icon
icon
article hero

Resep Lukumades, Donat Yunani Viral dengan Aneka Topping

AvatarName

Tiara  •  Jan 15, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kenyal dan lembut dengan topping aneka rasa, lukumades kembali viral di media sosial. Donat Yunani ini sempat viral pada tahun 2020 setelah membuka gerai pertamanya di sebuah mall di bilangan Serpong. Kala itu, kamu harus antri selama dua jam untuk mencobanya. Kini, lukumades kembali viral karena semakin banyak yang jatuh cinta pada rasanya. Namun, antriannya pun masih ramai. Kalau kamu penasaran dengan rasa lukumades, kamu pun bisa membuatnya di rumah dengan resep berikut ini. Bahan-bahan: 250 gram tepung terigu protein sedang 1 1/2 sdt ragi instan 1/4 sdt gula pasir 100 ml air es 1/4 sdt garam 2 sdt mentega tawar minyak untuk menggoreng secukupnya Bahan sirup: 100 gram gula pasir 50 ml air matang 1 sdm madu Topping (opsional): Gula halus dan bubuk kayumanis Nutella Saus coklat Saus karamel
Cara membuat: Buat dulu sirup lukumades dengan merebus air, gula, dan madu hingga semua larut dan tercampur, lalu sisihkan. Untuk adonan lukumades, campurkan tepung terigu, tagi instan, dan gula pasir, lalu aduk rata. Tuangkan air es sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis. Masukkan garam dan mentega tawar, kembali uleni hingga adonan elastis, Diamkan adonan lukumades di dalam wadah tertutup selama 20 menit. Setelahnya, adonan lukumades akan mengembang. Kempiskan adonan, lalu bagi masing-masing menjadi sekitar 15 gram. Bulatkan adonan, lalu diamkan lagi selama 15 menit. 
Setelah 15 menit, panaskan minyak dan goreng lukumades hingga matang. Tiriskan lalu celupkan lukumades ke larutan sirup. Terakhir, beri topping sesuai selera! Simak juga resep mudah dan enak lainnya dalam artikel berikut ini: