icon
icon
article hero

10 Tempat Instagramable di Semarang untuk Sesi Foto Seru

AvatarName

Tiara  •  Jun 11, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kalau kamu pergi ke Semarang, jangan lupa untuk menyiapkan kostum dan membawa kamera. Bukan hanya makanannya yang enak, ada banyak spot foto Semarang yang sudah menunggu kamu di sana. Langsung saja pasang gaya, ambil foto, dan unggah di Instagram. 📸 Kota bersejarah ini memang punya banyak sisi berbeda yang menarik untuk diabadikan. Tidak perlu bingung, tim HHWT telah merangkum 10 spot foto Semarang terbaik yang akan membuat Instagram kamu semakin keren! 🤩 Catatan: Jam operasional tempat di bawah ini mungkin berubah karena adanya PSBB akibat pandemi Covid-19. Periksa kembali terlebih dahulu ya sebelum berangkat ke sana.
1. Lawang Sewu
Gedung bersejarah ini dulunya adalah kantor kereta api Belanda dan berdiri sejak tahun 1904. Dalam bahasa Indonesia, Lawang Sewu artinya seribu pintu. Namun faktanya, gedung ini hanya memiliki 928 pintu. Meski kental dengan nuansa mistis (yang tidak sepenuhnya benar!), gedung ini kental dengan nilai sejarah. 😯 Selain berfoto di bagian luarnya, lorong-lorong teras Lawang Sewu juga menjadi latar geometris yang cantik untuk berfoto. Deretan pilar dan pintu besar yang sejajar menimbulkan perspektif yang artistik! #HHWT Tip:  Jangan lupa untuk mengeksplor bagian dalam Lawang Sewu karena ada berbagai sudut yang tak kalah menarik, seperti foto di atas! Alamat: Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Jam operasional: Setiap hari jam 7.00 - 21.00 Harga tiket masuk: Rp 10.000 (dewasa) dan Rp 5.000 (anak-anak)
2. Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng ini merupakan salah satu peninggalan sejarah, yakni tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, klenteng ini pun jadi tempat favorit bagi para wisatawan karena arsitekturnya yang menarik dan berwarna cerah. Uji kemampuan memotret kamu dengan mengambil gambar di setiap sudut klenteng ini. Bukan hanya bangunan utamanya yang menarik, patung-patung dan tamannya pun tidak kalah artistik. Kalau dilihat-lihat, sekilas mirip dengan kuil Fushimi Inari di Jepang! ⛩️ Alamat: Jalan Simongan No. 129 Bongsari, Semarang Jam operasional: Setiap hari jam 8.00 - 20.00 Harga tiket masuk: Wisatawan domestik mulai dari Rp 7.000 (dewasa) dan Rp 5.000 (anak-anak) Wisatawan mancanegara mulai dari Rp 10.000 (dewasa) dan Rp 7.000 (anak-anak)
3. Kota Lama Semarang
Setiap sudut kawasan ini akan mengingatkan kita akan Indonesia tempo dulu. Gedung-gedung klasik peninggalan Belanda masih kokoh berdiri sepanjang jalan dan menjadi saksi bisa perkembangan Semarang. Ada pula beberapa bangunan bergaya klasik yang masih berfungsi hingga sekarang, misalnya Gereja Blenduk yang megah.  Mampir ke Kota Lama Semarang belum lengkap rasanya jika tidak berfoto di depan gedung Spiegel Bar & Bistro. Dulunya, gedung Spiegel merupakan toko pengusaha Austria-Hungaria yang menjual pakaian hingga dekorasi rumah pada tahun 1895. Bangunan ini sekarang masih ada dan menjadi spot foto Semarang favorit para wisatawan.  Jangan malas berkeliling area Kota Lama Semarang karena ada banyak spot unik dan tak terduga yang Instagramable. Contohnya, tembok dengan akar pohon besar ini! 🌳 Alamat: Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Semarang Jam operasional: 24 jam Harga tiket masuk: Gratis
4. Museum Kereta Api Ambarawa
Tempat wisata yang satu ini bukan hanya edukatif tapi juga memanjakan mata. Berlokasi di kawasan Ambarawa yang sejuk, awalnya tempat ini adalah stasiun kereta api aktif. Namun karena banyak jalur yang rusak, stasiun ini dialihfungsikan menjadi museum. Cobalah berfoto di aula utama stasiun ini, lumayan mirip kan dengan Peron 9 3/4 Harry Potter? 🧙🏻‍♂️ Selain berfoto di peron, jangan lupa untuk berpose di kereta lokomotif kuno yang ada di sini. Tenang saja, kereta ini tidak aktif kok. Jadi kamu bisa berfoto dengan aman. #HHWT Tip: Kalau mau, kamu pun bisa mengikuti Ambarawa Railway Mountain Tour dengan naik lokomotif kuno! Simak informasi lebih lengkapnya di sini. Alamat: Jalan Panjang Kidul No. 1, Panjang Kidul, Ambarawa, Semarang Jam operasional: Setiap hari jam 8.00 - 17.00 Harga tiket masuk:  Rp 10.000 (dewasa) dan Rp 5.000 (anak-anak) 
5. Dusun Semilir Eco Park
Pernah lihat perosotan warna-warni ini di media sosial? Ini bukan di luar negeri, melainkan di Bawen, Semarang. Didirikan sebagai tempat wisata keluarga, ada banyak kegiatan yang tempat berfoto yang bisa kamu coba. Di ecopark ini, kamu cukup membayar Rp 5.000 untuk masuk dan mengakses 3 lokasi foto, yaitu bangunan dengan bentuk stupa, Jembatan Senggol, dan restoran Sepoi-sepoi. 🍃 #HHWT Tip: Transaksi di tempat ini menggunakan metode cashless dengan kartu elektronik yang harus diisi ulang. Alamat: Jalan Soekarno-Hatta No. 49 Ngemple, Bawen, Semarang Jam operasional: Setiap hari jam 9.00 - 17.00 Harga tiket masuk: Rp 5.000 untuk masuk dan mulai dari Rp 10.000 untuk wahana lainnya
6. Susan Spa & Resort
Spot foto Semarang yang satu ini berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota. Melihat cakrawala kota Semarang dari kejauhan adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan di resort ini. Jangan khawatir, kamu tidak harus menginap untuk menikmati fasilitas yang ada di sini. Misalnya untuk sekedar berfoto di teras kaca Panorama Balcony. Spot lain yang tak kalah cantik adalah kapel La Kana. Kapel ini digunakan sebagai tempat upacara pemberkatan pernikahan. Namun, kamu boleh kok berfoto di sini. Alamat: Jalan Gintungan Utara Piyoto Deso, Jetis, Bandungan, Semarang Jam operasional:  Setiap hari jam 8.00 - 22.00 Harga tiket masuk: Gratis saat low season dan Rp 25.000 saat musim liburan (dapat dijadikan makan di restorannya)
7. Brown Canyon
Bukan Grand Canyon Amerika Serikat, apalagi Phi Phi Island. Tebing-tebing kecoklatan ini adalah hasil aktivitas galian yang masih aktif hingga saat ini. Ternyata penambangan bukan hanya menghasilkan bahan baku, namun juga pemandangan yang Instagramable. Siapa sangka suasana yang asing ini berada di sebuah kota di Jawa Tengah? #HHWT Tip: Jangan lupa pakai masker dan kacamata untuk melindungi wajah dari debu. Datanglah di luar jam kerja karena tempat ini adalah tambang yang masih aktif. ⛰️ Alamat: Rowosari, Tembalang, Semarang Jam operasional: 24 jam (lebih baik datang di akhir pekan) Harga tiket masuk: Gratis
8. Kampung Pelangi
Tidak perlu jauh-jauh ke Busan Cultural Village untuk menikmati suasana warna-warni pedesaan. Cukup datang saja ke Kampung Pelangi yang ada di Randusari, Semarang. Dulunya, kawasan ini merupakan pemukiman kumuh. Namun kini, setiap sudutnya sudah penuh warna dan menjadi lokasi favorit untuk berfoto di Semarang. bukan hanya mural dan jembatannya yang menarik. Setiap sudutnya berwarna-warni sehingga kamu bisa berfoto di mana saja. 🌈 Tapi ingat, tempat ini adalah pemukiman warga lokal. Jadi, jangan terlalu berisik dan mengganggu kenyamanan orang-orang yang tinggal di sana. Alamat:  Jalan Dr. Sutomo No. 89 Randusari, Semarang Jam operasional: 24 jam Harga tiket masuk: Gratis
9. Ayanaz Gedong Songo
Inilah surganya wisata selfie di Semarang! Tempat yang baru dibuka sekitar 2 tahun lalu ini jadi spot foto Semarang favorit baru bagi para wisatawan. Lokasinya berada satu kompleks dengan Candi Gedong Songo, jadi kamu harus membayar tiket candi dulu sebelum masuk ke lokasi ini. Tentu saja harganya sepadan dengan 35 lokasi foto yang telah disediakan oleh pengelola! 📸 Beberapa tempat foto favorit pengunjung di sini antara lain bubble tent, tempat duduk di tengah kolam, hammock, dan balon udara. 🎈 Alamat: Candi Gedong Songo Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang Jam operasional: Setiap hari jam 8.00 - 17.00 kecuali Minggu jam 7.15 - 18.00 Harga tiket masuk: Rp 25.000 (dewasa) dan Rp 10.000 (anak-anak)
10. Semarang Art Gallery
Dari namanya saja, sudah pasti tempat ini sangat artistik. Interiornya minimalis dan bersih, menonjolkan karya seni yang tengah dipamerkan. Setiap pameran menciptakan suasana tersendiri yang sama-sama menarik. Jadi, kamu bisa dengan mudah mengambil foto yang keren. Salah satu spot favorit adalah tangga berdinding transparan ini. Ketika kondisi museum sedang sepi, kamu bisa berfoto sendiri di sini dan menghasilkan foto yang apik!  Asah indera pengelihatanmu dengan mencari spot menarik lain yang tidak terduga. Misalnya saja pintu besar berwarna putih yang cocok untuk feed Instagram kamu yang bertema minimalis dan clean. 📸 Alamat: Jalan Taman Srigunting No. 5-6 Tanjung Mas, Semarang Jam operasional: Selasa sampai Minggu jam 10.00 - 16.30, hari Senin tutup Harga tiket masuk: Rp 10.000 Ada begitu banyak spot foto Semarang yang sayang jika dilewatkan. Liburan photogenic tidak harus mahal, yang penting kamu bisa memanfaatkan ruang dan pemandangan di sekitar untuk menjadikannya semakin menarik. Lihat juga lokasi Instagramable lainnya untuk menambah koleksi foto di galeri smartphone dan Instagram kamu dengan artikel berikut ini: