icon
icon
article hero

Naik Transportasi Umum ke Bali Lewat Banyuwangi, Ini Caranya!

AvatarName

Sastri  •  Dec 23, 2020

icon

Kondisi yang tertera di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Banyak jalan menuju Bali. Meski cara termudah adalah naik pesawat dari kota asalmu langsung ke Pulau Dewata, mungkin kamu ingin mencoba rute lain. Seperti yang kita tahu, Bali dan Pulau Jawa terpisah oleh Selat Bali. Oleh karena itu kamu bisa menyambangi Bali lewat Banyuwangi, kota paling timur Pulau Jawa! Kamu bisa melakukan perjalanan ke Bali dengan road trip naik kendaraan pribadi, atau naik kendaraan umum. Berikut rangkumannya! :)
Jakarta – Banyuwangi
Tersedia beberapa opsi transportasi dari Jakarta ke Banyuwangi:
  1. Pesawat: Kamu bisa menggunakan jasa maskapai Citilink, Garuda Indonesia, dan NAM Air untuk penerbangan langsung. Sementara itu, Lion Air dan Wings Air melayani penerbangan transit.
  2. Kereta: Kamu bisa naik kereta ke Surabaya kemudian Banyuwangi. Naiklah KA Gaya Baru Malam Selatan (Stasiun Pasar Senen – Stasiun Surabaya Gubeng), lantas melanjutkan perjalanan dengan KA Probowangi (Stasiun Surabaya Gubeng – Stasiun Banyuwangi Baru). Kamu juga bisa menggunakan KA Mutiara Timur (Stasiun Surabaya Gubeng – Banyuwangi).
  3. Bus: Ada beberapa PO Bus yang melayani rute Jakarta – Banyuwangi antara lain Lorena dan Pahala Kencana. 
Banyuwangi – Bali
Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih ketika bertolak dari Banyuwangi ke Bali:
  1. Bus:Ini adalah transportasi umum yang paling sering digunakan oleh warga lokal danwisatawan. Kamu bisa menunggu bus tujuan Denpasar dari Terminal Genteng, Terminal Rogojampi, atau Terminal Karangente di Banyuwangi.
  2. Travel: Ada beberapa agen travel yang menyediakan transportasi murah berjadwal. Kamu bisa minta jasa penjemputan di alamat di Banyuwangi, dan langsung diantar ke alamat tujuanmu di Bali.
  3. Kapal ferry: Semua moda transportasi umum harus naik kapal ferry. Kamu yang membawa kendaraan pribadi juga bisa langsung membeli tiket kapal ferry di Pelabuhan Ketapang, dan menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk. Lama penyebrangan sekitar 1 jam.
  4. Rental mobil: Selain semua opsi transportasi di atas, kamu juga bisa menyewa mobil langsung dari Banyuwangi. Hal ini memudahkan untuk kamu yang ingin menjelajah Pulau Dewata dengan lebih leluasa. Di Banyuwangi tersedia beberapa rental mobil, baik dengan supir maupun lepas kunci.
Syarat masuk Bali
Gubernur Bali I Wayan Koster telah mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Bali No 2021 tntenag Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru Provinsi Bali. Beberapa syarat yang harus kamu patuhi ketika ingin mengunjungi Pulau Dewata adalah:
  1. Swab PCR untuk perjalanan udara: kamu wajib menunjukkan surat keterangan hasil uji swab berbasis PCR yang berlaku maksimal H-7 sebelum keberangkatan.
  2. Rapid test antigen untuk perjalanan darat dan laut:hasil tes ini wajib ditunjukkan ketikamemasuki Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Hasil tes yang berlaku diambil maksimal H-7 sebelum keberangkatan.
  3. Mengisi e-HAC (Electronic Health Card): Ini merupakan kartu kesehatan yang biasa diisi manual sebelumnya.
Meski berencana liburan ke Bali via Banyuwangi, kamu tetap harus melakukan tes Covid-19. Inilah saat yang tepat untuk menjadi wisatawan yang bertanggungjawab. Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya kamu merencanakan itinerary dengan beberapa artikel di bawah ini :) 5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Liburan Tahun Baru di Bali 10 Destinasi Instagramable yang Wajib Dikunjungi di Bali 6 Resort Mewah di Tepi Sungai Ayung 9 Makanan Khas Bali (Halal!) 5 Tempat Belanja Oleh-oleh Khas Bali