icon
Science Centre Singapore

Science Centre Singapore: Akhir Tahun Liburan ke Singapore? Semua Permainan Ada di Sini!

avatar-name

Tiara •  Dec 07, 2023

Liburan ke Singapura bersama keluarga bisa jadi alternatif perayaan Natal dan tahun baru nanti. Wisata di Singapura bukan hanya nyaman, namun juga menyenangkan untuk seluruh keluarga karena ada banyak tempat wisata yang cocok untuk semua umur.

Salah satu tempat wisata di Singapura yang bisa menjadi pilihan adalah Science Centre Singapore. Di sini, kamu sekeluarga bisa bersenang-senang sambil menerapkan prinsip-prinsip ilmiah layaknya seorang ilmuwan!

Science Centre Singapore

Science Centre Singapore menobatkan diri sebagai tempat wisata di Singapura yang memadukan rasa ingin tahu ilmiah dengan petualangan yang menyenangkan. Banyak yang menyangka bahwa Science Centre Singapore adalah tempat bermain anak-anak. Padahal, ilmu pengetahuan dan eksperimen yang ada di sini juga menyenangkan untuk orang dewasa.

Jika kamu masih ragu untuk berkunjung ke sini saat liburan ke Singapura, simak dulu petualangan apa saja yang bisa kamu nikmati di Science Centre Singapore berikut ini!

Pameran ilmiah

Sesuai namanya, kamu bisa memulai petualangan di sini dengan mengunjungi berbagai pameran ilmiah yang tersedia. Misalnya saja pameran Earth Alive yang memperlihatkan sistem dan aktivitas ilmiah bumi berdasarkan elemennya, yakni Geosphere, Hydrosphere, Atmosphere, dan Human Sphere.

Jangan lupa berfoto dengan GAIA, globe terbang berdiameter 5 meter yang menampilkan gambaran bumi dari luar angkasa!

Satu lagi pameran ilmiah yang menarik adalah Dialogue with Time dimana kamu bisa mempelajari proses pertumbuhan dan penuaan manusia. Kamu akan memahami penuaan tubuh manusia secara biologis maupun psikologis lewat alat peraga dan penjelasan dari pemandu Science Centre Singapore yang telah berusia lanjut!

Selain dua pameran di atas, masih banyak lagi yang menarik. Misalnya, belajar tentang rasa takut di Phobia 2: The Science of Fear, tentang energi di Kinetic Garden dan Energy Story, sampai serba-serbi buang air besar di Know Your Poo!

Pamerannya pun banyak yang estetik juga. Jangan lupa foto-foto di Professor Crackitt’s Light Fantastic Mirror Maze!

Escape Rooms

Bukan wahana biasa, bermain di escape room butuh kecerdasan dan stamina supaya kamu bisa keluar dengan selamat. Ada tiga kasus yang bisa kamu mainkan di escape room Science Centre Singapore.

Kamu bisa menjalankan misi menyelamatkan diri dari penculikan alien di Museum of Humankind, menjelajahi metaverse di Shangri-La, sampai menyelamatkan korban ilmuwan gila di Dr. X. Seru banget deh pokoknya!

#HHWT Tips: Jangan lupa pakai baju dan sepatu yang nyaman karena escape room kadang harus dimainkan dengan berlari atau sambil jongkok.

Demonstrasi ilmiah

Bukan Science Centre Singapore namanya kalau tidak ada demonstrasi ilmiah yang bikin terkesima. Dimana lagi kamu bisa menyaksikan tornado api dengan aman selain di sini?

Selain Fire Tornado Shoe, ada juga Energy Titans Show dan Superpower Science Show yang menampilkan ‘keajaiban’ energi yang ada di manusia dan sekitarnya.

Omni-Theater

Tempat wisata di Singapura ini juga punya omni-teater yang merupakan bioskop tiga dimensi beresolusi 8K pertama di Asia Tenggara. Kamu bisa menonton film animasi atau dokumenter dengan pengalaman imersif di layar berdiameter 23 meter.

Saat ini, ada dua film yang sedang diputar di Omni-Theater Science Centre Singapore, yakni 3-2-1 Liftoff! Dan Everest. Jangan lupa mengecek jadwal tayang dan ketersediaan tiket sebelum kamu datang, ya!

Stargazing

Ternyata, kamu pun bisa stargazing alias melihat bintang ketika liburan ke Singapura! Bukan hanya menarik untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa menikmati keseruan penjelajahan bintang dengan teleskop di Science Centre Singapore Observatory. Selain melihat bintang, kamu juga bisa mengenal benda-benda langit dan belajar menggunakan teleskop bintang!

KidsSTOP

Kalau kamu mencari tempat wisata di Singapura untuk memanjakan si kecil, maka kamu bisa mampir ke KidsSTOP di Science Centre Singapore. Bukan playground biasa, di sini si kecil bisa bermain sambil belajar tentang biologi, astronomi, sampai dinosaurus! KidsSTOP punya berbagai permainan seru yang cocok untuk anak-anak berusia mulai dari 18 bulan sampai 8 tahun.

Ada berbagai ‘dunia’ di KidsSTOP yang bisa si kecil jelajahi. Kamu bisa memasuki dunia alam liar dan ekologi Singapura di area Nature, mempelajari serba-serbi dunia astronomi sambil melatih motorik di area The Flight and Space, atau berinteraksi dengan hewan-hewan kecil di area Critters Room.

Untuk si kecil berusia yang senang bermain sensori, kamu bisa mengajaknya ke Small World yang berwarna-warni dengan aneka tekstur. Ia juga bisa belajar tentang angka dengan berbagai permainan sederhana. Opsi lainnya, ajak ia bermain pasir di Dino Pit sambil menggali fosil dinosaurus dari zaman purba!

Kamu juga bisa memperkenalkan berbagai keterampilan kepada si kecil. Misalnya dengan bermain instrumen musik di Music Room, membuat pernak pernik di Tinkering Lab, sampai belajar tentang seni pertunjukan dan perfilman di Kiddie Theatre!

Bawa mereka menikmati petualangan seru di Little Ant Kingdom atau Little Footprints untuk menjalankan tiga misi sambil bermain dan menjelajahi area KidsSTOP. Lihat pilihan seru lainnya di sini!

#HHWT Tips: Pastikan kamu dan si kecil dalam kondisi sehat ketika bermain karena di sini banyak anak-anak seusianya juga!

Sci-sational Christmas Activity

Kalau kamu sedang merencanakan liburan ke Singapura akhir tahun ini, jangan lupa berkunjung ke Science Centre Singapore karena ada acara spesial Sci-sational Christmas Activity!

Selain menikmati pameran dan aktivitas reguler, khusus musim liburan ini ada berbagai agenda menarik yang bisa kamu coba, misalnya membuat mainan spinner di Buzzing Toy Spinner, belajar tentang ilmu cahaya dan suara di Bling & Bong dan Sci-sational Christmas Learning Journey, sampai melihat proses di balik layar konser di A Christmas Concert: BTS.

Rangkaian acara spesial akhir tahun ini berlangsung setiap hari, mulai tanggal 9-25 Desember 2023.

Fun-Filled Family Bundle

Supaya liburan ke Singapura kamu lebih hemat, kamu bisa membeli tiket bundling untuk berkunjung ke Science Centre Singapore. Dengan demikian, kamu bisa mengunjungi lebih banyak wahana serta mendapatkan voucher makan dan belanja di Curiosity Shop!

Ada beberapa pilihan tiket bundling yang bisa kamu pilih (syarat dan ketentuan berlaku), yakni sebagai berikut:

  • SGD 12 (termasuk tiket Science Centre untuk dewasa + voucher Curiosity Shop SGD 5 + voucher makan SGD 5)
  • SGD 23 (termasuk tiket KidsSTOP untuk anak + voucher Curiosity Shop SGD 5 + voucher makan SGD 5)
  • SGD 23.90 (termasuk tiket Science Centre untuk dewasa + Omni-Theatre + voucher Curiosity Shop SGD 5 + voucher makan SGD 5)
  • SGD 21.90 (termasuk tiket Science Centre untuk anak + Omni-Theatre + voucher Curiosity Shop + voucher makan SGD 5)

#HHWT Tips: Kamu bisa makan di Coffee Bee, kedai kopi yang ada di Science Centre Singapore yang sudah bersertifikat halal!

Bermain seharian sambil belajar di Science Centre Singapore bakal bikin liburan kamu sekeluarga semakin berkesan!

Science Centre Singapore

Alamat: 15 Science Centre RD, Singapore 609081

Jam operasional: Selasa - Minggu pukul 10.00-17.00 (terakhir masuk pukul 16.15). Tutup setiap Senin kecuali hari libur nasional dan liburan sekolah. Jangan lupa cek dulu jam buka masing-masing wahana sebelum berkunjung.

Harga tiket masuk: Mulai dari SGD 12 untuk orang dewasa dan SGD 8 untuk anak usia 3-12 tahun. Harga ini berlaku untuk tiket masuk Science Centre Singapore saja, belum termasuk tiket untuk wahana pilihan di dalamnya. Kunjungi halaman pembelian tiket untuk memilih tiket yang kamu inginkan.

Website|Instagram

Artikel ini dipersembahkan oleh Science Centre Singapore.