icon
icon
article hero

5 Cara Menjadi Responsible Traveller di Tengah Pandemi Covid-19

AvatarName

Sastri  •  Dec 22, 2020

icon

Kondisi yang tertera di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan.  Pandemi Covid-19 mengubah segalanya, termasuk cara kita bepergian. Dampak pandemi terhadap sektor pariwisata juga tidak main-main. Jangankan kita sebagai traveller, di luar sana banyak pelaku wisata yang berjuang untuk keberlangsungan hidup mereka masing-masing. Berwisata memang bukan menjadi kebutuhan primer saat ini. Namun jika kamu ingin berwisata, inilah saatnya untuk menjadi responsible traveller alias wisatawan yang bertanggungjawab. Sedikitnya ada 5 poin yang bisa kamu lakukan untuk menjadi responsible traveller selama pandemi Covid-19. Jangan lupa terapkan ini ketika kamu melakukan perjalanan ya! :)
1 . Tes Covid-19
Meski kamu yakin virus Covid-19 tidak akan hinggap di tubuhmu, tak ada salahnya melakukan tes Covid-19. Baik itu tes molekuler (RNA/PCR), Rapid Test Antigen, dan Rapid Test Antibodi.
Tes molekuler berupa PCR tentu paling efektif, karena bisa mendeteksi Covid-19 secara cepat dan paling akurat. Namun jika kamu merasa keberatan dengan biayanya, cobalah dua tes terakhir. Melakukan tes Covid-19 merupakan bentuk tanggung jawab dari diri kita sendiri ke orang lain. Ini bukanlah saat yang tepat untuk egois! J
2. Terapkan protokol kesehatan
Saat liburan ke kota lain, terapkan selalu protokol kesehatan bahkan untuk orang terdekat. Ingat, virus tidak mengenal hubungan darah.
Terapkan protokol kesehatan dengan cara terus mengenakan masker (kecuali saat makan/ minum), menjagajarak, dan mencuci tangan sesering mungkin. Jangan lupa kantongi terus hand sanitizer.
3. Belanjakan uangmu!
Nah, hal ini yang kerap luput dari wisatawan ketika sedang melakukan perjalanan. Seperti yang kita tahu, pelaku industri wisata tengah berada di dalam kesulitan. Jika kamu travelling, bantulah mereka dengan membelanjakan uangmu.
Baik itu menginap di hotel lokal, makan di restoran/ tempat makan lokal, belanja suvenir, memesan tur operator, dan lain-lain. Dengan belanja, kamu secara langsung berkontribusi dalam menghidupi mereka lho!
4. Eksplorasi tempat wisata yang belum pernah dikunjungi
Selain kota besar, banyak daerah terpencil yang juga berjuang untuk hidup lewat pariwisata. Tak ada salahnya dalam perjalanan nanti, kamu melipir sejenak ke daerah yang belum pernah kamu datangi sebelumnya.
Misal ketika kamu travelling ke Jogja, cobalah melipir ke Kabupaten Gunungkidul untuk menikmati pantai pesisir Selatan sekaligus menyambangi beberapa atraksi wisata. Hal itu akan sangat membantu perekonomian lokal.
5. Menjadi wisatawan yang ramah lingkungan
Pandemi Covid-19 hadir salah satunya karena ulah manusia. Oleh karena itu, cobalah menjadi wisatawan yang lebih baik dalam hal environment friendly alias ramah lingkungan.
Bawalah tumblr sendiri ke manapun kamu pergi. Bawa juga peralatan makan seperti piring dan sendok garpu reusable. Bawa juga stainless straw kamu. Selain ramah lingkungan, hal ini juga merupakan upaya untuk mencegah penularan Covid-19. Berwisata di tengah pandemi tidaklah salah, namun ini saat yang tepatuntuk menjadi wisatawan yang bertanggungjawab. Tak hanya pada diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Selamat liburan! :)