pengunjung. Cek situs resmi atau media sosial tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Selain memastikan jauh-jauh hari, pastikan kamu mengeceknya ulang satu hari sebelum kedatangan.
4. Restoran dan tempat makan
Sama halnya dengan tempat wisata, beberapa restoran dan tempat makan pun tutup sementara saat pandemi. Namun, ada juga restoran yang kembali dibuka dengan menetapkanjam operasional dan maksimal pengunjung.
Jika kamu ingin menyambangi beach bar atau kafe pinggir pantai yang namanya cukup terkenal, jangan lupa reservasi terlebih dahulu.
5. Protokol kesehatan
Hal paling penting dan tak boleh dilewatkan saat traveling ke manapun, termasuk Bali, adalah protokol kesehatan. Sebelum berangkat kamu wajib membawa hasil tes rapid/ swab PCR untuk keperluan transportasi dan beberapa hal lain. Sepanjang perjalanan, kamu juga wajib mengenakan masker meski sedang berada di ruang terbuka. Bawalah selalu hand sanitizer, dan terapkan protokol menjaga jarak.