icon
icon
article hero

5 Spot Alternatif untuk Melihat Sunrise Bromo Selain Penanjakan 1

AvatarName

Tiara  •  Aug 19, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Melihat sunrise Bromo adalah aktivitas yang wajib dilakukan ketika liburan ke sana. Meski cuaca di sana amat dingin menusuk kulit, semburat keemasan dari timur kala matahari mulai muncul akan menjadi pemandangan yang tidak terlupakan. Salah satu tempat paling populer untuk melihat sunrise Bromo adalah Penanjakan 1. Di sanalah ratusan wisatawan berkumpul (bahkan sejak dini hari) untuk mendapatkan spot terbaik untuk melihat sunrise Bromo. Kabar baik untuk kamu yang ingin menikmati sunrise Bromo, Penanjakan 1 bukanlah satu-satunya tempat untuk melihatnya. Faktanya, ada beberapa spot untuk melihat sunrise Bromo lain yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini adalah beberapa spot sunrise Bromo yang telah dirangkum oleh tim HHWT.
Pos Dingklik
Pos Dingklik adalah spot sunrise Bromo pertama yang akan kamu lewati ketika mengambil jalur Pasuruan. Lokasinya tidak jauh dari pintu gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tempatnya berupa sebuah teras di sisi tebing dan tidak seluas Penanjakan 1. Meski demikian, kapasitasnya yang terbatas ini memungkinkan kamu untuk menikmati sunrise Bromo dengan leluasa.
Bukit Cinta
Masih dari jalur Pasuruan, Bukit Cinta adalah spot sunriseBromo yang cukup mudah ditemukan karena ada tulisan "Love Hill Bromo Tengger" sebagai penanda. Di sini kamu bisa melihat 3 pemandangan sekaligus, yaknipemandangan sunrise Bromo, Kaldera Tengger, serta Puncak Mahameru yang merupakan puncak tertinggi di Pulau Jawa. Warga lokal pun mengenal tempat ini sebagai Lemah Pasar yang juga menjadi lokasi pelaksanaan upacara adat.
Bukit Kingkong
Spot sunrise Bromo ini adalah alternatif terdekat dari Penanjakan 1 dan biasanya menjadi pilihan utama jika Penanjakan 1 sudah penuh. Meski menjadi pilihan kedua, pemandangan dari sini pun tidak kalah cantik dengan hamparan kaldera dan gunung-gunung di dalamnya. Tidak seperti Penanjakan 1 yang telah dibangun dengan baik, bukit ini hanya berupa tanah lapang dengan beberapa pagar besi sebagai pembatas. Jadi, kamu harus ekstra hati-hati ya.
Bukit Mentigen
Spot sunrise Bromo yang satu ini berada di Desa Ngadisari yang bisa dijangkau melalui jalur Probolinggo. Bukit ini menghadirkan pemandangan Bromo dari sisi timur laur yang tidak kalah cantik. Selain itu, tempatnya pun masih alami dengan jalur setapak yang ditumbuhi pepohonan liar. Kamu bisa menikmati pemandangan Bromo dari sisi berbeda yang belum banyak diketahui oleh orang lain.
Puncak Seruni
Selain Bukit Mentigen, dari jalur Probolinggo kamu pun bisa melihat sunriseBromo dari Plaza Puncak Seruni. Bedanya, tempat ini sudah dikelola sehingga lebih mudah dijangkau. Meskipun demikian, butuh perjuangan tersendiri untuk menikmati pemandangan dari sini karena kamu harus menaiki ratusan anak tangga terlebih dahulu. Jangan khawatir, pemandanganyang menunggu kamu akan membayar lunas semua usaha dan rasa lelah saat mendaki ke sana. Ada kalanya Penanjakan 1 terlalu ramai oleh wisatawan dan membuat pengalaman melihatsunrise Bromo justru menjadi tidak nyaman. Dengan spot alternatif ini, kamu bisa menikmati suasana lebih baik dan melihat sisi lain Gunung Bromo dari tempat yang belum banyak dikunjungi orang lain. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya. Simak juga rekomendasi wisata seputar Gunung Bromo lainnya dalam artikel berikut ini: