icon
icon
article hero

5 Tips Fotografi untuk Mengabadikan Sisi Lain Singapura

AvatarName

Tiara  •  Jul 16, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Faruq Senin. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Meskipun liburan belum menjadi prioritas, bukan berarti kamu tidak bisa merencanakan liburan. Kalau kamu punya rencana ke Singapura usai pandemi nanti, pastikan kamu mengabadikannya dengan baik karena inilah liburan pertama kamu di kondisi new normal. Supaya lebih mudah, kami telah merangkum 5 tips fotografi dan tempat Instagramable di Singapura yang tidak boleh kamu lewatkan. Bukan hanya tempat bagus seperti Marina Bay Sands, ArtScience Museum, dan Helix Bridge, kami pun akan mengajak kamu untuk memotretnya dari sudut pandang berbeda yang jarang dilihat sebelumnya! Catatan: Tips dan foto yang tertera di bawah ini adalah hasil karya fotografer lokal, Javan, dan diambil menggunakan iPhone 11 Pro Max.
1. Menangkap cakrawala Singapura dari sudut lain di ArtScience Museum
Kamu mungkin sudah sering melihat pemandangan Singapura dari Marina Bay Sands. Nah, bagaimana kalau kamu memotret sisi lain Singapura dari ArtScience Museum?
ArtScience Museum terkenal akan pamerannya yang merupakan perpaduan antara seni, teknologi, dan pengetahuan. Salah satunya adalah pameran FUTURE WORLD: Where Art Meets Science yang ternama. Eksteriornya yang artistik dan unik ini bisa menjadi pemandangan yang menarik untuk fotomu!
Supaya lebihartistik, cobalah mengambil gambar denganteknik komposisi yang berbeda dengan mengikuti garis dari struktur bangunan yang ada. 😊 Untuk mendapatkan foto pemandangan Singapura dari sudut pandang yang berbeda, ambil foto gedung-gedung bertingkat dengan lengkungan struktur bangunan ArtScience Museum sebagai bingkainya.
Marina Bay Waterfront Promenade juga merupakan tempat yang bagus dan punya banyak sudut menarik yang bisa dieksplor. Jangan hanya ambil foto gedung-gedungnya saja, kamu pun bisa memainkannya dengan mengambil bayangan gedung di genangan air untuk menciptakan kesan simetris. #HHWT Tip: Gunakan fitur Ultra Wide untuk sudut pandang yang lebih luas dan menangkap semua detail yang direfleksikan oleh genangan airnya. Fitur ini memang cocok untuk foto landscape!
2. Menangkap pesona arsitektur Helix Bridge yang menawan
Helix Bridge adalah salah satu jembatan paling spektakuler di Singapura! Arsitekturnya yang kompleks terinspirasi dari DNA Double Helix. Strukturnya yang saling menyilang ini menjadi salah satu pemandangan wajib untuk koleksi fotomu di Singapura.
Helix Bridge juga merupakan jembatan pejalan kaki terpanjang di Singapura serta menghubungkan Marina Centre dengan area Bayfront. Lokasi ini sangat populer, baik untuk masyarakat lokal maupun wisatawan! Nah, kami punya tips dan trik khusus yang akan membantu kamu untuk mengambil gambar Helix Bridge tanpa orang yang berlalu lalang. 😉  Caranya cukup dengan menggunakan fitur Live Photos di iPhone! Aktifkan fiturLive Photos, lalu pilih efek “Long Exposure, dan voila! Keramaian orang pun menghilang. Ajaib bukan? 😮 3. Memotret Marina Bay Sands dari sudut pandang yang berbeda Salah satu landmark paling ikonik di Singapura adalah Marina Bay Sands, sebuah kompleks terpadu berisi hotel, pertokoan, bioskop, convention centre, dan lainnya! Arsitek yang merancang Marina Bay Sands tak lain dan tak bukan adalah Moshe Safdie. Ketiga gedung pencakar langitnya adalah sebuah mahakarya arsitektur yang tidak boleh kamu lewatkan. 😍
Selain mengambil pemandangan Marina Bay Sands, kamu pun bisa bereksperimen dengan memotret hal-hal kecil yang juga bisa mencuri perhatian. Misalnya sekumpulan bunga berwarna kontras dengan efek bokeh yang dramatis! Untuk mendapatkan foto ini, gunakan Portrait Mode sehingga latar belakangnya akan terlihat buram. Dengan cara ini, kamu bisa menghadirkan foto yang unik dan berbeda!  #HHWT Tip: Gunakan fitur Depth Control di smartphone kamu untuk mengatur depth of field pada gambar. Dengan fitur ini, kamu bisa menyesuaikan tingkat keburaman latar belakang dalam foto yang kamu ambil.
4. Ambil detail arsitektur dari sebuah bangunan
Dengan begitu banyak bangunan ikonik yang ada di Singapura, kamu punya banyak kesempatan untuk menangkap keunikan detail arsitekturnya. Kamu bisa mengeksplornya satu demi satu, mulai dari desain Marina Bay Sands yang megah, gedung-gedung pencakar langit di kawasan bisnis, airmancur patung Merlion, dan bangunan unik lainnya.
Percaya deh, kemegahan Marina Bay Sands tidak akan pernah habis untuk dieksplor dari berbagai sisi. Setelah mengambil pemandangan keseluruhannya dari jauh, mendekatlah untuk menangkap lengkungang bangunannya beserta Skypark-nya dari low angle untuk membuatnya semakin menjulang. #HHWT Tip: Kalau kamu menggunakan iPhone 11 Pro, fitur Telephoto Lens (dengan 2x optical zoom) akan membantumu menangkap detail arsitektur bangunannya dengan lebih jelas.
Spot lain yang juga menarik untuk dieksplorasi adalah persimpangan Jubilee Bridge (kiri) dengan Esplanade Bridge (kanan). Dari sini, kamu bisa melihat cakrawala berhiaskan gedung-gedung tinggi di kawasan bisnis Singapura, Jubilee Bridge adalah jembatan pejalan kaki yang dibangun pada tahun 2015 untuk memperingati hari ulang tahun Singapura yang ke-50. Sementara Esplanade Bridge adalah bagian dari F1 Marina Bay Street Circuit! Dengan menggunakan fitur Telephoto Lens untuk melihat detail arsitektur gedung-gedung ini lebih dekat, kamu bisa melihat kawasan bisnis Singapura dari sudut pandang baru. 🤗 Inilah yang membuat sesi foto di Marina Bay Sands begitu menarik!
5. Menangkap suasana malam di Singapura
Merlion Parkadalah salah satu spot terbaik untuk berfoto di malam hari. Di sini, kamu bisa menemukan pemandangan Merlion yang berbeda baik siang maupun malam hari. Apalagi ditambah dengan lampu-lampu dari gedung yang ada di kawasan bisnis sebagai latarbelakangnya. Untuk kamu yang belum tahu, Merlion adalah makhluk mitos setengah-singa dan setengah-ikan yang merupakan ikon nasional Singapura. Merlion melambangkan awal mula terbentuknya Singapura yang berawal dari sebuah desa pemancingan Temasek berabad-abad lalu. Pokoknya wajib mampir ke sini jika kamu ke Singapura! #HHWT Tip: Buat fotomu semakin menarik dengan menerapkan komposisi rule of third. Caranya adalah dengan menempatkan objek yang ingin kamu foto di sekitar posisi tengah pada garis panduan yang ada di layar smartphone. Hasilnya, Merlion akan menjadi pusat perhatian dalam foto!
Pilihan lainnya, kamu bisa mengambil foto dari tangga di tepian Queen Elizabeth Walk! Tahukah kamu, area ini dinamakan demikian untuk  menghormati prosesi penobatan Ratu Elizabeth II pada tahun 1953? Di sini pun kamu bisa melihat memorial yang dibangun untuk menghormati mereka yang gugur saat berjuang pada Perang Dunia ke-2. Dari titik ini, kamu bisa melihat pemandangan Anderson Bridge dengan gedung pencakar langit sebagai latar belakangnya. Anderson Bridge juga dihiasi dengan lampu berwarna-warni di malam hari dan menambah elemen artistik di dalam fotomu. 😍 #HHWT Tip: Jangan lupa untuk menggunakan Night Mode! Kalau kamu pengguna iPhone, kamera akan otomatis masuk ke Night Mode dan kamu tidak perlu menyalakan flash. Pastikan tanganmu stabil saat memotret karena kameranya akanmenangkap gambar lebih lama saat mode ini diaktifkan. Di samping pemandangan kotanya yang istimewa, Singapura juga terkenal akan kulinernya! Jadi, jangan lupa untuk mencoba makanan halal yang ada di sini saat kamu liburan ke Singapura nanti. Kalau kamu lapar setelah seharian memotret, langsung saja menuju beberapa restoran halal yang ada di sekitar Marina Bay berikut ini!
Jiak Modern Tzechar
Jiak Modern Tzechar menyajikan makanan China halal dengan spesialisasi aneka tumisan (atau zi char). Salah satu yang menjadi favorit adalah Grandpa’s Chili Crab yang khas! Saus Chili Crab-nya manis, gurih, dan pas pedasnya. Jangan lupa untuk mencoba menu andalan lainnya seperti Sambal Kang Kong dan Hotplate Beancurd.🤤 Status halal: Bersertifikat halal Website | Facebook | Instagram
Noosh Noodle Bar & Grill
Pemiliknya adalah seorang warga lokal Muslim bernama Chef Ummi Abdullah. Noosh menyajikan berbagai makanan fusion yang bukan hanya lezat, tapi juga familiar di lidah. Kalau ke sini, kamu harus coba Creamy Smoked Duck Lemak Chili Padi Pasta dan Chicken Satay Pasta. 😋 Status halal: Dimiliki oleh Muslim Website | Facebook | Instagram
Makansutra Gluttons Bay
Kalau kamu ingin merasakan suasana hawker alias jajanan food court khas Singapura, kamu harus coba makan di Makansutra Glutton Bay! Ingin makan Hainan Chicken Rice khas Singapura? Maka Matahari Chicken Rice jawabannya!Untuk makanan Melayu dan India, kamu bisa memilih Syifa’ Satay untuk mencoba satenya yang enak dan Old Satay Club Mee Goreng untuk makan Mee Goreng. Roti Prata, dan Murtabak yang khas. 😋 Status halal: Dimiliki oleh Muslim Website Sekarang kamu sudah tahu dimana saja tempat Instagramable di Singapura. Jangan lupa untuk juga menyimpan artikel ini untuk contekan tips fotografinya! Saat kamu liburan ke Singapura nanti, kamu sudah siap untuk bereksperimen dengan berbagai sudut pandang saat memotret. Dengan demikian, kamu bisa menangkap sisi lain Singapura yang tak banyak orang tahu. Mulai dari Marina Bay Sands, Helix Bridge, hingga ArtScience Museum, Singapura sudah menantikan kedatanganmu. Sambil menunggu situasi memungkinan untuk bepergian, lihat juga inspirasi tempat Instagramable di Singapura lainnya di Instagram Visit Singapore #VisitSingapore (Inilah Singapura, Saat Impian Menjadi Nyata)