icon
icon

Catat! 5 Destinasi Eksotis di Indonesia yang Diskon 50 Persen Tahun Depan

AvatarName

Tiara  •  Nov 03, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Pemerintah Indonesia berencana memberikan insentif berupa diskon paket wisata kepada wisatawan Nusantara. Program ini merupakan bagian dari program pemulihan pariwisata dan rencananya akan dimulai pada tahun 2021. Tidak tanggung-tanggung, diskon yang diberikan mencapai 50 persen! Sambil menunggu realisasinya, kamu bisa pilih-pilih destinasinya dulu. Dari sekian banyak pilihan, bagaimana kalau menjelajahi tempat yang jarang dikunjungi. Berikut adalah beberapa destinasi eksotis di Indonesia yang bisa kamu pilih supaya diskon paket wisata nanti bermanfaat maksimal.
Toraja
Wisata di Tana Toraja adalah pengalaman yang tidak tergantikan. Alamnya, budayanya, hingga adat istiadat Toraja yang unik menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Di sini, kamu bisa melihat upacara pemakaman dan peringatan kematian yang magis. Begitu pula dengan makam di dalam gua yang menjadi daya tarik tersendiri. Tidak hanya itu, kamu pun bisa menyaksikan kemegahan rumah adat Tongkonan di desa tradisional.
Raja Ampat
Destinasi impian bisa kamu kunjungi dengan harga lebih murah, jadi jangan lewatkan kesempatan ini. Keempat gugusannya, takni Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Inilah salah satu perairan terbaik di dunia untuk snorkeling atau diving. Sebanyak 75 persen spesies karang di dunia berada di perairan ini. Masih ada waktu hingga tahun depan untuk mengambil sertifikasidiving supaya kamu bisa menikmati Raja Ampat dengan maksimal.
Sumba
Kalau kamu sudah sering ke Bali dan Lombok, inilah saatnya bertualang lebih jauh ke timur dengan mengunjungi tempat wisata di Sumba! Hamparan savana, bukit berlapis-lapis, hingga desa adat yang unik menjadi daya tarik tersendiri yang membuat tempat wisata di Sumba wajib kamu kunjungi. Topografinya yang didominasi oleh perbukitan kapur menjadikan Sumba sebuah pemandangan berbeda yang jarang bisa ditemukan di wilayah lain Indonesia.
Ambon
Ambon Manise sungguh kata-kata yang tepat untuk menggambarkan kota ini. Kalau kamu ke sana, pastikan untuk menginap di villa terapung Pantai Ora, Maluku Tengah. Di pantai ini, kamu akan dimanjakan oleh 2 keindahan, yakni hamparan koral hidup di lautan dan hijaunya pegunungan di balik pantainya. Betul, koral di pulau ini benar-benar hidup dan sehat. Jadi, selalu berhati-hati saat snorkeling di sini ya. Jangan sampai kamu merusaknya.
Manado
Ibukota Sulawesi Utara ini mungkin bukan pilihan utama sebagai tempat wisata. Padahal, Manado menyimpan begitu banyak pesona yang bisa kamu nikmati. Salah satu yang paling populer tentu Taman Nasional Bunaken. Namun, kamu pun bisa mengeksplornya lebih jauh dengan berkunjung ke Pulau Lihaga, Pantai Pulisan, dan menikmati makanan halal yang ada di sana. Diskon paket wisata 50 persen ini bisa kamu manfaatkan untuk menjelajahi tempat-tempatdi Indonesia yang belum pernah kamu singgahi. Semakin ke timur, lanskap alam Nusantara semakin unik. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan rencana untuk tahun depan. Selain kelima destinasi di atas, sejauh ini ada sejumlah destinasi lain yang juga masuk ke dalam daftar paket diskon ini. Danau Toba, Bukit Tinggi, Palembang, Kepulauan Riau, Belitung, Pangkalan Bun, dan Lampung masuk ke dalam daftar. Sementara di Pulau Jawa, destinasinya meliputi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Banyuwangi, dan Malang. Begitu pula dengan Bali, Lombok, Labuan Bajo, dan Derawan. Rencananya, stimulus pariwisata ini akan didistribusikan bersamaan dengan vaksin Covid-19. Adapun nominal maksimal diskonnya adalah Rp 2.350.000 per orang dan mengacu kepada Nomor Induk Kependudukan (NIK). Harapannya, stimulus ini dapat meningkatkan permintaan pariwisata wisatawan Nusantara. Dengan demikian, pemulihan di sektor pariwisata pun semakin cepat. Sambil menunggu, simak juga beberapa inspirasi wisata domestik lainnya dalam artikel berikut ini: