icon
icon
article hero

5 Resep Kolak Paling Populer di Internet untuk Menu Takjil Buka Puasa

AvatarName

Tiara  •  Apr 20, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Resep kolak adalah hal yang paling banyak dicari saat bulan Ramadan. Entah itu untuk takjil buka puasa, ide bisnis, ataupun sebagai hantaran, kolak merupakan makanan yang melambangkan Ramadan. Kalau kamu masih mencari resep kolak sederhana dan paling mudah, kamu membaca artikel yang tepat. Tim HHWT telah merangkum enam resep kolak paling dicari di internet beserta tipsnya agar kamu bisa mulai memasak hari ini.
Kolak pisang
Resep kolak pisang tentu menjadi bacaan wajib saat bulan Ramadan. Perpaduan pisang yang manis, gurihnya santan, dan harumnya gula merah memang paling cocok dinikmati sebagai hidangan berbuka. Panas maupun dingin, kolak pisang dijamin menjadi menu yang sulit ditolak. Cukup siapkan pisang, gula merah, santan, daun pandan, gula pasir, sejumput garam, dan air untuk membuatnya. HHWT Tip: Gunakan pisang uli matang agar kolak pisang buatan kamu terasa segar! Simak resep kolak pisang dan cara membuatnya dalam video di atas!
Kolak biji salak
Bulat, kenyal, dan mengenyangkan kolak biji salak adalah resp kolak nomor dua terpopuler seantero internet. Jangan tertipu dengan namanya, biji salak yang dimaksud terbuat dari ubi kukus yang dihaluskan dan dibentuk bulat-bulat. Bahan-bahan resep kolak biji salak tidak berbeda jauh dengan resep kolak pisang. Hanya saja, kamu bisa memasak kuahgula dan santannya terpisah.HHWT Tip: Kamu bisa menggunakan ubi ungu, ubi kuning, dan ubi Cilembu supaya warna kolak kamu lebih cantik! Simak cara membuat kolak biji salak mudah dalam video di atas!
Kolak singkong
Bukan hanya pisang dan ubi, resep kolak singkong juga dicari banyak orang selama bulan Ramadan. Bahan-bahan untuk membuatnya juga tidak kalah mudah. Cukup siapkan singkong yang telah dikupas dan dipotong-potong, santan, gula merah, gula pasir, daun pandan, serta sejumput garam. HHWT Tip: Kunci dariresep kolak singkong enak adalah pemilihan singkongnya. Pilih singkong yang berukuran sedang dan kulitnya bergaris-garis. Hindari memilih singkong yang ujungnya berwarna hitam karena biasanya sudah tidak segar. Simak resep singkong sederhana dan cara membuatnya dalam video di atas!
Kolak labu kuning
Kalau kamu merasa ubi dan singkong membuat kamu terlalu kenyang, kolak labu kuning bisa menjadi pilihan. Bahan-bahan untuk resep kolak labu kuning juga serupa dengan kolak pisang. Cukup siapkan labu kuning yang sudah dikupas, dibuang bijinya, dan dipotong-potong. HHWT Tip: Ketika memilih labu kuning, pastikan tidak ada bercak hitam atau putih di kulitnya. Kamu juga bisa mengetuk permukaan labu. jika terdengar seperti berongga, artinya labu tersebut sudah matang. Simak cara menbuat kolak labu kuning sederhana dalam video di atas!
Kolak kacang hijau
Kolak kacang hijau bisa menjadialternatif takjil yang lebih sehat. Kabar baiknya, rasanya juga enak dan membuatnya pun mudah. Bahan-bahan yang diperlukan mirip dengan kolak lainnya, cukup siapkan kacang hijau sebagai bahan utama.HHWT Tip: Rendam dahulu kacang hijau semalaman sebelum digunakan! Lihat cara membuat kolak kacang hijau sederhana dalam video di atas. Simak juga rekomendasi resep dan kuliner Ramadan lainnya dalam artikel berikut ini: