icon
icon
article hero

Indahnya 5 Nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO di Asia 2020-2021, Wajib Masuk Wishlist Traveling!

AvatarName

Tiara  •  Aug 02, 2021

icon

Apa itu situs warisan dunia?

Situs warisan dunia adalah sebuah area khusus yang dianggap sebagai warisan berarti bagi umat manusia dan generasi masa depan. Tempat ini beserta seisinya secara khusus dilestarikan agar terus terjaga. Situs warisan dunia dapat memperoleh pendanaan dengan syarat tertentu untuk kepentingan pelestariannya. Program situs warisan dunia berada di bawah naungan UNESCO World Heritage Committee yang terdiri dari 21 pihak dan telah ada sejak tahun 1972.

Situs warisan dunia UNESCO 2020-2021

Pertemua World Heritage Committee ke-44 yang digelar secara daring beberapa waktu lalu menghasilkan sejumlah keputusann. Salah satunya adalah memutuskan tujuh situs warisan dunia baru. Ketujuh situs ini merupakan hasil dari noinasi tahun 2020 dan 2021. Empat di antaranya diputuskan berdasarkan faktor alaminya, sementara tiga lainnya berdasarkan nilai budayanya. Berikut adalah ulasan ketujuh situs warisan dunia terbaru tersebut.

Empat pulau di Jepang

situs warisan dunia Jepang
Pemandangan dari Teluk Funaura (Pulau Iriomote). (Kredit: © MOEJ) Pulau Amami-Oshima, Tokunoshima, pesisir utara Pulau Okinawa, dan Pulau Oriomote dinobatkan sebagai situs warisan dunia tahun ini. Keempat area tak berpenghuni ini membentuk lengkungan di perbatasan Laut China Selatan dan Laut Filipina. Sebagai gantinya, area ini dihuni oleh berbagai satwa endemik yang terancam punah, seperti kelinci Amami, tikus rambut panjang Ryukyu yang tidak lagi memiliki kerabat di dunia.

 Getbol (dataran pasang surut) Korea Selatan 

situs warisan dunia Korea
Musim gugur di Teluk Suncheonman. (Kredit: © World Heritage) Area situs warisan dunia ini terdiri dari empat bagian, yakni Seoncheon Getbol, Gochang Getbol, Shinan Getbol, dan Boseong-Suncheon Getbol. Area ini memiliki kombinasi permukaan bumi, laut, dan kondisi iklim yang kompleks sehingga menimbulkan ekosistem yang unik. Selain kondisi endapan yang beragam, kawasan ini juga dipenuhi lebih dari 2.000 spesies flora dan fauna. Ada 47 spesies endemik dengan lima spesies hewan laut yang terancam punah.

Arslantepe Mound, Turki

situs warisan dunia Turki
Pemandangan di Arslantepe Mound didaratan Orduzu. (Kredit: © MAIAO) Arslantepe Mound merupakan sebuag situs arkeologi setinggi 30 meter yang berada di dratan Malatya, Orduzu. Situs ini merupakan bukti peradaban manusia daru abad ke enam hingga periode Romawi. Di situs warisan dunia ini ditemukan berbagai benda purbakala, seperti pedang, alat dari metal, lukisan serta ukiran bersejarah.

Kuil Ramappa Telangana, India

situs warisan dunia India
Sisi utara Kuil Ramappa. (Kredit: © ASI) Kuil Kakatiya Rudeshwara atau yang dikenal dengan anma Ramappa berada di Desa Palampet, Telangana, sekitar 200 kilometer dari Hyderabad. Kuil Siwa ini dibangun pada masa Kakatiya (1123-1323). Arsitekturnya terdiri dar pilar dan ukiran batu yang mengilustrasikan tarian dan budaya Kakatiya. Selain kuil, di area ini pun terdapat penampungan air yang dipercaya sejalan dengan ideologi dan praktik keagamaan masa itu. 

Emporium Dunia di Quanzhou, China

situs warisan dunia china
Interios Dacheng Palace Hall. (Kredit: © Quanzhou maritime Silk Road World heritage Nomination Center) Rangkaian situs warisan dunia di Quanzhou menggambarkan emporium maritim yang ada pada periode Song dan Yuan di abad 10-14. Situs ini memiliki sejumlah bangunan rumah ibadah, termasuk masjid yang dibangun pada abad ke-11 dan makam Islam. Di situs warisan dunia ini pun ditemukan berbagai peninggalan arkeologi yang menunjukan aktivitas pertahanan, perdagangan, hingga transportasi di masa lalu. Lihat nominasi situs warisan dunia UNESCO 2020-2021 dan temukan inspirasi liburan unik untuk perjalanan kamu nanti! Simak juga rekomendasi dan informasi terkait destinasi internasional lainnya dalam artikel berikut ini:

46 Destinasi Sunset Terindah di Dunia, Indonesia Nomor Dua!

7 Negara yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Tes dan Tanpa Karantina

Maskapai Terbaik Dunia Selama Pandemi, Ada Garuda Indonesia!

Enak Banget, Warga Jepang Punya Paspor Vaksin Agar Bebas Karantina