icon
icon
article hero

5 Resep Hidangan Pendamping Ketupat untuk Memeriahkan Hari Raya

AvatarName

Tiara  •  Apr 29, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Selain kue Lebaran, resep sayur ketupat adalah hal yang paling banyak dicari menjelang akhir bulan Ramadan. Menyiapkan aneka makanan memang menjadi salah satu bentuk antusiasme untuk menyambut Hari Kemenangan ini. Sepiring ketupat tentu belum lengkap tanpa sayur ketupat dan pelengkap lainnya. Masih ada waktu untuk mencari resep sayur ketupat dan hidangan pelengkap terbaik, dan tim HHWT telah merangkumnya untuk kamu.
Sayur ketupat Betawi
Sayur ketupat Betawi adalah sahabat terbaik ketupat Lebaran. Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan buah pepaya muda, kacang panjang, santan instan, dan air. Sementara untuk bumbunya, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, dan kemiri hingga membentuk pasta. Jangan lupa siapkan daun salam, gula jawa, garam, gula pasir, dan sedikit penyedap. Kupas dan serut pepaya muda, potong-potong kacang panjang, lalu kukus sebentar. Tumis bumbu halus dan kemiri, masukkan daun salam dan didihkan bersama air. Masukkan sisa bumbu, pepaya, dan kacang panjang, koreksi rasa, lalu sajikan dengan taburan bawang goreng. Lihat tutorial memasaknya dalam video di atas!
Opor ayam
Bayangkan saja potongan ayam yang lembut, aroma rempah yang semerbak, dan gurihnya kuah santan. 🤤 Dibalik tampilan dan rasanya yang menggugah selera, ternyata tidak terlalu sulit untuk memasak opor ayam enak dangurih untuk Lebaran! Kamu bisa melihat resep opor ayam kuning dan putih beserta tipsnya diartikel ini!
Rendang
Resep rendang Padang yang enak juga membuat makan ketupat semakin nikmat. Bayangkan saja mencocol ketupat dengan bu,bu rendang yang berempah, tanpa dagingnya pun sudah cukup lezat bukan? Untuk membuat rendang dari dua kilogram daging sapi, kamu butuh 1,5 liter santan kental dan 2 liter santan encer yang diambil dari lima butir kelapa tua. Bumbu-bumbunya memang cukup banyak, tapi inilah jaminan rasa rendang yang sedap. kamu butuh 300 gram cabai keriting, 200 gram bawang merah, 100 gram bawang putih, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, jahe, cengkeh, bunga lawang, kapulaga, biji pala, dan ketumbar. Untuk tutorial memasaknya, kamu bisa intip video di atas!
Semur daging
Selain rendang, semur pun biasanya menjadi menu pendamping ketupat yang dicari. Untuk satu kilogram daging sapi, kamu butuh 15 sdm kecap manis, gula merah, daun salam, dan lengkuas. Untuk bumbunya, siapkan 10 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 5 butir kemiri, ebi kering, ketumbar bubuk, kaldu bubuk, garam dan lada, serta air untuk memasaknya. Membuatnya pun ternyata tidak terlalu rumit. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah dalam video di atas.
Sambal ati kentang
Makanan yang satu ini wajib hadir saat Lebaran tiba untuk menemani ketupat danopor ayam. Rasanya yang pedas dan gurih cocok dinikmati bersama nasi panas dan makanan lainnya. Yuk, mulai buat sambal goreng kentang sendiri untuk stok Lebaran nanti! Lihat resep dan tips agar lauk ini awet disimpan dalamartikel ini! Simak juga rekomendasi seputar Lebaran dan Ramadan lainnya dalam artikel berikut ini: