icon
icon
article hero

6 Rute Gowes Favorit di Jakarta dan Sekitarnya untuk Semua Level Pesepeda

AvatarName

Tiara  •  Jan 09, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Sudah punya rencana untuk akhir pekan ini? Kalau belum, kamu bisa mencoba bersepeda sambil menikmati pemandangan. Selain menyehatkan, jalan-jalan dengan sepeda juga bisa membuat kamu melihat suasana yang berbeda dari sebuah tempat yang familiar. Siapkan sepeda, jaket, dan helm kamu. Kumpulkan teman-teman, dan bersiaplah untuk pengalaman menyenangkan dan menyehatkan di rute sepeda di Jakarta ini.
Kota Tua - Pelabuhan Sunda Kelapa
Rute sepeda di Jakarta yang satu ini akan membawa kamu menikmati suasana sejarah kolonial dan bahari. Mulailah dari Kota Tua di mana kamu bisa melihat gedung-gedung bersejarah dan taman terapung Kali Besat. Setelahnya, lanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Sunda Kelapa. Di dermaga ini, kamu bisa melihat kapal-kapal besar yang tengah bersandar. #HHWT Tip: Tetap berhati-hati selama perjalanan, perhatikan kendaraan besar yang melintas karena kawasan ini termasuk kawasan bisnis. Jarak: 6 kilometer
Sudirman-Thamrin
 Untuk pesepeda pemula, gowes di rute sepeda di Jakarta ini bisa menjadi permulaan yang baik. Jalan Sudirman-Thamrin sudah tertata rapi, lengkap dengan jalur pesepeda di pinggirnya. Kamu bisa merasakan suasana yang berbeda ketika menyusuri jalanan yang sibuk ini dengan sepeda. Kalau kamu kebetulan berkantor di kawasan ini, gowes di sini pun bisa jadi latihan yang baik untuk beralih dari kendaraan bermotor ke sepeda untuk berangkat kerja. Jarak: 6 kilometer
Pantai Indah Kapuk 2
Rute gowes di Jakarta ini sedang viral karena pemandangan senjanya yang indah, terutama di jembatannya. Jembatan ini berada tepat di perbatasan antara Jakarta dan Tangerang. Untuk bersepeda di sana, ada beberapa aturan yang perlu kamu ketahui. Pertama, pesepeda hanya bisa masuk pukul 6.00-9.00 dan 16.00-17.30. Kemudian, hanya pesepeda berusia di atas 12 tahun yang diizinkan beraktivitas di sini. Selain jembatannya, kamu pun bisa bersepeda di jalur lain di dekatnya seperti pesisir pantainya. #HHWT Tip: Tetap berhati-hati karena kawasan ini masih dalam proses pembangunan sehingga banyak kendaraan berat yang berlalu lalang.
Taman Mini Indonesia Indah
Jika kamu mencari rute sepeda di Jakarta yang teduh dan aman, maka Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa jadi pilihan. Di taman rekreasi seluar 150 hektar ini, kamu bisa "keliling Indonesia" dengan bersepeda. Jalurnya terbilang aman dan cocok untuk anak-anak, sehingga kamu pun bisa gowes bersama keluarga.
Cihuni Hill Park
 Untuk kamu yang lebih suka sepede gunung, rute sepeda di Jakarta mungkin kurang menantang. Karenanya, kamu bisa datang ke Cihuni Hill Park yang berada di Jalan Cijantra Raya, Serpong. Trek sepeda MTB ini sudah ada sejak tahun 2010 dan kembali naik daun seiring dengan tren sepeda yang semakin populer. Trek berundak-undak dengan suasana rindang di sini menjadi pengalaman bersepeda tersendiri yang menarik untuk dicoba. 
Kilometer Nol Sentul
Berbeda dengan rute sepeda di Jakarta yang cenderung datar, kamu akan menemui sejumlah tanjakan 'pedas' selama gowes di kawasan Sentul. Biasanya jalur dimulai dari Sentul City ke Taman Budaya. Dari sana, kamu bisa lanjut gowes ke area yang lebih tinggi, bahkan mampir ke beberapa curug yang ada disana. Kalau kamu ingin mencoba rute sepeda ini, jangan lupa untuk menyiapkan fisik dan logistik ya. #HHWT Tip: Kamu pun bisa mampir ke beberapa cafe Instagramable di Sentul di sepanjang perjalanan! Simak juga rekomendasi liburan santai di dalam kota lainnya dalam artikel berikut ini: