icon
icon

Sudah Siap Ngabuburide? 5 Rute Gowes Ini Bisa Kamu Coba

AvatarName

Tiara  •  Apr 07, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan Berpuasa bukan berarti kita tidak bisa berolahraga sama sekali. Sebaliknya, olahraga justru sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa. Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu buka puasa adalah bersepeda. Ngabuburit sambil gowes memang menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu. Namun ingat, sesuaikan jarak dan rute gowes selama berpuasa. Berikut ini adalah beberapa kawasan di Jakarta yang bisa kamu eksplor dengan sepeda sambil ngabuburit. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat berkendara, apalagi jika kamu sedang berpuasa.
Pelabuhan Sunda Kelapa
Di dermaga ini, kamu bisa melihat kapal-kapal besar yang tengah bersandar. Lihat saja ukuran kapalnya jika dibandingkan dengan sepeda, besar sekali! Sambil menunggu waktu berbuka, kamu bisa menyusuri tepian dermaga. Jika cuaca sedang baik, kamu bisa dapat bonus pemandangan langit senja yang cantik. #HHWT Tip: Tetap berhati-hati selama perjalanan, perhatikan kendaraan besar yang melintas karena kawasan ini termasuk kawasan bisnis.
Pantai Indah Kapuk 2
Rute gowes di Jakarta ini sempat viral karena pemandangan senjanya yang indah, terutama di jembatannya. Jembatan ini berada tepat di perbatasan antara Jakarta dan Tangerang. Untuk bersepeda di sana, ada beberapa aturan yang perlu kamu ketahui. Pertama, pesepeda hanya bisa masuk pukul 6.00-9.00 dan 16.00-17.30. Kemudian, hanya pesepeda berusiadi atas 12 tahun yang diizinkan beraktivitas di sini. Selain jembatannya, kamu pun bisa bersepeda di jalur lain di dekatnya seperti pesisir pantainya.#HHWT Tip: Tetap berhati-hati karena kawasan ini masih dalam proses pembangunan sehingga banyak kendaraan berat yang berlalu lalang.
Taman Mini Indonesia Indah
Jika kamu mencari rute sepeda di Jakarta yang teduh dan aman, maka Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa jadi pilihan. Di taman rekreasi seluar 150 hektar ini, kamu bisa "keliling Indonesia" dengan bersepeda. Jalurnya terbilang aman dan cocok untuk anak-anak, sehingga kamu pun bisa gowes bersama keluarga.
Kota Tua
Mulailah dari Museum Fatahillah dengan mengeksplor bagian luar dan dalamnya. Jangan lupa untuk berfoto dengan Meriam Si Jagur yang ikonik. Setelahnya, kamu bisa mampir ke Museum Wayang. Dari sana, lanjutkan gowes ke Jalan Kali Besar Timur atau Barat yang berada di tepi Kali Krukut. Selain melihat Toko Merah, kamu pun bisa singgah ke taman terapung di Kali Krukut yang merupakan atraksi wisata terbaru di kawasan ini.
Pasar Baru
Ragam rumah ibadah di Jakarta pun bisa kamu eksplor dengan bersepeda. Rute ini bisa kamu lakukan di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Mulailah dari Vihara Mahavira Graha di Jalan Lautze, lalu lanjutkan ke GPIB Pniel. Sambil ngabuburit, kamu bisa mengagumi keindahan arsitektur kedua rumah ibadah ini. Dari sana,lanjutkan perjalanan ke Gereja Katedral untuk mengagumi kemegahannya. Terakhir, tutup perjalanan kamu dengan rehat di Masjid Istiqlal. Meski kini belum dibuka lagi, melihat keindahannya dari luar sudah cukup menjadi hiburan. Simak juga keseruan lain yang bisa kamu lakukan sambil ngabuburit di Jakarta dalam artikel berikut ini: