icon
icon
article hero

Salmon Mentai, Makanan Hits Enak yang Ternyata Mudah Dibuat

AvatarName

Tiara  •  Jun 19, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Resep salmon mentai sederhana biasanya terdiri dari nasi , saus mentai yang lembut, dan daging salmon yang manis. Elemen inilah yang membuat salmon mentai begitu digemari belakangan ini. Berbagai restoran dan kedai online yang menjamur pun berlomba-lomba menyajikan salmon mentai  terbaik dengan berbagai modifikasi. Daripada bingung memilihnya, mengapa tidak mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah? Mentai sendiri berasal dari kata 'mentaiko' yang merujuk kepada makanan khas Jepang berupa telur ikan kod (tarako) yang dibumbui dengan lada. Tarako sendiri berbeda dengan tobiko yang biasa digunakan dalam masakan Jepang di Indonesia. Tarako berwarna merah muda, sementara tobiko berwarna jingga cerah. Tapi, rasa keduanya sama-sama enak! Ada banyak cara dan modifikasi untuk membuat salmon mentai. Bisa menggunakan nasi putih, nasi yang dicampur nori, atau bahkan menggunakan shirataki dan wakame. Semua bisa kamu sesuaikan dengan selera. Berikut adalah resep salmon mentai sederhana untuk kamu praktekkan sendiri di rumah!
Bahan yang dibutuhkan
Bahan dasar: 1 porsi nasi putih (gunakan beras Jepang atau beras pulen yang dicampur dengan 20% ketan putih) 1 sdm shoyu halal atau kecap asin 1 sdm mirin halal atau 1 sdt gula (opsional) 2 sdm nori bubuk (opsional) Bahan saus mentai: 4 sdm mayones (menggunakan mayones Jepang lebih enak) 1 sdm saus sambal 1 sdm saus tomat 1 sdm tobiko 1/2 sdt minyak wijen Bahan topping: 150 gram fillet salmon, iris tipis 1 sdm shoyu halal Jamur enoki secukupnya, rebus atau tumis sebentar (opsional) Crab stick secukupnya (opsional) 
Cara membuat
Campurkan nasi dengan shoyu, mirin, dan bubuk nori, lalu aduk hingga rata, sisihkan. Siapkan bahan topping dengan memarinasi irisan fillet salmon dengan shoyu dan diamkan selama 15 menit di dalam kulkas. Buat saus mentai dengan mencampur semua bahan, lalu masukkan ke dalam plastik segitiga atau plastik bening, lalu ikat dan gunting ujungnya. Cara ini dilakukan supaya lapisan saus mentainya nanti mudah dituangkan dan bisa dibentuk sesuai selera. Saatnya menyusun salmon mentai! Gunakan wadah tahan panas untuk salmon mentai seperti loyang kaca ataupun alumunium foil. Hal ini harus diperhatikan karena tahapan terakhir (dan terbaik!) dari salmon mentai adalah proses pembakaran sausnya. Keluarkan fillet salmon yang sudah dimarinasi lalu bakar menggunakan blow torch hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Ingat, hanya gunakan salmon berkualitas sashimi kalau kamu ingin membuatnya setengah matang. Selain dibakar, salmonnya pun bisa dipanggang sebentar di atas wajan hingga matang. Susun nasi di dasar wadah, lalu taburkan topping sesuai keinginan. Letakkan crabstick dan jamur di atas nasi, lalu letakkan salmon, dan tuangkan saus mentai di bagian paling atas hingga menutupi seluruh permukaan wadah. Nyalakan blow torch  dan bakar bagian atas saus hingga terkaramelisasi. Sajikan selagi hangat! #HHWT Tip: Kalau kamu tidak punya blow torch, kamu bisa memanggangnya di oven dengan api atas selama beberapa menit hingga permukaannya kecoklatan. Supaya lebih jelas, kamu bisa mengikuti langkah demi langkah yang ditunjukkan dalam video Youtube Cooknolia di atas! Mudah bukan untuk membuatnya? Tidak heran jika makanan yang satu ini menjadi menu andalan berbagai kedai online. Kamu hanya perlu mencari resep terbaik yang sesuai dengan selera kamu! Berawal dari coba-coba, kamu pun bisa menciptakan resep favorit yang bisa kamu jual nanti. Simak juga tips dan serba serbi makanan lainnya dalam artikel berikut ini: