icon
icon
article hero

5 Resep Pancake Halal dari Berbagai Belahan Dunia

AvatarName

Sastri  •  Mar 20, 2021

icon

Artikel asli ditulis oleh Ili. Kamu bisa membaca versi bahasa Inggris di sini. Siapa yang tidak suka pancake? Kue ini mudah dibuat, bahannya tidak sulit untuk ditemukan, serta mengenyangkan dan bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lain. Namun tahukah Anda, beberapa negara memiliki pancake khas seperti Okonomiyaki (Jepang) dan Crepe (Perancis). Berikut 5 pancake halal dari berbagai belahan dunia yang bisa kamu tiru resepnya!
1. Pajeon
Jika masuk ke restoran Korea, besar kemungkinan kamu akan menemukan hidangan Pajeon. Ini adalah pancake daun bawang yang "bersaudara" dengan Kimchijeon (pancake Kimchi) serta Haemul Pajeon (pancake seafood). Cara membuatnya cukup sederhana! Simak di sini :)
2. Japanese fluffy pancakes
Pancake satu ini juga kerap disebut souffle pancake. Sama halnya dengan Japanese Cheesecake, pancake satu ini juga memiliki tahap memisahkan kuning dan putih telur. Oleh karena itulah tekstur pancake ini sangat lembut dan fluffy! Simak resepnya di sini. 
3. Okonomiyaki
Okonomiyaki adalah pancake Jepang bercita rasa gurih, yang dibuat dengan sayuran dan daging yang digoreng serta diberi bumbu antara lain saus khas okonomiyaki, mayonaise, dan serpihan bonito. Makanan kaki lima ini sangat populer di Osaka dan Hiroshima, yang masing-masing memiliki ciri khas. Selain itu, okonimiyaki ala Kansai atau Osaka kerap menggunakan ayam atau seafood sehingga menjadi opsi halal danmudah untuk ditiru!
4. Dorayaki
Kalau kamu merupakan generasi 80-an atau 90-an, pasti kamu hafal bahwa dorayaki adalah makanan kesukaan Doraemon! Makanan penutup ini merupakan pancake yang memiliki isian manis, seperti anko (pasta kacang merah). Kini kamu bisa menemukan banyak varian dorayaki antara lain dengan isi wagashi (manisan), es krim, Nutella, sampai selai kacang! Simak resepnya di sini.
5. Crepe ala Perancis
  Rindu travelling ke Perancis atau ingin mengunjungi Negara Menara Eiffel yang indah tersebut? Coba dulu salah satu makanan paling terkenalnya, yaitu crepe. Dengan lapisan yang tipis dan pinggiran yang renyah, tak perlu banyak isian crepe ini sudah sangat nikmat! Cek resepnya di sini.