icon
icon
article hero

5 Amalan Sunah Sederhana yang Baik Dilakukan di Hari Jumat

AvatarName

Tiara  •  Sep 11, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Jumat berkah. Itulah kata-kata yang sering kita dengar ketika menjelang akhir pekan. Bukan hanya karena besoknya libur, hari Jumat memang punya keistimewaan tersendiri. Sambil bersiap menyambut akhir pekan, luangkanlah waktu sejenak untuk mengamalkan sunah Jumat sederhana berikut ini.
Mandi wajib (ghusl)
Selain untuk menjaga kebersihan diri, mandi wajib pun termasuk ke dalam sunah jumat. Abu Sa'id al-Khudri meriwayatkan:
Aku bersaksi bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap Muslim yang telah dewasa, juga membersihkan gigi dengan Siwak dan menggunakan parfum, jika ada.” (HR. Bukhari)
Menjaga kebersihan diri juga merupakan salah satu usaha untuk menghindarkan diri dari virus dan penyakit.
Memotong kuku
Meskipun terdengar sederhana, memotong kuku ternyata merupakan salah satu fitrah manusia. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Abu Hurairah berkata:
"Saya mendengar nabi bersabda perkara fitrah ada lima, berkhitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kumis, menggunting kuku dan mencabut bulu ketiak" (HR Bukhari dan Muslim)
Dalam sebuah hadits dhaif (lemah) pun diriwayatkan bahwa Rasulullah senang memotong kuku dan menggunting kumis pada hari Jumat.
Memanfaatkan waktu mustajab berdoa (antara waktu Ashar dan Magrhrib)
Salah satu sunah Jumat yang baik adalah berdoa sebanyak-banyaknya pada waktu mustajab. Secara harafiah, waktu mustajab diartikan sebagai waktu dimana Allah SWT akan mengabulkan permohonan hambaNya.  IbnuQayyim Al Jauziah mengatakan:
"Hari Jumat memiliki 12 jam (atau sebagian darinya). Ada satu jam di mana jika seorang Muslim memohon sesuatu kepada Allah, Allah akan mengabulkan permintaannya, jadi temukanlah di penghujung hari setelah Ashar" (HR. Abu Dawud & An-Nasai)
Membaca surat Al Kahfi
Membaca Al Quran adalah amalan yang selalu dianjurkan bagi umat Muslim. Membaca surat Al Kahfi pun termasuk sunah Jumat yang besar manfaatnya. Rasulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat.” (Diriwayatkan oleh Al-Hakim, dianggap sahih oleh Al-Albani)
Selain tentang kekuasaan Allah SWT, surat ini pun mengandung pelajaran yang berguna bagi kehidupan Manusia.
Membaca shalawat sebanyak-banyaknya
Bershalawat kepada Rasulullah SAW adalah sunah Jumat paling sederhana dan berpahala. Diriwayatkan oleh Aws bin Aws bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Sebaik-baiknya hari adalah hari Jumat. Pada hari tersebut, Nabi Adam AS diciptakan; dicabut nyawanya; sangkakala ditiupkan, dan semua makhluk hidup akan musnah. Jadi, perbanyaklah shalawat kepadaku, agar shalawat tersebut sampai kepadaku.” Kami berkata,“Ya Rasulullah, bagaimana selawat kami bisa sampai kepada engkau di saat engkau sudah tiada?” Beliau berkata, “Sesungguhnya Allah telah mengharamkan Bumi menghancurkan tubuh para Nabi.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud, dianggap sahih oleh Ibnu Qayyim Al Jauziah)
Setiap hari Jumat yang kita jalani adalah sebuah kesempatan baruuntuk meraih ridho Allah SWT. Semoga dengan mengamalkan sunah Jumat sederhana ini, sedikit demi sedikit kita bisa menjadi seorang Muslim yang lebih baik.