icon
icon
article hero

7 Negara yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Tes dan Tanpa Karantina

AvatarName

Tiara  •  Jul 29, 2021

icon

Kapan Indonesia bebas karantina?

Jawabannya tentu ketika kasus Covid-19 terus menurun. Karantina mandiri bukan hanya berlaku di Indonesia, namun juga berlaku sebagai syarat pergi ke luar negeri di beberapa negara. Kabar baiknya, sejumlah negara yang telah berhasil mengendalikan penyebaran virus Corona telah mencoret karantina dan tes Covid-19 dari syarat masuknya. Berikut adalah beberapa di antaranya. Catatan: Di bawah ini merupakan beberapa contoh saja. Syarat pergi ke luar negeri bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti keputusan otoritas setempat.

Negara yang bebas karantina dan tes Covid-19

Turki

capadoccia turki
Turki membebaskan pendatang luar negeri dari karantina mandiri dan tes Covid-19 dengan syarat mampu menunjukan sertifikat vaksin yang bertanggal minimal 14 hari sebelum keberangkatan atau telah sembuh dari Covid-19 selama enam bulan. Namun dalam rangka mewaspadai varian Delta, kebebasan ini belum berlaku bagi pendatang asal negara tertentu. Cek panduan jalan-jalan di Turki HHWT untuk perjalanan perdana kamu!

Yunani

yunani
Saat ini, syarat pergi ke luar negeri tanpa karantina dan tanpa tes baru berlaku bagi pendatang yang berasal dari Amerika Serikat dan Uni Eropa yang telah divaksin dosis penuh. Meski demikian, tidak ada salahnya mempersiapkan diri untuk liburan ke Yunani perdana karena banyak alasan untuk mengunjungi negara ini!

Swedia

 Saat ini, baru pendatang asal Norwegia, Denmark, dan Islandia yang dapat menikmati bebas karantina dan bebas tes sebagai syarat masuk Swedia. Namun, kebijakan ini akan diperbarui tanggal 31 Agustus mendatang. Semoga saja semakin banyak negara yang dapat menikmatinya karena Swedia merupakan destinasi wisata ramah Muslim favorit!

Bulgaria

Fasilitas istimewa ini bisa dinikmati oleh seluruh pendatang asal negara yang tidak berada dalam daftar merah Bulgaria. Kamu hanya wajib sudah divaksin dosis penuh. Per Juli 2021, daftar merah Bulgaria meliputi India, Bangladesh, Nepal, Myanmar, Bhutan, Sri LAnka, MAldives, Brasil, Oman, Malaysia, Mongolia, Colombia, Chile, Uruguay, Argentina, Paraguay, Bolivia, Peru, Kosta Rika, Guatemala, Belize, El Salvadir, Cuba, Dominika, dan beberapa negara lain di Afrika.

Islandia

Sejak April 2021, pendatang yang telah divaksin dapat memasuki Islandia tanpa haru dites atau karantina. Kamu hanya perlu menunjukan sertifikat vaksin atau surat keterangan telah sembuh dari Covid-19.

Phuket

Phuket mengumumkan rencana pembebasan karantina bagi pengunjung yang telah divaksin penuh. Selain itu, kamu hanya perlu menunjukan surat keterangan negatif Covid-19 dan mengunduh aplikasi pelacak selama di Phuket. Thailand sendiri berencana membuka perbatasan internasional di seluruh negara pada Oktober 2021 mendatang.

Maldives

 Maldives telah mengilangkan syarat tes Covid-19 dan karantina bagi para pengunjung sejak Juli 2020. Kebebasan ini berlaku selama kamu tidak menunjukkan gejala Covid-19. Simak juga inspirasi traveling lainnya untuk persiapan liburan nanti: 

Indonesia Tunda Travel Bubble dengan Singapura, Kapan Bisa Terbang ke Sana?

Enak Banget, Warga Jepang Punya Paspor Vaksin Agar Bebas Karantina